BMW iX M60 : SUV Listrik Seharga $105.100 Dengan 610 HP Dan Jangkauan 280 Mil

Tahun lalu BMW meluncurkan iX sebagai unggulan teknologi baru mereka, tetapi SUV listrik sepenuhnya kehilangan varian performa sejati oleh departemen BMW M GmbH. Ini berubah hari ini dengan pengungkapan BMW iX M60, iX tercepat dan terkuat hingga saat ini dengan hingga 610 hp dari tata letak motor gandanya.

BMW iX M60 mungkin bukan kendaraan listrik bermerek M pertama karena judul ini diberikan kepada BMW i4 M50, namun ini adalah yang pertama berdasarkan arsitektur modular masa depan baru BMW Group yang menggabungkan teknologi terbaru. Ini juga mendapat manfaat dari rangka ruang aluminium iX, sangkar karbon, dan panel plastik yang diperkuat serat karbon.

Secara visual, hanya fitur kecil yang membedakan model ini dari varian yang lebih rendah. Ini termasuk emblem BMW iX M60 di bak truk, Velg Aero Bi-color 21 inci (roda 22 inci adalah opsional), kaliper rem bermerek M yang dicat biru, dan paket eksterior BMW Individual Titanium Bronze opsional.

Lebih penting lagi, powertrain listrik enam fase yang dioperasikan dengan inverter ganda terdiri dari dua motor listrik khusus-M dengan output gabungan hingga 610 hp (461 kW / 618 PS) saat Sport Mode diaktifkan, naik dari standar 533 hp (403 kW / 540 PS). Namun, ini merupakan peningkatan yang sehat dibandingkan 496 hp (370 kW / 503 PS) dari motor ganda xDrive50 yang dulunya merupakan iX paling bertenaga hingga sekarang.

Viral :   Menilik Spesifikasi Mobil Listrik Toyota

Selain itu, pada BMW iX M60 baru, torsi gabungan adalah 749 lb-ft (1.015 Nm), tumbuh hingga 811 lb-ft (1.100 Nm) yang bahkan lebih mengesankan saat Launch Control diaktifkan. Hasilnya, SUV listrik dapat berakselerasi dari 0-60 mph (0-96 km/jam) dalam 3,6 detik, sementara kecepatan tertinggi dibatasi secara elektronik hingga 155 mph (250 km/jam). Paket baterai lithium-ion dengan posisi rendah memiliki kapasitas yang sama 106,3 kWh seperti pada varian yang lebih rendah, menawarkan jangkauan mengemudi hingga 280 mil (450 km) menurut perkiraan EPA awal BMW.

Suspensi terdiri dari gandar depan double-wishbone dan gandar belakang lima tautan tetapi BMW iX M60 mendapatkan sistem suspensi udara gandar adaptif standar dengan peredam yang dapat diatur secara elektronik dan kontrol level otomatis. Ini dikombinasikan dengan sistem Kemudi Aktif Integral dan Rem M Sport yang meningkatkan dinamika berkendara.

Viral :   Rencana Besar Investasi Tesla Indonesia untuk Garap Mobil Listrik

Karena BMW iX M60 dikatakan menggabungkan yang terbaik dari tiga dunia, yaitu BMW i (listrik), BMW X (kendaraan aktivitas olahraga), dan BMW M GmbH (performa), ia hadir dengan daftar fitur standar yang cukup panjang. Di antaranya, kami menemukan berbagai sistem bantuan pengemudi, Paket Olahraga, lampu depan BMW Laser Light, Atap LED Panoramic Sky Lounge, BMW Live Cockpit Professional (panel melengkung dengan layar 12,3 inci dan 14,9 inci), Interaksi Alami ( perintah suara), 30-speaker Bowers & Wilkins Diamond Surround Sound System, empat zona kontrol iklim otomatis, SensaTec berlubang atau jok kulit berlubang, Ventilasi Kursi Aktif untuk kursi depan dan Paket Pemanasan Radiant.

BMW iX M60 dijadwalkan diluncurkan pada CES 2022 tetapi BMW memilih untuk tidak memindahkan semua aktivitas media ke program digital yang disiarkan langsung dari Jerman. SAV listrik kelas atas membawa MSRP $ 105.100, ditambah biaya tujuan dan penanganan $ 995, dan peluncuran pasar AS ditetapkan untuk Juni 2022.