Cara kerja Asuransi Syariah Mobil dan Rekomendasi Asuransi Syariah Terbaik

Asuransi Syariah mobil – Saat ini sudah banyak masyarakat Indonesia yang memiliki mobil, dimana mobil sendiri akan memudahkan mobilitas masyarakat dalam kesehariannya. Dengan banyaknya pengendara yang melintasi jalan raya, tentunya resiko yang akan dihadapi akan semakin tinggi. Walaupun kita sudah berhati hati dalam berkendara, terkadang kelalaian pengendara lain juga bisa berakibat kecelakaan pada diri kita. Salah satu solusi yang bisa kita lakukan untuk melindungi kendaraan kita dari kerugian finansial adalah dengan memiliki asuransi mobil.

Bagi kalian yang ingin memiliki asurannsi mobil dan ingin menghindari riba, saat ini sudah tersedia asuransi syariah mobil yang memiliki sistem berdasarkan syariat islam. Dengan memiliki asuransi syariah mobil dapat memberikan perlindungan kerugian dari kerusakan ataupun kehilangan mobil anda.

Cara Kerja Asuransi Mobil Syariah

Asuransi syariah mobil memiliki prinsip yang mengedepankan kerja sama, tolong menolong dan saling melindungi. Dimana prinsip hukum Islam berdasarkan fatwa yang dikeluarkan oleh Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia. Perjanjian yang ada pada asuransi syariah mobil antara peserta dan perusahaan asuransi yang merupakan selaku pihak pengelola dana yakni dengan cara akad tabarru’ atau yang dikenal sebagai hibah. Sedangkan dalam pengelolaan dana, asuransi syariah mobil menggunakan akad Tijarry / mudharabah, musyarakah, wakalah bil ujrah, mudharabah musytarakah.

Keunggulan yang dimiliki asuransi syariah mobil jika dibandingkan dengan asuransi konvensional diantaranya adalah :

  • Pengelolaan risiko bersama. Sifat asuransi syariah adalah tolong menolong sehingga pengelolaan resikonya saling menanggung antar peserta asuransi.
  • Pengelolaan dana transparan. Asuransi syariah bersifat lebih transparan dalam urusan pengelolaan dana.
  • Kepemilikan dana. Dalam asuransi syariah, dana asuransi merupakan milik bersama, dimana perusahaan hanya sebagai pengelola dana.
  • Pembagian keuntungan. Keuntungan yang didapat akan dibagi antara perusahaan dengan peserta asuransi, sesuai dengan prinsip bagi hasil.
  • Pengawasan. Diawasi oleh Dewan Pengawas Syari’ah (DPS) yang dibentuk oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).
Viral :   Cara Mengetahui Biaya Asuransi All Risk Mobil Bekas

Untuk jenis perlindungannya sama dengan asuransi konvensional, yaitu All Risk dan Total Loss Only (TLO).

Perbedaan Asuransi All Risk dengan Asuransi Total Loss Only (TLO)

Asuransi Total Loss Only (TLO)

Asuransi TLO merupakan asuransi yang akan menanggung kerusakan mobil nasabahnya diatas 75% ataupun kehilangan mobil akibat pencurian. Biaya premi nya pun jauh lebih murah jika dibandingkan dengan asuransi all risk. Namun, jika kerusakan mobil tidak mencapai 75% maka tidak akan mendapatkan ganti rugi.

Asuransi All Risk

Asuransi all risk merupakan jenis asuransi yang akan menanggung semua kerusakan mobil dari kerusakan ringan, berat hingga resiko kehilangan. Biaya premi asuransi all risk memang terbilang tinggi jika dibandingkan asuransi TLO. Hal ini terbilang wajar, sebab asuransi all risk memiliki cakupan pertanggungan kendaraan yang lebih banyak dan lengkap. Selain itu nasabah juga nantinya bisa menambahkan perluasan jaminan tentunya dengan biaya tambahan.

Rekomendasi Asuransi Syariah Mobil Terbaik

1. Asuransi Takaful Umum

Asuransi syariah mobil terbaik yang pertama adalah asuransi takaful umum. Perusahaan asuransi ini menawarkan asuransi all risk dan asuransi TLO. Dimana cakupan resiko yang akan ditanggung asuransi syariah mobil ini terbilang luas, mulai dari kecelakaan, kebakaran, pencurian hingga biaya derek. Selain itu, asuransi syariah mobil ini juga akan memberikan perlindungan khusus untuk jenis kendaraan nonbus / nontruk, bus truk, pickup dan sepeda motor dengan pengguna nonkomersial. Asuransi takaful umum juga sudah memiliki rekanan bengkel yang tersebar diberbagai wilayah Indonesia.

2. Asuransi Garda OTO Syariah

Viral :   Mengenal Asuransi TLO (Total Loss Only) Untuk Kendaraan Bermotor

Asuransi syariah mobil terbaik selanjutnya adalah asuransi garda oto syariah. Asuransi garda oto juga memiliki asuransi kovensional hanya saja memiliki perbedaan dengan asuransi garda oto syariah yaakni pada akad yang berdasarkan kaidah Islam. Selain itu asuransi syariah mobil satu ini juga memiliki skema no claim bonus dan bagi hasil jika pada periode sebelumnya, nasabah tidak mengajukan klaim. Bagi hasil ini nantinya dilakukan berdasarkan perhitungan keuntungan perusahaan.

3. CHUBB Syariah

CHUBB Syariah merupakan perusahaan asuransi syariah mobil terbaik dengan menawarkan 2 produk pilihan yakni asuransi syariah kendaraan bermotor perorangan dan korporasi. Dimana keduanya bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan pemilik kendaraan. Selain itu, asuransi syariah mobil satu ini juga memiliki cakupan yang luas, mulai dari kerusakan sebagian, kehilangan/kerusakan total, hingga kerugian lebih dari 75%.

4. Autocilin Ikhlas

Perusahaan asuransi syariah mobil terbaik selanjutnya adalah autocilin ikhlas yang merupakan produk asuransi dari perusahaan ternama Adira Insurance. autocilin ikhlas saat ini hadir dengan pilihan perlindungan meliputi all risk dan TLO. Selain itu, jika sampai akhir periode nasabah tidak mengajukan klaim, maka nasabah bisa mendapatkan manfaat bagi hasil. Pelayanan yang diberikan autocilin ikhlas sendiri terbilang lengkap, mulai dari jaringan rekanan bengkel yang luas, layanan gratis derek dan sistem pembayaran premi secara utuh.

5. Asuransi Central Asia (ACA) Syariah

Asuransi syariah mobil terbaik yang terakhir adalah Asuransi Central Asia (ACA) Syariah yang akan memberikan perlindungan hingga lebih dari Rp 100 juta. Dimana jaminan perlindungan ini nantinya diberikan jika nasabah mengalami kerugian atau kerusakan mobil akibat tabrakan, pencurian, kecelakaan, kerusuhan, hingga bencana alam yang dijamin dalam polis asuransi dengan prinsip syariah.