Cara membersihkan interior mobil

Ketahui Cara Membersihkan Interior Mobil yang Tepat

Cara membersihkan interior mobil yang tidak tepat membuat bagian dalamnya tidak bersih sempurna. Akibatnya, masih banyak kotoran ataupun debu-debu yang masih menempel sehingga mengurangi kenyamanan kabin.

Sisi interior mobil merupakan bagian yang akan langsung berhubungan dengan pengemudi dan penumpang dalam waktu yang banyak. Membersihkan interior mobil pada dasarnya dapat Anda lakukan sendiri di rumah tanpa perlu pergi ke tempat cuci atau salon khusus.

Sebagai bagian yang paling banyak berinteraksi dengan Anda, maka pembersihan secara berkala dan rutin perlu dilakukan. Interior mobil yang bersih juga berdampak pada kesehatan yang ada di dalam mobil. Apalagi jika bagian dalam ini sering digunakan untuk membawa barang.

Cara Membersihkan Interior Mobil

Mobil yang selalu terjaga kebersihan tentu akan lebih menarik, tidak hanya bagi pemiliknya saja namun juga orang lain yang melihatnya. Tidak hanya bagian eksterior nya saja yang perlu dijaga kebersihannya, tetapi juga bagian interior amat penting mengingat bagian yang langsung berhubungan dengan penggunanya.

  1. Bersihkan Karpet Karet Dulu

Bagian alas kabin pada bagian dalam mobil adalah komponen yang paling kotor. Bahkan setelah selesai dicuci, bagian ini akan kotor pertama kali dibandingkan komponen lain.

Jika Anda memilih alas kabin atau karpet dengan material karet adalah hal yang tepat. Pasalnya, kita tidak akan tahu bagaimana cuaca di luar. Misalnya ketika hujan dan setelahnya Anda harus menyetir mobil, tentu saja sepatu atau sandal basah dan kotor.

Viral :   Tips Aman Mengendarai Sepeda Motor di Musim Hujan

Maka air dan tanah yang terikut lama kelamaan akan kering dan menempel dengan keras. Namun, kotoran pada karpet karet ini dapat dibersihkan dengan cara disikat dan di guyur dengan air.

Cara membersihkan interior mobil yang pertama adalah keluarkanlah karpet karet ini, kemudian bersihkan dengan cara menyikat bagian-bagian yang ada tanah keringnya. Selanjutnya bilas dengan air hingga bersih dan keringkan. Sebaiknya cuci dengan menggunakan detergen khusus.

  1. Atap atau Plafon

Atap atau plafon pada bagian kabin mobil mungkin memang komponen yang jarang sekali disentuh. Namun begitu, bagian ini juga terdapat banyak debu yang menempel. Jadi, juga perlu dilakukan pembersihan.

Cara membersihkan interior mobil, terutama bagian atap, yaitu hilangkan debunya dengan menggunakan vacuum cleaner atau kemucing. Setelah debu-debu yang menempel hilang selanjutnya dapat di lap microfiber.

Saat mengelap, sebaiknya basahi terlebih dahulu dengan menggunakan air bersih atau cairan pembersih khusus kemudian dibilas hingga benar-benar bersih. Jika memungkinkan, setelahnya keringkan dengan lap kering agar air yang tersisa pada plafon dapat segera mengering.

  1. Dashboard

Dashboard terletak pada bagian paling depan di dalam kabin. Keberadaannya tidak bisa dianggap sepele. Segala panel ada tempat ini, termasuk kemudi dan komponen-komponen lainnya.

Viral :   Tips Mengemudi Mobil Offroad Mudah Bagi Pemula

Bagian ini juga sering disentuh tangan sehingga bisa menjadi sumber kuman. Selain itu, karena berada dekat dengan pintu depan tentu dashboard juga banyak terkena debu dan kotoran.

Untuk membersihkannya, Anda dapat menggunakan vacuum cleaner mini yang diperuntukkan khusus bagi mobil.

Penggunaan alat ini akan memudahkan Anda untuk membersihkan bagian-bagian paling sempit mengingat pada dashboard banyak terdapat partisi sehingga dimungkinkan debu juga bersembunyi pada bagian tersebut. Untuk membersihkan dengan cepat Anda dapat menggunakan kemoceng.

  1. Tempat Duduk

Tempat duduk atau jok merupakan bagian yang paling banyak bersentuhan dengan pemilik mobil sehingga menjadikan komponen ini cukup kotor. Untuk cara membersihkan jok ini tergantung material penyusunnya.

Untuk membersihkan bagian jok, tahap pertama adalah membersihkan debu yang menempel terlebih dahulu dengan menggunakan vacuum cleaner agar pembersihannya maksimal.

Untuk material kulit gunakanlah plas chamois setengah basah untuk mengelap permukaannya. Kemudian baru semprotkan cairan pembersih dan segera sikat dengan lembut dan lap kembali hingga kering.

Sedangkan cara membersihkan interior mobil yang berbahan beludru, setelah dibersihkan debunya dengan vacuum cleaner, kemudian semprot dengan cairan pembersih khusus dan sikat dengan lembut kemudian segera keringkan.

Kata PencarianBersih Interior Mobil ,Bersihkan Interior Mobil Berjamur ,Custom Plafon Mobil ,Interior Mobil ,Membersihkan Interior Mobil ,Membersihkan Plafon Mobil Beludru,Merawat Interior Mobil ,Pembersihan Interior Mobil ,Penghitam Interior Mobil ,Pengkilap Interior Mobil