5 Tips Merawat Aki Mobil Yang Mudah Dilakukan

Tips Merawat Aki Mobil – Salah satu komponen terpenting dalam mobil yakni aki, yang mana aki mobil memiliki peranan penting untuk menyuplai daya listrik bagi komponen komponen lainnya yang ada pada mobil. Jika kondisi aki mobil rusak atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka kenyamanan pengendara dan penumpang pastinya akan sangat terganggu.

Itulah sebabnya, mengapa aki mobil perlu mendapatkan perawatan secara telaten dan rutin. Jika dalam merawat aki mobil tidak telaten, maka potensi aki mobil akan menjadi cepat soak yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Terdapat beberapa tips merawat aki mobil agar lebih awet yang perlu anda ketahui, dimana jika hal ini anda lakukan maka bisa membuat kondisi aki mobil anda menjadi lebih awet dan tahan lama.

5 Tips Merawat Aki Mobil

1. Rutin Periksa Kondisi Aki Mobil

Tips merawat aki mobil agar lebih awet yang pertama yakni dengan rutin melakukan pemeriksaan kondisi aki mobil. Kita tau bahwa aki merupakan komponen yang bersifat menyuplai energi listrik pada beberapa bagian bagian mobil. Jika aki mengalami soak maka kemungkinan besar kelistrikan yang ada pada mobil akan tidak berfungsi dan bisa membuat mesin mobil tidak dapat menyala.

Viral :   Mobil Listrik Buatan Indonesia VS Impor dari Luar

Maka dari itu dengan rutin mengecek kondisi aki mobil anda bisa membuat aki menjadi lebih awet dan tahan lama. Cara mengeceknya yakni dengan menggunakan alat bernama battery load tester, yang mana alat ini berfungsi untuk mengetahui daya aki secara keseluruhan. Jika anda tidak mempunyai alat tersebut, anda bisa mengunjungi bengkel mobil resmi yang terdekat di daerah anda. Disarankan untuk melalukan pemeriksaan kondisi aki minimal 2-3 bulan sekali.

2. Mematikan Perangkat Eletkronik Sebelum Mesin Mobil di Matikan

Tips merawat aki mobil agar lebih awet selanjutnya yakni dengan mematikan perangkat elektronik yang ada dimobil sebelum mematikan mesin mobil. Hal ini perlu di ingat dikarenakan tidak jarang sebagian dari pemilik mobil lupa untuk mematikannya ketika ingin mematikan mesin mobil.

Jika perangkat elektronik seperti AC, tape, lampu dsb anda matikan terlebih dahulu sebelum mematikan mesin mobil maka bisa membuat kondisi aki mobil anda akan lebih awet, hal ini dikarenakan saat anda akan menghidupkan kembali mobil anda, maka arus listrik dari aki hanya akan terfokus pada bagian starter mesin saja.

3. Panaskan Mesin Mobil Setiap Hari Meski Tidak Digunakan

Dengan memanaskan mesin mobil setiap hari merupakan salah satu tips merawat aki mobil agar lebih awet. Jika disaat mobil kesayangan anda tidak digunakan, maka sebaiknya anda tetap memanaskan mesin mobil anda setidaknya 15 menit setiap harinya. Hal ini sangat berguna agar arus listrik yang berada didalam aki mobil anda bisa terus terisi oleh alternator, sehingga bisa membuat kondisi arus listrik didalam aki akan tetap maksimal dan stabil.

Viral :   Cara Mengendarai Mobil Matic dengan Mudah Bagi Pemula

4. Perhatikan Kondisi Terminal Aki Mobil

Tips merawat aki mobil selanjutnya adalah dengan memperhatikan kondisi terminal aki mobil. Terminal aki mobil atauklep penghubung kutub posisitif serta negatif pada aki ini terkadang sering muncul beberapa masalah yakni dikarenakan mulai munculnya karat, jamur atau bahkan posisi yang longgar. Hal ini memang terlihat sepele, meskipun begitu kondisi seperti ini ternyata bisa juga membuat usia aki mobil anda akan menjadi lebih pendek.

Maka dari itu jika disaat anda mengecek dan melihat kondisi terminal aki sudah berjamur atau berkarat, sebaiknya segera siram dengan air panas sambil lakukan penggosokan sampai karat atau jamur hilang, anda bisa menggosoknya dengan menggunakan alat sikat gigi bekas yang terdsapat dirumah anda.

5. Memperhatikan Kartu Catatan Perawatan Aki Mobil

Tips merawat aki mobil agar lebih awet yang terakhir yakni dengan selalu memperhatikan kartu catatan perawatan aki mobil. Biasanya saat anda melakukan pergantian aki mobil, anda akan diberikan kartu garansi untuk perawatan dan jadwal pergantian aki mobil selanjutnya. Maka dari itu selalu simpan kartu tersebut agar anda tidak lupa saat akan melakukan pengecekan dan penggantian aki mobil.