Tips Memilih Asuransi All Risk dan Cara Klaim Asuransi All Risk Mobil

Asuransi all risk merupakan jenis asuransi yang dapat melindungi kendaraan anda lebih menyeluruh dari beragam kerusakan. Seperti baret halus, penyok, kerusakan minor atau kerusakan kecil lainnya, hingga kerusakan besar seperti kendaraan mengalami kecelakaan dan mengakibatkan kerusakan yang parah serta kendaraan hilang dicuri, semua ini nantinya akan ditanggung oleh pihak asuransi all risk mobil asalkan sesuai dengan yang sudah tertulis didalam polis asuransi. Sebelum kita lanjut ke pembahasan Cara klaim asuransi all risk mobil, ada baiknya terlebih dahulu mengetahui tips memilih asuransi all risk mobil sebelum membelinya.

Tips Memilih Asuransi All Risk Mobil

foto : Pinterest.com

Dalam memilih asuransi all risk mobil tentunya kita harus mengetahui dulu apa apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih asuransi tersebut, hal ini agar nantinya anda mendapatkan perlindungan mobil secara maksimal. Berikut ini tips memilih asuransi all risk mobil yang perlu anda ketahui sebelum membeli asuransi tersebut :

Baca Juga : Manfaat Memiliki Asuransi All Risk Motor

1. Pilihlah Perusahaan Asuransi yang Kredibel dan Terpercaya

Tips pertama yang harus diperhatikan dalam memilih asuransi all risk mobil adalah dengan memilih asuransi yang memang sudah terpercaya dan kredibel memberikan pelayanan yang sangat maksimal terhadap nasabahnya. Dengan memilih perusahaan asuransi yang terpercaya dapat memperkecil munculnya resiko dikemudian hari seperti ketika anda ingin klaim asuransi all risk mobil kesayangan anda.

2. Ketahui Kejelasan Polis dengan Baik

Sebelum anda benar benar membeli polis asuransi, pastikan terlebih dulu telah mengetahui dengan jelas isi dari polis tersebut. Terkadang masih banyak orang yang merasa tertipu dengan produk asuransi hanya karena mereka tidak paham tentang isi dan ketentuan polis.

3. Hindari Memilih Produk yang Tidak Meng-cover Semua Jenis Risiko

Tips selanjutnya dalam memilih asuransi mobil adalah dengan menghindari memilih produk yang tidak mengcover semua jenis resiko yang nantinya terjadi. Maka dari itu disarankan agar anda lebih memastikan produk yang nantinya anda beli sudah benar-benar meng-cover seluruh risiko dengan biaya yang wajar.

Viral :   Perbedaan Asuransi Mobil Syariah Garda Oto dan Asuransi Konvensional
4. Pilih Perusahaan dan Produk yang Bekerja Sama dengan Jaringan/Rekanan Bengkel yang Luas

Tips selanjutnya adalah dengan memilih perusahaan dan produk yang sudah bekerja sama dengan jaringan atau rekanan bengkel yang luas. Dalm hal ini tentunya agar nantinya anda tidak kesulitan dalam melakukan klaim asuransi all risk mobil jika perusahaan asuransi tersebut sudah memiliki kerjasama dengan bengkel ternama.

5. Ketahui Apa Itu Biaya Own Risk (OR)

Sebelum anda membeli asuransi mobil, disarankan agar anda terlebih dahulu mengetahui apa itu biaya Own Risk (OR). Biaya own risk sendiri merupakan biaya yang harus ditanggung oleh pemilik polis secara pribadi atas resiko tertentu.

6. Perhatikan Pengecualian pada Polis yang Akan Disepakati Bersama

Selalu perhatikan pengecualian yang terdapat pada polis yang nantinya akan disepakati bersama. Hal ini penting dilakukan karena didalam pengecualian tersebut biasanya berisi resiko resiko apa saja yang tidak ditanggung oleh pihak asuransi.

7. Pilih Produk dengan Proses Klaim yang Mudah

Tips yang terakhir adalah dengan memilih produk asuransi yang memiliki cara klaim asuransi all risk mobil yang mudah. Dimana nantinya dalam proses klaim yang mudah bisa menghemat waktu serta tenaga anda.

BaCa Juga : Cara Menghitung Premi Asuransi Mobil Baru

Cara Klaim Asuransi All Risk Mobil

Banyak orang yang masih enggan membeli asuransi mobil dikarenakan mereka masih takut kesulitan dalam melakukan klaim asuransi yang mereka beli. Berikut ini cara klaim asuransi all risk mobil yang perlu anda ketahui :

Viral :   Biaya Asuransi All Risk Mobil Yang Wajib di Ketahui Sebelum Dibeli
a. Syarat atau Dokumen Klaim Asuransi

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menyiapkan beberapa dokumen persyaratan untuk mengajukan klaim asuransi all risk mobil diantaranya adalah :

  • Asli dan fotokopi polis asuransi
  • Fotokopi SIM dan STNK
  • Bukti laporan kepolisian (jika terjadi kecelakaan)
  • Formulir klaim lengkap dengan tandatangan
  • Kronologi tertulis (jika terjadi kecelakaan)
  • Foto-foto kendaraan
  • Fotokopi KTP, SIM serta STNK pihak ketiga
  • Surat tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga yang ditandatangani dan dibubuhkan materai
  • Surat pernyataan yang menyatakan bahwa pihak ketiga tidak memiliki asuransi kendaraan bermotor
  • Surat keterangan polisi mengenai kronologi kecelakaan
b. Tata Cara Klaim Asuransi

Setelah memenuhi semua persyaratan dokumen asuransi, selanjutnya anda lakukan tata cara klaim asuransi all risk mobil berikut ini:

Datangi bengkel mobil yang sudah bekerjasama dengan perusahaan asuransi tersebut
Jika perlu, hubungi agen asuransi
Isi formulir klaim secara lengkap
Bengkel akan mengkonfirmasi kepada pihak asuransi
Mobil akan segera diperbaiki jika konfirmasi diterima

Mengenai berapa lamanya proses klaim asuransi all risk mobil, umumnya akan membutuhkan waktu 3 samapi 5 hari semua tergantung dari banyaknya jumlah klaim yang nantinya masuk ke bengkel setiap harinya. Semakin sedikit jumlah nasabah yang klaim asuransi, maka proses klaim asuransi anda akan semakin cepat.

Kata PencarianCara Klaim Asuransi Mobil All Risk ,Cara Klaim Asuransi ,Cara Klaim Asuransi Garda Oto ,Cara Klaim Asuransi Mobil ,Cara Klaim Asuransi Mobil Acc ,Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet ,Cara Mencairkan Asuransi Car ,Klaim Asuransi Mobil Lecet ,Prosedur Pengajuan Klaim Asuransi ,Syarat Asuransi Mobil