Cara Menghidupkan Motor Tanpa Kunci
Foto: packupandride.com

Cara Menghidupkan Motor Tanpa Kunci

Cara Menghidupkan Motor Tanpa Kunci? Apa bisa? Biasanya, untuk memulai mesin motor, kita mengandalkan kunci kontak. Tanpa ini, kemungkinan mesin tidak akan berfungsi. Situasi umum yang sering terjadi adalah kehilangan kunci kontak. Situasi ini tentu membuat kita kebingungan. Namun, memiliki kunci cadangan tentu sangat membantu dan tidak akan menjadi masalah besar. Namun, apa yang terjadi jika kunci motor yang kita miliki adalah satu-satunya dan hilang? Ini pasti menyusahkan. Kamu harus segera menemukan solusi yang efektif dan cepat agar motor dapat dinyalakan kembali. Jangan terburu-buru putus asa, sebaiknya periksa dulu jenis kunci kontak pada motor milikmu. Jika masih menggunakan sistem konvensional, ternyata masalah ini bisa diselesaikan dengan mudah.

Fungsi utama kunci kontak adalah sebagai alat untuk mengubah posisi kontak dalam saklar. Setelah berputar, baterai akan terkoneksi dengan sistem CDI dan kelistrikan pokok. Artinya, motor masih bisa dinyalakan meskipun tanpa kunci kontak. Namun, kamu harus memahami bagaimana caranya. Tidak terlalu sulit, tetapi perlu dipelajari dengan saksama. Intinya, kamu hanya perlu menghubungkan kabel di bagian belakang saklar. Yang perlu diingat adalah setiap motor memiliki jumlah dan warna kabel yang berbeda. Jadi, ketelitian sangat diperlukan dalam proses ini. Kali ini, wartaoto akan memberi beberapa solusi bagi kamu yang kehilangan kunci. Solusi ini akan membantu menyalakan motor bebek atau matic tanpa kunci.

Cara Menghidupkan Motor Tanpa Kunci

1. Motor Yamaha

Di Indonesia, berbagai model motor Yamaha, termasuk jenis bebek, matic, sport, dan moge, telah tersedia luas. Motor Yamaha seperti V80, F1Z-R, RX Spesial, Vega R, hingga Jupiter yang diproduksi sebelum tahun 2006 memiliki susunan kabel kontak yang identik. Kunci kontak mereka mirip dengan model Yamaha sebelum tahun 2000, seperti YT, RXZ, dan RX King. Jika motor kamu termasuk salah satunya, prosedur menghidupkan mesin tanpa kunci kontak cukup sederhana. Pertama-tama, lepaslah bodi motor dan cari soket penghubung kabel pada kunci kontak, lalu lepaskan soket tersebut.

Umumnya, lampu indikator akan mati, tetapi sistem kelistrikan mesin, mulai dari spul hingga CDI dan coil, tetap beroperasi setelah soket dilepas. Dengan demikian, mesin bisa dihidupkan meskipun lampu dan klakson tidak berfungsi. Untuk mematikan mesin, carilah kabel hitam dan kabel hitam putih. Sambungkan kedua kabel tersebut dengan kawat pada soket untuk mematikan mesin. Untuk motor Yamaha seperti Vega R New, Jupiter setelah tahun 2006, Vega ZR, dan semua model Yamaha setelah 2010, termasuk matik, biasanya menggunakan kontrol IG. Metode menghidupkan motor tanpa kunci adalah dengan memotong dua kabel di belakang saklar, yaitu kabel baterai (merah) dan kabel IG (cokelat). Hubungkan kedua kabel ini, lalu coba hidupkan motor dengan kick start.

Viral :   Tips Membersihkan Kaca Lampu Mobil Yang Menguning

2. Motor Honda

Cara menghidupkan motor tanpa kunci pada Honda mirip dengan Yamaha. Motor Honda seperti C70, Astrea 800, Astrea Star, Astrea Prima, Astera Grand, Supra 110, Supra Fit, Fit S, Fit X, Honda Win, dan GL Pro Black memiliki sistem kunci konvensional yang serupa. Awali dengan mengamati jalur kabel hitam putih dan hitam merah. Lepaskan soket dan gunakan kawat untuk menjumper kedua kabel ini. Periksa lampu indikator; jika menyala, mesin siap dihidupkan.

Jika motor Hondamu memiliki sistem berbeda, ada langkah alternatif. Buka bagian belakang saklar dan temukan minimal empat kabel sistem kontak. Potong kabel tanah atau hijau dan isolasi dengan selotip. Coba hidupkan motor dengan kick start atau stater. Untuk model tertentu seperti Honda Supra X125, GL Pro Neotech, Mega Pro, Tiger 2000, dan semua matik Honda, biasanya koneksi dari IG ke baterai digunakan. Untuk menghidupkan tanpa kunci, lepaskan bagian saklar dan periksa kabel di belakang. Pastikan memotong dua kabel yang penting: kabel baterai merah dan kabel IG merah/hitam, kemudian coba hidupkan mesinnya.

