Beberapa Hal Yang Penting DiPahami Sebelum Membeli Asuransi Mobil Baru Cash

Asuransi mobil merupakan salah satu cara untuk menjaga kondisi mobil anda dari segala kerusakan yang terjadi ntah itu karena kecelakaan atau hilang yang dikarenakan tindakan pencurian. Asuransi mobil baru cash umumnya terbagi menjadi 2 jenis yakni asuransi all risk dan asuransi TLO. Dimana dari kedua jenis asuransi yang ditawarkan ini memiliki perlindungan yang berbeda terhadap mobil nasabahnya.

Asuransi all risk sendiri merupakan jenis asuransi mobil baru cash yang memberikan jaminan perlindungan terhadap kerusakan mobil baik itu kerusakan ringan, berat dan hilang. Sedangkan asuransi TLO merupakan asuransi yang akan memberikan jaminan perlindungan dari kerusakan total kendaraan yakni minimal kerusakan 75% atau lebih dan hilang akibat tindakan pencurian atau perampasan.

Jika dilihat dari sisi perlindungan yang diberikan, tak heran jika asuransi mobil baru cash all risk ini lebih mahal jika dibandingkan dengan asuransi TLO. Dan berikut ini merupakan hal hal yang wajib anda pahami sebelum membeli asuransi mobil baru cash :

1. Perlindungan yang Diinginkan

Dalam membeli asuransi, ada terlebih dulu harus memahami perlindungan mana yang sekiranya cocok dengan kebutuhan anda saat ini. Seperti yang sudah dijelaskan diatas jika jenis asuransi terbagi menjadi 2 yakni asuransi all risk dan asuransi TLO.

2. Usia Kendaraan yang Diasuransikan

Jangan lupa juga untuk memahami usia mobil yang anda miliki. Sebab beberapa perusahaan asuran biasanya memberikan persyaratan dimana mobil yang akan diasuransikan berusia diatas 5 tahun akan dikenakan biaya premi yang biasa disebut loading fee. dimana besaran loading fee ini biasanya sekitar 5% per tahun. Jadi semakin tua usia mobil yang akan diasuransikan maka akan semakin besar juga loading fee nya.

3. Cek Reputasi Perusahaan Asuransi

Jangan ragu ragu untuk membandingkan beberapa perusahaan asuransi yang ada di Indonesia ini. Cek reputasi perusahaan yang nanntinya akan anda beli. mulai dari segi pelayanan, premi yang ditawarkan, sampai bengkel rekanan yang dimilikinya. Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap anda dikemudian hari, terlebih dalam urusan klaim asuransi.

Untuk mengetahui sejauh mana reputasi perusahaan asuransi, ada sejumlah penilaian yang bisa anda gunakan. Seperti menilai menurut Risk Based Capital (RBC), rasio likuiditas, dana jaminan untuk melindungi nasabah asuransi, investasi/cadangan teknis plus utang klaim, aktiva tetap, perubahan premi bruto, pendapatan premi neto, pendapatan investasi neto, rasio beban klaim neto, sampai rasio laba. Dan yang terpenting adalah perusahaan asuransi tersebut sudah terdaftar pada Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Viral :   Pengertian Serta Biaya Premi Asuransi All Risk Mobil

4. Keuntungan yang Diberikan

Biasanya perusahaan asuransi akan memberikan penawaran asuransi mobil dengan beberapa keuntungan yang nantinya akan diterima oleh nasabah. Dimana keuntungan yang nantinya diterima bisa berbeda beda sesuai kebijakan setiap perusahaan asuransi. Untuk itu, sebelum membeli asuransi mobil baru cash, survei terlebih dahulu beberapa perusahaan asuransi tersebut, mana yang sekiranya cocok dengan kebutuhan yang anda inginkan.

Di luar itu beberapa perusahaan asuransi akan memberikan keuntungan lain, seperti penerbitan polis dan surat perintah kerja (SPK) 1 x 24 jam setelah syarat terpenuhi, layanan fasilitas derek gratis, layanan gratis ambulans, penggantian mobil, dan layanan emergency gratis. Pilihlah asuransi dengan banyak keuntungan, tapi dengan tetap mempertimbangkan reputasi perusahaan dan preminya.

