Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Asuransi TLO Mobil Bekas

Asuransi mobil merupakan suatu produk yang menawarkan perlindungan jaminan terhadap mobil nasabahnya baik itu mobil baru ataupun mobil bekas. Banyak hal yang mungkin bisa terjadi kapanpun dan dimanapun, sehingga dengan menggunakan asuransi khusus untuk mobil bekas merupakan salah satu langkah yang tepat dalam memberikan perlindungan terhadap mobil yang anda miliki. Salah satu jenis asuransi mobil yang paling banyak direkomendasikan untuk mobil bekas adalah asuransi TLO mobil bekas.

Asuransi TLO mobil bekas sendiri merupakan jenis asuransi yang akan menawarkan perlindungan terhadap mobil nasabahnya dari total kerusakan mobil minimal 75% atau hilang akibat tindakan pencurian atau perampasan. Sedangkan untuk besaran biaya premi nya, untuk jenis asuransi TLO terbilang jauh lebih murah jika dibandingkan jenis asuransi all risk. Hal ini dikarenakan dalam asuransi TLO mobil bekas ada ketentuan minimal untuk skala kerusakan pada mobil nasabahnya, sedangkan untuk asuransi all risk akan memberikan perlindungan kendaraan nasabahnya mulai dari kerusakan ringan hingga berat sekalipun, jadi jangan heran jika biaya premi asuransi all risk jauh lebih mahal jika dibandingkan asuransi TLO.

Kelebihan asuransi TLO mobil bekas

1. Memberi proteksi secara maksimal dari berbagai risiko

Tujuan utama memiliki asuransi mobil adalah agar memberi proteksi khusus terhadap mobil nasabahnya. Dengan kata lain, asuransi TLO mobil bekas ini memiliki jaminan pertanggungan perbaikan apabila mobil nasabahnya mengalami kerusakan minimal 75% atau lebih dan hilang akibat tindakan pencurian ataupun perampasan.

Viral :   Premi Asuransi All Risk Mobil Baru Begini Cara Hitungnya
2. Kendaraan bekas pakai lebih rentan mengalami kerusakan

Umumnya usia mobil yang sudah menginjak lebih dari 5 tahun dan memiliki karak tempuh cukup jauh tentunya akan berpotensi mengalami lebih banyak masalah kerusakan. Dengan mengikuti asuransi TLO mobil bekas ini, membuat mobil bekas anda akan terlindungi dari kerusakan besar sehingga anda bisa lebih tenang dan nyaman dalam mengendarai mobil.

3. Berperan dalam kestabilan finansial pemilik kendaraan

Berperan dalam kestabilan finansial artinya asuransi tlo mobil bekas bisa membantu setiap pemilik asuransi tlo mobil bekas supaya bisa lebih mudah mengontrol kestabilan finansial. Pasalnya, biaya yang harus dikeluarkan untuk perbaikan mobil bekas jika tidak memiliki asuransi tlo mobil bekas terbilang sangat besar.

Kekurangan asuransi TLO mobil bekas

1. Proses pengajuan klaim asuransi TLO tergolong rumit

Perlu diketahui, jika klaim asuransi tlo mobil bekas tergolong lebih rumit dan memakan waktu yang tak sebentar jika dibandingkan dengan jenis asuransi mobil baru. Hal ini dikarenakan asuransi tlo mobil bekas akan membutuhkan appraisal dan survei demi mendapatkan penilaian yang tepat.

Viral :   Perbandingan Asuransi Mobil yang Wajib di Ketahui Sebelum Membeli
2. Premi yang ditawarkan cenderung lebih mahal

Mengingat resiko yang jauh lebih besar dibandingkan dengan mobil baru, tak heran jika premi asuransi TLO mobil bekas akan cenderung lebih mahal, apalagi adanya tambahan biaya loading berdasarkan dari usia mobil yang dimiliki calon nasabahnya.

Semakin tua umur mobil yang dimiliki, maka resiko yang nantimya dihadapi pun akan semakin besar, atas dasar hal inilah perusahaan asuransi kerap membebankan biaya loading antara 5-10% pada mobil bekas.

3. Tidak menanggung kerusakan ringan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi, jika asuransi TLO mobil bekas merupakan asuransi yang akan memberikan jaminan perlindungan dari kerusakan total minimal 75% atau lebih serta hilang akibat tindakan pencurian atau perampasan. Dengan arti lain, mobil yang mengalami kerusakan ringan seperti lecet atau penyok yang kurang dari 75% maka klaim tidak bisa diajukan.

Itulah ulasan singkat tenatng kelebihan dan kekurangan asuransi TLO mobil bekas ini, Bagi kalian yang berencana membeli asuransi mobil bekas untuk perlindungan kendaraan, semoga pembahasan diatas bisa membantu kalian dalam menentukan pilihan asuransi yang tepat untuk kalian miliki.