Keuntungan dan Kekurangan Asuransi Mobil Bekas Yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli

Memiliki sebuah kendaraan roda empat memang menjadi impian setiap orang. Hal ini tentunya karena dengan memiliki mobil, kita bisa pergi kemana saja bersama keluarga tercinta. Namun untuk menjaga dan merawat mobil tidaklah mudah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memiliki asuransi mobil bekas ataupun mobil baru.

Asuransi mobil sendiri merupakan suatu produk perlindungan mobil terhadap kerusakan bahkan hilangnya mobil. Mau itu mobil baru atau mobil bekas, semuanya akan ditanggung oleh pihak asuransi mobil sesuai dengan ketentuan polis.

Bagi anda yang memiliki mobil bekas dan ingin memiliki asuransi mobil, maka ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu keuntungan dan kekurangan asuransi mobil bekas sebelum membeli. Sebab, meskipun sama sama menawarkan fasilitas perlindungan, perlindungan mobil bekas dan baru tentunya akan berbeda dalam banyak hal.

Viral :   Mengenal Produk Asuransi Adira Syariah Mobil

Keuntungan asuransi mobil bekas

  • Mobil dengan usia yang sudah lebih dari 5 tahun pastinya sudah menempuh jarak yang cukup jauh, sehingga akan berpotensi mengalami masalah baik dari kualitas mesin maupun yang lainnya. Maka dari itu, ada baiknya jika mobil bekas menggunakan asuransi.
  • Menjaga kestabilan finansial karena biaya yang muncul akibat mobil bekas yang rusak atau hilang cukup tinggi sehingga bisa dicegah lewat asuransi mobil.
  • Asuransi mobil bisa menjadi salah satu faktor yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman saat berkendara.
  • Hanya dengan membayar biaya klaim ratusan ribu rupiah perbulan, kerugian hingga jutaan rupiah bisa diganti menggunakan asuransi mobil bekas.

Kekurangan asuransi mobil bekas

  • Proses penyelesaian polis asuransi mobil bekas lebih panjang karena dalam rumitnya menentukan harga mobil bekas.
  • Asuransi mobil bekas diperlukan survei hingga appraisal untuk penilaian harga mobil bekas yang ini tidak terdapat pada mobil baru.
  • Premi asuransi mobil bekas untuk perlindungan all-risk ataupun TLO umumnya lebih mahal dibandingkan premi asuransi mobil baru karena ada tambahan biaya loading (berdasarkan umur kendaraan) yang dibebankan berdasarkan umur kendaraan. Makin tua usia mobil maka risikonya makin besar dan peluang terjadinya kerusakan juga semakin besar.
Viral :   Hal Yang Mempengaruhi Nilai Premi Asuransi All Risk Untuk Mobil Tua

Itulah keuntungan dan kekurang asuransi mobil bekas yang bisa anda pahami terlebih dahulu sebelum membeli asuransi. Disarankan untuk membeli asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan mobil anda saat ini dan pastinya sesuaikan dengan kondisi keuangan yang anda miliki.