Cara Buat dan Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Motor

Pada umumnya, BPKB memang diberikan langsung setelah Anda melakukan transaksi pembelian motor. Namun, bukan tidak mungkin karena suatu hal, Anda berhalangan untuk menerima dokumen tersebut. Jika ingin mewakilkannya kepada orang lain, Anda harus membuat surat kuasa pengambilan BPKB motor.

Surat kuasa ini diperlukan karena menjadi syarat sah proses pemindahan kewenangan untuk mengambil BPKB. Karena merupakan dokumen resmi dan memiliki kekuatan hukum pembuatan surat kuasa ini harus mengikuti aturan tertentu. Supaya Anda tidak bingung, berikut akan dijelaskan cara membuat dan contoh surat kuasa ini.

Cara Membuat Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) merupakan bukti legalitas atas kepemilikan sebuah unit kendaraan. Karena itu, setelah melakukan transaksi pembelian motor, dokumen tersebut wajib Anda miliki.

Dokumen BPKB sendiri berisi keterangan kepabeanan, pendaftaran polisi, catatan mengenai perubahan pemilik motor, catatan pejabat polisi lalu lintas, catatan pelunasan pajak, dan identifikasi motor.

Dikutip dari laman polri.go.id, BPKB memiliki beberapa fungsi, yaitu:

  • Sebagai tanda pengenal kendaraan bermotor.
  • Sifat BPKB adalah sama seperti Certificate of Ownership (sertifikat kepemilikan) yang disempurnakan.
  • Meningkatkan daya guna dari tata cara administrasi pendaftaran kendaraan bermotor sehingga akan menyempurnakan pengawasan terhadap keuangan negara nonpajak.
  • Bisa menjadi tanggungan atau jaminan dalam transaksi pinjam-meminjam.
Viral :   Empat Jenis Rambu-rambu Lalu Lintas Dasar dan Fungsinya

Karena itulah BPKB menjadi dokumen yang sangat penting dan harus dijaga agar tidak hilang. Ketika baru saja melakukan transaksi, Anda sebaiknya segera mengurus BPKB ini agar segera ada di tangan Anda. Jika berhalangan, Anda masih bisa menempuh cara lain yaitu dengan membuat surat kuasa.

Untuk membuat surat kuasa pengambilan BPKB motor, ada beberapa poin yang wajib tercantum di dalamnya. Berikut rinciannya.

  1. Informasi Mengenai Pemberi Kuasa

Yang dimaksud pemberi kuasa adalah orang yang seharusnya memiliki hak atas BPKB tersebut dan melimpahkan kuasa kepada orang lain untuk mengambilnya. Jika Anda yang mewakilkan kepada orang lain, maka Anda-lah pihak pemberi kuasa tersebut. Infomasi yang harus dicantumkan terdiri dari nama, NIK, dan alamat.

  1. Informasi Mengenai Penerima Kuasa

Kebalikan dari pemberi kuasa, penerima kuasa adalah orang yang diberi kuasa untuk mengambil BPKB milik si pemberi kuasa. Sama seperti pemberi kuasa, informasi yang dicantumkan dalam surat kuasa ini adalah nama, NIK, dan alamat.

  1. Informasi Mengenai Kendaraan

Informasi tentang kendaraan yang dimaksud dalam surat kuasa tersebut terdiri dari jenis kendaraan, nomor kendaraan, nomor mesin, dan warna kendaraan.

  1. Tanda Tangan Kedua Pihak

Pada bagian akhir surat kuasa, baik pihak pemberi kuasa maupun penerima kuasa harus membubuhkan tanda tangannya di atas materai. Inilah yang menjadi tanda bahwa surat kuasa tersebut memang asli dan berkekuatan hukum.

Viral :   Spesifikasi Honda NC750X 2021, Motor Unik Bagasi Depan

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Motor

Setelah membaca poin-poin yang harus ada di dalam surat kuasa pengambilan BPKB kendaraan, apakah Anda sudah memiliki gambaran cara membuatnya? Jika belum, berikut contoh surat kuasa pengambilan BPKB untuk motor.

SURAT KUASA PENGAMBILAN BPKB

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama             :

NIK                 :

Pekerjaan      :

Alamat            :

memberikan kuasa penuh kepada:

Nama             :

NIK                 :

Pekerjaan      :

Alamat            :

untuk mengambil BPKB motor dengan rincian sebagai berikut:

Jenis Kendaraan     :

Nomor Kendaraan   :

Warna Kendaraan   :

Nomor Mesin                        :

Nomor Rangka         :

Demikian surat kuasa ini saya buat dengan sadar dan tanpa paksaan dari pihak mana pun agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

 

(Tanggal, bulan, tahun)

Pemberi Kuasa                                            Penerima Kuasa

 

(Tanda tangan)                                            (Tanda tangan)

Nama Jelas                                                   Nama Jelas

 

Selain mengetahui cara membuat surat kuasa pengambilan BPKB motor, tentunya Anda juga harus tahu proses penerbitan dokumen ini. Biasanya, untuk mendapatkan BPKB, Anda akan dibantu oleh pihak dealer. Mengenai waktu pemrosesannya sendiri tergantung apakah kendaraan tersebut dirakit di dalam negeri atau kendaraan impor.