3. Motor Suzuki

Proses ini serupa dengan sepeda motor Yamaha atau Honda. Metode menghidupkan sepeda motor Suzuki tanpa kunci sebenarnya tidak terlalu berbeda, tetapi tergantung pada jenis motor yang kamu miliki. Jika kamu memiliki motor Suzuki model lama seperti FR, RC 100, Tornado, A 100, TRS, atau GP, langkah yang bisa kamu coba adalah dengan memotong kabel tanah yang biasanya berwarna hitam/putih, kemudian lakukan kick start.

Namun, jika kamu ingin menghidupkan motor Suzuki Shogun 110, Smash, Smash New, Shogun 125, atau model Suzuki lainnya yang dibuat setelah tahun 2005 dan termasuk dalam kategori matik, cara mengaktifkannya adalah dengan menghubungkan kabel baterai ke kabel IG yang terletak di belakang sakelar. Perlu diketahui bahwa pada produk Suzuki, kabel baterai umumnya berwarna merah, sementara kabel IG biasanya berwarna oranye. Setelah menghubungkan kabel tersebut, kamu dapat mencoba untuk menghidupkan mesin motor.

Jenis-jenis Pengaman Kunci Sepeda Motor

Sepeda motor modern umumnya dilengkapi dengan kunci kontak yang memiliki fitur pengaman magnetis. Saat ini, hampir semua produsen sepeda motor telah mengimplementasikan tipe kunci semacam ini. Namun, ada beberapa variasi dalam cara kerja kunci ini yang penting untuk kamu ketahui.

  • Tuas

Jika kamu memiliki sepeda motor Honda, periksa sistem kunci yang digunakan oleh motormu. Untuk melindungi lubang kunci, Astra Honda Motor (AHM) sering menggunakan istilah Secure Key Shutter. Konsep ini diterapkan dengan menggunakan tuas kecil pada panel kontak. Panel ini dirancang untuk efisiensi waktu. Kamu hanya perlu menggeser tuas ke arah tertentu, misalnya dari bawah ke atas, untuk menutup lubang kunci. Ini berarti tidak perlu lagi menggunakan kunci tambahan untuk mengaktifkan fitur ini. Namun, tuas ini hanya berfungsi untuk menutup. Untuk membuka penutup lubang kunci, kamu masih perlu menggunakan magnet yang ada di kunci.

  • Manual

Teknologi key shutter yang pertama kali hadir di panel kontak masih bersifat manual. Ini berarti penutup lubang kunci harus digerakkan dengan menggunakan ujung teratas dari kunci, di mana magnet terletak. Penting untuk diperhatikan, terdapat tiga magnet berukuran kecil pada kunci. Magnet serupa juga terdapat pada panel kontak, tetapi dengan kutub yang berbeda. Untuk mengaktifkannya, perlu dilakukan penyesuaian arah magnet. Suzuki adalah produsen pertama yang memperkenalkan sistem ini. Kemudian, produsen lain mulai mengadopsi teknologi serupa. Honda memulainya dengan Honda Supra X125 pada tahun 2005. Namun, Suzuki telah lebih dahulu meluncurkan pada tahun 2004 melalui Suzuki Shogun 125, diikuti oleh Yamaha Mio Soul.

  • Menekan Tombol

Fungsi penutup lubang kunci kontak tidak hanya sebagai pengaman dari pencurian. Penutup ini juga melindungi lubang dari masuknya air, terutama saat terpapar hujan, yang berpotensi menyebabkan korosi pada bagian dalam lubang. Yamaha juga mengembangkan teknologi key shutter ini, yang bisa dilihat pada panel kunci kontak Yamaha Xeon 125. Meskipun prinsip kerjanya mirip dengan model key shutter tuas, perbedaannya terletak pada penggunaan tombol di Xeon. Kamu hanya perlu menekan tombol ini untuk mengaktifkan penutup lubang kunci. Saat tombol ditekan, penutup akan berfungsi secara otomatis. Untuk membukanya, kamu masih perlu menggunakan kunci secara manual.

  • Penutupan Otomatis Saat Kunci Dilepas

Astra Honda Motor (AHM) terus melakukan pengembangan dan evolusi pada varian terbarunya, meningkatkan kemudahan bagi pengendara saat parkir. Penutup lubang kunci akan menutup secara otomatis ketika kunci kontak dilepas. Namun, fitur otomatis ini tidak akan berfungsi jika tidak dalam posisi lock. Jika hanya dalam posisi off, lubang kunci tidak akan tertutup. Untuk menutupnya, kamu bisa menggunakan kunci, dengan cara yang terbalik dari membukanya. Jenis panel kunci ini umumnya diterapkan pada Honda Scoopy, Honda Vario CBS Techno, dan Honda Spacy Helm In

Viral :   Rute Ganjil Genap sebagai Solusi Mengatasi Kemacetan