5. Bengkel yang Menjadi Rekanan

Semakin banyak bengkel rekanan yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi, maka akan semakin baik untuk anda disaat ingin mengajukan klaim asuransi mobil baru cash yang anda miliki. Selain itu, hal ini juga nantinya akan memudahkan anda dalam mencari bengkel rekanan perusahaan asuransi disekitar anda.

6. Tambahan Perlindungan yang Ditawarkan

Dalam asuransi mobil nantinya akan ada perluasan tambahan perlindungan yang bisa anda miliki dan tentunya akan dikenakan biaya tambahan pada premi yang dibayarkan nantinya. Jenis perluasan asuransi mobil baru cash yang bisa anda pilih meliputi banjir (termasuk angin topan), gempa bumi, tsunami, huru-hara dan kerusuhan (SRCC), tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga, kecelakaan diri untuk penumpang, tanggung jawab hukum terhadap penumpang, serta terorisme dan sabotase.

7. Ketentuan Risiko yang Ditanggung

Jangan lupa juga sebelum membeli asuransi mobil cash baru untuk memahami ketentuan resiko yang ditanggung oleh pihak perusahaan tersebut. Dimana disetiap jenis asuransi mobil akan ada istilah ketentuan yang ditanggung dan tidak ditanggung perusahaan asuransi. Cara mengetahui anda bisa dengan mudah mencari informasinya secara online.

Viral :   Tips Memilih dan Rekomendasi 3 Asuransi Mobil Syariah Terbaik Saat Ini

8. Tahu Hak dan Kewajiban

Bicara hak dan kewajiban dalam asuransi mobil ini, anda bbisa memahami nya melalui 6 prinsip dasar asuransi diantaranya insurable interest (kepentingan untuk diasuransikan), utmost good faith (itikad baik), indemnity (ganti rugi), proximate cause (penyebab utama dan efektif) dan subrogation (prinsip pengalihan hak), dan contribution (pertanggungan bersama-sama).

Dalam asuransi, insurable interest dipahami sebagai hak perorangan atau badan hukum untuk mengansuransikan objek yang ingin dipertanggungkan yang legal di mata hukum. Utmost good faith secara singkat diartikan sebagai keterbukaan calon nasabah asuransi dalam memberikan fakta-fakta secara lengkap tanpa ada yang disembunyikan kepada perusahaan asuransi.

Sementara indemnity merupakan sistem yang mengatur pemberian ganti rugi oleh perusahaan asuransi kepada nasabah asuransi. Proximate cause singkatnya merupakan penyebab utama dari kejadian yang kemudian memuculkan akibat tanpa adanya pengaruh dari luar.

Subrogation yang memiliki pengartian dimana perusahaan asuransi telah mengabulkan klaim nasabah maka tuntutan/gugatan kepada pihak ketiga jadi urusan perusahaan asuransi. Terakhir contribution berlaku jika objek pertanggungan diasuransikan di dua atau lebih perusahaan asuransi, kerugian yang ada nantinya dikontribusikan ke seluruh perusahaan asuransi sebanding dengan tanggung jawabnya masing-masing.

9. Layanan Digital dan Kemudahan Akses Informasi

Hal yang wajib dipahami sebelum membeli asuransi mobil baru cash yang terakhir adalah mengetahui layanan digital dan kemudahan akses informasi yang ada pada perusahaan asuransi mulai dari layanan digital, layanan call center 24 jam, lokasi bengkel rekanan, dan kemudahan cara klaim secara online ataupun offline. Hal ini penting dilakukan agar kedepannya anda tidak bingung lagi dalam urusan klaim asuransi.

Itulah beberapa hal yang wajib anda pahami terlebih dahulu dalam membeli asuransi mobil baru cash. Jika anda sudah memahaminya, maka selanjutnya anda menentukan jenis asuransi mobil yang cocok dengan kebutuhan mobil anda. Diusahakan untuk memahami betul dasar dasar asuransi yang nantinya anda pilih, karena tak sedikit pemilik asuransi yang kecewa dengan asuransi yang diambil karena beda dengan yang diharapkan.