Cara Pakai Dongkrak Mobil Mudah Tanpa Kesulitan

Pernahkah kamu mendapati mobilmu mendapati masalah dan harus menggunakan dongrak mobil? Biasanya, peralatan satu ini memang seringkali dibawa oleh pemilik kendaraan roda empat kemana-mana. Hal tersebut akan menjadi sebuah solusi ketika kendaraan mengalami masalah seperti terjebak di lokasi dimana kamu sulit untuk mengatasinya.

Secara umum, perangkat tersebut memang dipakai sebagai alat untuk angkat sesuatu. Sesuatu yang dimaksud tentu saja adalah benda berukuran berat. Dengan begitu, pekerjaan akan cepat diselesaikan tanpa repot. Badan kendaraan roda empat bisa terangkat dengan cepat ketika masalah terjadi.

Jenis-jenis Dongkrak Mobil yang Perlu Diketahui

Peralatan ini sekilas memang terdengar sepele. Namun ketika alat ini tidak ada, pekerjaanmu akan menjadi lebih sulit dan memakan waktu lama. Nah, alat tersebut juga bisa dibedakan menjadi beberapa jenis. Berikut berbagai jenis paling lengkapnya untuk kamu simak.

  1. Berdasarkan system gaya

Jika dibedakan dari system gaya yang dipakainya, maka dongkrak mobil dibagi menjadi dua macam. Pertama adalah jenis manual alias mekanik. Jenis ini bertumpu pada bagian roda gigi serta batang. Penggunaannya adalah dengan roda gigi akan diputar, dan gaya tekan sampai pada bagian batang dan diubah lagi menjadi daya angkat.

Jenis kedua adalah Hidrolik. Untuk jenis ini, kamu akan menemukan cairan fluida pada system tumpunya. Fluida tersebut memiliki fungsi untuk memberikan daya tekan sehingga akan menimbulkan gaya angkat.

  1. Menurut bentuknya
Viral :   Beragam Jenis Bahan Bakar Alternatif yang Perlu Diketahui

Jika dibedakan berdasarkan bentuk, dongkrak mobil pertama untuk perlu kamu tahu adalah bentuk gunting. Dongrkak tersebut akan didapatkan ketika kamu membeli kendaraan roda empat baru. Jenis ini masuk dalam kategori mekanik.

Selanjutnya ada dongkrak botol. Bentuknya mirip botol. Ini termasuk dalam kategori hidrolik. Ukurannya lebih kecil sehingga ringan. Penggunaannya tidak perlu banyak energy. Maka, kamu bisa mengangkat mobil secara praktis.

Terakhir, kamu dapat mencoba gunakan dongkrak buaya. Jenis tersebut juga masuk kategori jenis hidrolik. Tips menggunakannya lebih mudah jika dibandingkan bentuk botol dan gunting. Kamu bisa gunakan ini untuk angkat berbagai jenis mobil termasuk mobil bentuk kecil.

Cara Pakai Dongkrak Mobil Mudah

Untuk menggunakan peralatan tersebut, perlu beberapa tips dan ilmu sehingga kamu tidak akan salah dalam memakainya. Meski sekilas Nampak sangat mudah, namun tanpa persiapan dan perhatian tepat bisa saja terjadi kesalahan.

  1. Pastikan permukaan bagian parkir

Langkah ini harus dilakukan dengan tepat ketika akan mendongkrak kendaraan. Jika kamu tidak dapat memastikan bagian permukaan parkir, maka cara penggunaan akan menjadi sulit. Apalagi ketika proses dongkrak terjadi di perjalanan.

  1. Penggunaan rem tangan

Hal lain untuk diperhatikan ketika menggunakan peralatan tersebut adalah menggunakan rem tangan. Mengapa kamu harus menggunakan cara ini? Dengan menggunakan rem tangan, maka mobil tidak akan bergerak selama proses pengangkatan. Gunakan balok maupun batu pada setiap sisi jika ketika butuh.

  1. Memilih jenis paling tepat
Viral :   Cara Menghilangkan Embun pada Reflektor Lampu Mobil

Seperti telah disebutkan di atas, alat tersebut memang sangat bervariasi. Maka, kamu harus memilih jenis paling tepat agar dapat dipakai lebih mudah. Sebaiknya, kamu memilih yang paling efisien digunakan di semua tempat dan semua mobil.

  1. Baca petunjuk

Hal tersebut biasanya disepelekan beberapa orang. Yakinlah, ini penting dilakukan. Petunjuk akan membantu cara pakai lebih tepat dan cepat.

  1. Memastikan titik tumpuan

Ketika akan mengangkat kendaraan, pastikan terlebih dahulu bahwa titik tumpuan berada pada tempat tepat. Biasanya ini diletakkan antara batang gardan tepatnya di dekat bagian suspensi.

  1. Tidak mendongkrak dengan lebih dari 15 cm

Mengapa tidak boleh dilakukan? Ketika hal tersebut dipaksa untuk dilakukan, maka sesuatu fatal akan terjadi. Mobil akan menjadi tergelincir.

  1. Tidak memasukkan bagian tubuhmu dalam kolong

Ini merupakan salah satu tindakan berbahaya untuk dilakukan. Apalagi jika mobil tersebut hanya menggunakan dongkrak saja sebagai tumpuannya. Pastikan mengggunakan peralatan keamanan ketika akan masuk ke dalam kolong.

Penggunaan peralatan ini memang cukup penting dalam mengantisipasi hal-hal yang mungkin tidak diinginkan terjadi ketika berkendara. Maka, sediakan selalu alat ini dalam bagasi mobil. Persiapkan dongkrak mobil dengan jenis yang mudah agar kamu bisa menggunakannya dengan lebih praktis.