Penemu Mobil Llistrik Indonesia

Penemu Mobil Listrik Indonesia Ternyata Dia Orangnya!

Penemu mobil listrik Indonesia ternyata dia orangnya! Anda pasti penasaran kan? Tidak kalah hebatnya dari Elon Musk, ternyata Indonesia juga mempunyai seorang inovator pembuat mobil listrik. Berikut penjelasan selengkapnya tentang penemu mobil listrik Indonesia.

Penemu Mobil Listrik Indonesia Ternyata Dia Orangnya!

Penemu mobil listrik Indonesia adalah Ricky Elson atau yang memiliki julukan ‘Putra Petir’ yang sudah terkenal karena temuan mobil listriknya. Pria lahiran Padang Sumatera Barat pada 41 tahun lalu ini merupakan alumni Universitas Andalas, yang kemudian melanjutnya beasiswa kuliahnya ke Jepang. Di negeri Sakuran tersebut, Ricky Elson telah mengambil jurusan teknik mesin di Universitas Politeknik Jepang.

Dalam sebuah talkshow, Ricky mengatakan selama 6 tahun mengeyam pendidikan di Jepang, ia berkesempatan untuk menyaksikan banyak lini kehidupan. Mulai dari bidang olahraga, seni, teknologi, sampai budaya di Jepang dan ia pun mengakui bahwa Indonesia pun tak kalah dari Jepang. Setelah menyelesaikan pendidikannya di negara seberang, Ricky bekerja pada perusahaan yang memproduksi dinamo terkecil yakni Nidec Corporation. Selama disana, ia juga telah sukses menemukan 14 teknologi yang akhirnya dipatenkan oleh pemerintah Jepang.

Viral :   Teknologi Mobil Listrik Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV)

Berkat kecerdasan serta inovasinya, Ricky akhirnya dipanggil untuk pulang ke tanah air oleh Menteri BUMN yang pada masa itu Dahlan Iskan. Di indonesia sendiri Ricky sukses membuat sebuah mobil bertenaga listrik yang dinamai Selo, Gendhis dan Tucuxi.

Selo adalah mobil listrik jenis sedan yang di desain mirip lamborghini, sementara Tucuxi juga berbentuk sedan namun dengan bentuk yang berbeda. Dan mobil listrik Gendhis adalah tipe mobil SUV yang menggunakan pintu geser dengan konfigurasi 7 tempat duduk. Ricky Elson juga pernah menyatakan pendapatnya tentang mobil listrik di Indonesia saat acara Electric Motor Show tepatnya di balai Kartini tahun 2019 silam. Pada kesempatan itu, ia berharap Indonesia tidak melulu hanya menjadi gempuran barang impor. Walaupun produk mobil listrik dari berbagai pabrikan sudah ada, setidaknya anak muda bangsa tergugah untuk membuat mobil listrik sendiri.

Viral :   Mobil Listrik Honda E, Jarak 200 Km Bukan Masalah

Ricky Elson

Pada bulan September 2015 lalu, Ricky pencipta mobil listrik nasional Selo, mengatakan bahwa ia mendapat tawaran untuk mengnembangkan prototipe untuk Malaysia. Sejak awal, mobil listrik Selo memang dicita-citakan mempunyai generasi penerus. Ricky juga mengatakan bahwa negeri kita masih perlu banyak belajar sebab ia dari awal sudah mengetahui bahwa proses pengembangan di Indonesia masih jauh dari harapan.

Demikianlah ulasan singkat dari kami tentang penemu mobil listrik Indonesia. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda 🙂