Penemu Mobil Listrik

Ternyata Ini Penemu Mobil Listrik?

Penemu mobil listrik sebenarnya siapa sih, apakah anda tahu siapa penemu mobil listrik. Belakangan ini, Pemerintah Indonesia sedang giat untuk merealisasikan penggunaan mobil listrik berasaskan baterai di dalam negeri. Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, bekerjasama dengan University of Nottingham untuk melakukan pembangunan berkelanjutan dan low-carbon transportation melalui pengembangan kendaraan listrik. Banyak negara maju dan berkembang sudah mulai terbiasa  dalam hal penggunaan mobil listrik berbasis bateri. Hal ini terkait dengan penggunaannya yang ramah lingkungan serta lebih praktis dan jauh lebih hemat daripada mobil konvensional.

Kehadiran mobil listrik membawa harapan baru dalam mencegah terjadinya pemanasan global. Meski mobil listrik baru bermunculan dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, penemuan mobil listrik terbilang revolusioner. Sejarah tentang mobil listrik jika diputar kembali membawa kita ke awal abad 18. Penasaran? Ayo kita simak sejarah penemu mobil listrik dibawah ini!

Viral :   Kendaraan Listrik Pertama Jeep Akan Meluncur Tahun 2023

Penemu Mobil Listrik

Diawali pada abad ke 18 ketika banyak ilmuan dari Hungaria, Belanda, dan juga Amerika yang fokus pada konsep kendaraan bertenaga baterai serta mulai membuat kendaraan listrik dalam skala kecil. Pada tahun 1832, muncul  pria berkebangsaan Inggris yang bernama Robert Anderson yang mengembangkan mpbil roda tiga memakai baterai listrik. Temua inilah yang kemudian dicatata sebagai mobil listrik pertama kali.

Seiring perkembangan zaman pada akhir abad ke 18, maka terciptalah mobil listrik yang dapat menampung hingga 6 penumpang dengan kecepatan 22 km/jam buatan william Morrison. Tak lama kemudian, mobil listrik juga muncul di New York, hingga berjumlah 60 armada taksi yang menggunakan mobil listrik di masa itu. Sementara disisi lain, tepatnya di tahun 1898, Ferdinand Porsche juga mambuat mobil hybrid bertenaga listrik dan bensin sebagai sumber utama energinya. Selanjutnya, memasuki abad ke 19, mobil listrik  tercatat mencapai kejayaan walaupun masih banyak yang menggunakan  kereta kuda untuk transportasi utama.

Viral :   Deretan Mobil Listrik Baru 2023 Dengan Berbagai Fitur Menarik

Thomas Alva Edison yang sangat dikenal sebagai salah satu penemu terpopuler mengatakan bahwa mobil listrik nantinya akan menjadi kendaraan masa depan. Thomas bahkan telah membuat baterai yang dapat bertahan lama untuk dipakai sebagai mobil listrik komersial. Selain itu, Thomas juga bekerja sama dengan Henry Ford dalam mengambangkan mobil bertenaga listrik dengan harga yang terjangkau pada tahun 1914 ketika mobil listrik sedang naik daun.

Mobil Listrik di Indonesia

Semakin maraknya mobil listrik dikancah dunia, lantas bagaiamna dengan perkembangan mobil listrik di tanah air? Sejarah mobil listrik di Indonesia sudah dimulai sejak tahun 2012 ketika mobil bertenaga listrik dikembangakan pertama kalai. Beberapa kali pengembangan mobil listrik memang mengalami kendala, kan tetapi di era pemerintahan Presiden Jokowi, pengembangannya justru lebih maju lagi.