Cara Kerja Mobil Listrik dan Fitur Canggih Penting Diketahui

Mungkin masih banyak yang penasaran dengan cara kerja mobil listrik karena berbagai keunikannya tentu saja. Sudah pasti kendaraan bertenaga listrik ini berbeda dengan mobil bermesin pada umumnya. Jadi memang ada beberapa hal yang belum diketahui banyak orang terkait sistem kerjanya tentu saja.

Selain sistem kerja, kendaraan dengan tenaga listrik ini juga didukung dengan berbagai fitur canggih. Memahami hal ini akan memudahkan kamu juga untuk mengenal lebih jauh tentang kendaraan tersebut. Jadi nantinya ketika ingin membelinya maka akan lebih mudah untuk memutuskan kendaraan mana bisa dijadikan sebagai pilihan.

Apalagi sekarang ini sudah mulai banyak mobil listrik yang dijual di Indonesia. Pemerintah juga berharap bisa lebih banyak orang menggunakannya karena akan berdampak baik terhadap lingkungan dalam jangka panjang. Oleh karena itu, mempertimbangkan mengenai penggunaannya termasuk cara kerja mobil listrik akan jadi keuntungan tersendiri.

Sistem Kerja Kendaraan Tenaga Listrik

 Sumber tenaga dari kendaraan listrik tentu berupa baterai, sejumlah mobil memang memilih mengaplikasikan baterainya masing-masing. Misalnya saja keluaran dari tesla akan menggunakan lithium-ion dalam mendukung mobil-mobil produknya. Tentu berdasarkan beragam pertimbangan pihak tersebut memilih mengaplikasikan tipe baterai tersebut agar memberikan keuntungan bagi penggunanya.

Dalam cara kerja mobil listrik tenaga yang dihasilkan oleh baterai kemudian akan diteruskan ke bagian motor. Dengan begitu nantinya akan terjadi perubahan dari energi listrik ke mekanik berupa perputaran. Putaran yang dibuat tentu harus tinggi agar menghasilkan cukup tenaga untuk menggerakkan kendaraan. Jadi memang bisa disesuaikan dengan sensor yang ada pada bagian motor sesuai perintah si pengemudi.

Viral :   2025 Volkswagen Bertekad Menjadi Pembuat Mobil Listrik Terbesar di Dunia Mengalahkan Tesla

Energi yang didapatkan dari perputaran tersebut akan dilanjutkan ke girboks. Dari bagian motor kendaraan maka akan diketahui kecepatan yang dibutuhkan dan kontrol terhadap akselerasi sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu selama berkendara. Komponen drive inverter pada mobil juga bisa berfungsi sebagai otaknya kendaraan tersebut.

Setiap sistem yang ada dalam mobil ini sudah diperhitungkan dengan baik sehingga memudahkan kamu dalam mengendarainya. Termasuk penghematan energi dan perawatannya nanti. Sehingga hal ini menjadi keunggulan yang tidak mungkin kamu dapatkan dari kendaraan bermesin pada umumnya di pasaran dengan bahan bakar minyak.

Dengan adanya sistem tersebut maka cara kerja mobil listrik bisa berjalan dengan baik dalam setiap komponennya. Tidak banyak bagian mesin yang terlibat di dalamnya sehingga membuat kamu juga lebih mudah dalam proses perawatannya. Jadi bisa menghemat pengeluaran untuk kebutuhan perbaikan pada kendaraan selama digunakan.

Istilah Fitur Canggih Mobil Bertenaga Listrik

Selain memahami mengenai cara kerja mobil listrik kamu juga perlu mengerti tentang berbagai istilah dari fitur-fitur menarik pada kendaraan tersebut. Salah satu yang banyak digunakan adalah battery electric vehicle. Fitur ini digunakan dengan memanfaatkan energi tersimpan dalam baterai sehingga pengisian ulangnya harus menggunakan sumber eksternal.

Viral :   Spesifikasi dan Harga Tesla Model 3 di Indonesia

Dalam proses pengisian daya pada kendaraan bertenaga listrik ini ternyata juga ada beberapa level berbeda. Level 1 menggunakan tegangan 120 volt yang memang paling lambat untuk mengisi penuh kendaraan listrik bahkan bisa sampai seharian. Sedangkan di level 2 karena sudah menggunakan 240 volt maka charging bisa berjalan hingga 5 kali lebih singkat waktu pengisiannya.

Ternyata masih ada proses charging level 3 dengan waktu satu setengah jam. Ini adalah charging paling cepat dan menguntungkan untuk kamu yang memang tidak bisa lama menunggu pengisian daya karena tingginya mobilitas. Pengisian dalam waktu cepat tersebut bahkan bisa memberikan sampai 120 kW ke bagian baterai kendaraan berdasarkan cara kerja mobil listrik tertentu pastinya.

Fitur canggih lainnya juga perlu kamu ketahui saat menggunakan kendaraan listrik yaitu regenerative braking. Di saat kendaraan sedang mengerem maka energinya akan disimpan dalam baterai. Sehingga meskipun dalam kondisi macet kendaraan kamu tetap bisa menyimpan energinya agar tidak boros dan habis di tengah jalan karena perjalanan yang jadi semakin lama.

Berbagai fitur menarik dan canggih tersebut memang melengkapi sistem kerja yang ada sehingga nantinya akan jauh lebih menguntungkan untuk kamu manfaatkan sebaik mungkin. Dengan begitu memang tidak ada alasan kerugian jika sudah memahami dengan baik tentang cara kerja mobil listrik yang akan kamu gunakan sebagai bantuan mobilitas sehari-hari.