Amalan Utama di Bulan Ramadhan

Ini Daftar 10 Amalan Utama di Bulan Ramadhan yang Disyariatkan

Umat Muslim dengan gembira menyambut bulan Ramadhan. Segala persiapan seperti amal saleh dilakukan sebagai bentuk mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan tersebut. Ada 10 amalan utama di bulan Ramadhan yang disyariatkan.

Bulan Ramadhan adalah bulan suci yang istimewa di antara bulan-bulan lainnya. Di bulan ini, banyak keutamaan yang dapat diraih umat muslim untuk mengharapkan ridha, pahala dan ampunan dari Allah subhanahu wa ta’ala.

10 Amalan Utama di Bulan Ramadhan yang Disyariatkan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang banyak dimanfaatkan orang untuk melakukan berbagai aktivitas beribadah. Keisitimewaan bulan ini membuat banyak umat muslim tidak ingin melewatkan pahala dan ampunan.

Ada 10 amalan utama di bulan Ramadhan yang disyariatkan, baik yang sifatnya wajib ataupun sunah.

  1. Puasa

Puasa di bulan Ramadhan sifatnya wajib bagi mereka yang sudah baligh dan memiliki kondisi yang sehat serta berakal. Keutamaan berpuasa di bulan Ramadhan adalah seperti dalam hadis Qudsi bahwa Allah menyatakan:

“Semua amalan anak Adam untuknya selain puasa, puasa itu untuk-Ku dan Aku-lah yang akan membalasnya.” (HR Bukhari)

  1. Shalat Malam

Shalat malam di bulan Ramadhan dapat juga disebut dengan shalat tarawih. Adapun keutamaan shalat malam di bulan suci tersebut adalah seperti yang sudah dijelaskan dalam hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda:

“Orang yang mendirikan shalat malam pada bulan Ramadhan dengan dasar iman dan mengharap ridha Allah maka akan diampuni dosa yang telah dilakukannya.” (Muttafaqah ‘alaih, HR Bukhari dan Muslim)

  1. Bersedekah

Karena keutamaannya yang lebih baik dibandingkan dengan bulan-bulan yang lainnya, tidak salah apabila bersedekah menjadi satu di antar 10 amalan utama di bulan Ramadhan yang sangat dianjurkan. Seperti diketahui semua amalan di dalam bulan suci ini akan mendapatkan balasan berlipat ganda, termasuk bersedekah.

  1. Memperbanyak Membaca Al-Qur’an
Viral :   Nyck de Vries, Juara Dunia Formula E Berdarah Belanda-Indonesia

Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al Qur’an. Oleh karena itu, membaca Al-Qur’an sangat dianjurkan, terlebih untuk mengisi waktu-waktu luang selama bulan Ramadhan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda bahwa puasa dan Al-Qur’an diizinkan oleh Allah untuk untuk memberikan syafaat kepada seorang hamba pada hari kiamat kelak. Hal ini karena puasa telah mencegah seorang muslim dari makan dan nafsu syahwat, sedangkan Al-Qur’an mencegahnya dari tidur malam hari.

  1. Duduk Berdiam di Masjid Selepas Subuh Hingga Matahari Terbit

Waktu selepas shalat Subuh hingga menjelang matahari terbit merupakan waktu yang dianjurkan untuk berdzikir,

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:

“Para malaikat akan selalu bershalawat kepada salah seorang di antara kalian selama dia berada di masjid tempat melakukan shalat, hal ini selama wudhunya belum batal, (para malaikat) berkata, ‘Ya Allah ampunilah dia, ya Allah, sayangilah dia’.” (HR Ahmad)

Selain itu, kita juga dianjurkan melaksanakan shalat isyraq yang dilakukan tepat ketika matahari terbit sebanyak 2 raka’at. Rasulullah bersabda:

“Barang siapa shalat Subuh berjama’ah, lalu duduk berdzikir mengingat Allah sampai matahari terbit, setelah itu ia shalat dua raka’at (shalat isyraq) maka ia akan mendapatkan pahala seperti satu kali haji dan umrah secara sempurna, sempurna, dan sempurna.” (HR Tirmidzi)

  1. I’tikaf

I’tikaf juga menjadi satu dari 10 amalan utama di bulan Ramadhan. I’tikaf adalah berdiam diri di sepanjang sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan dengan menyibukkan diri mengerjakan amal-amalan saleh.

Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata:

“Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beri’tikaf pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. (Beliau melakukannya) hingga wafat. Setelah itu, istri-istri beliau pun melakukannya.” (Muttafaqah ‘alaih)

  1. Meningkatkan Amalan Shalih di 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan

Di bulan Ramadhan, terdapat keutamaan yang tidak ada di bulan lainnya, yakni malam lailatul qadar. Malam tersebut terjadi di antara tujuh hari terakhir di bulan Ramadhan, dan keutamaannya pun sangat banyak, salah satunya mendapatkan ampunan dari Allah.

Viral :   Mudik Gratis Pakai Kapal Laut. Simak Selengkapnya!

Dai Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhu, kepada beberapa orang sahabat Nabi, diperlihatkan malam lailatul qadar dalam mimpi pada tujuh malam terakhir (Ramadhan), kemudian Rasulullah bersabda, ‘ Aku juga bermimpi seperti yang kalian alami bahwa lailatul qadar itu terjadi di tujuh hari terakhir. Barang siapa yang ingin melakukannya maka carilah pada tujuh hari terakhir.” (Muttafaqah ‘alaih, HR Muslim)

  1. Memperbanyak Do’a

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda,

“Tiga orang yang do’anya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do’a orang yang didzolimi.” (HR Tirmidzi)

  1. Memerbanyak Istighfar di Waktu Sahur

Satu dari 10 amalan utama di bulan Ramadhan berikutnya adalah memperbanyak istighfar di waktu sahur. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda:

“Pada setiap malam, Allah subhanahu wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Allah berfirman, ‘Barang siapa yang berdoa kepada-Ku akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku akan Aku beri. Dan siapa memohon ampunan kepada-Ku akan aku ampuni.” (HR Bukhari dan Muslim)

  1. Memberi Makan Orang yang Berbuka Puasa

Dari Zaid bin Khalid al-Juhani radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah bersabda yang artinya:

“Barang siapa yang memberikan makanan untuk berbuka bagi orang berpuasa maka dia akan mendapatkan pahala sebagaimana orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi sedikit pun pahala dari orang itu.” (HR Tirmidzi No. 807. Ahmad No. 21676, dan an-Nasai dalam Sunan al-Kubra No. 3331, al-Baihaqi dalam Syuabul Iman No. 3952)

Demikian 10 amalan utama di bulan Ramadhan yang dapat kita amalkan untuk mengharap ridha, pahala dan ampunan dari Allah subhanahu wa ta’ala.