Cara Cek Kebocoran Arus Aki Mobil
Cara Cek Kebocoran Arus Aki Mobil

Cara Cek Kebocoran Arus Aki Mobil Cepat & Mudah

Cara cek kebocoran arus aki mobil penting untuk anda kuasai. Mengingat aki yang soak memang tak hanya karena sistem pengisian aki ataupun kualitas aki saja yang jelek, namun juga bisa karena adanya kebocoran arus aki yang terjadi pada kelistrikan mobil. Misalnya contoh ketika aki mobil telah diganti dengan yang baru akan tetapi keesokan harinya aki tersebut sudah tidak kuat lagi dipakai untuk menstarter mesin kendaraan. Padahal akinya dalam kondisi baru dan sudah dicharge dan juga semua perabgkat kelistrikan sudah dalam posisi ‘OFF’ sebelum ditinggalkan.

Kondisi ini menandakan bahwa telah terjadi kebocoran arus listrik dalam kelistrikan mobil sehingga arus tersebut tersimpan pada aki dan terus menerus terbuang dengan percuma. Inilah yang membuat aki menjadi cepat soak atau tekor. Untuk itu penting kira nya kita mengerti bagaimana sih Cara cek kebocoran arus aki mobil? Untuk pengecekannya sendiri pun terdapat 2 cara yang bisa anda lakukan yakni:

Cek Kebocoran Arus Aki

Parasitic load (beban parasit) juga dikenal dengan kebocoran arus aki mobil. Beban parasti ini biasanya muncul akibat adanya perangkat elektrik pada mobil yang secara terus menerus mengalirkan aurs listrik walaupun kunci kontak dalam posisi ‘OFF’. Untuk cara cek kebocoran arus aki mobil anda bisa mengkuti beberapa langkah berikut.

  • Siapkan multimeter digital serta set di posisi DC amper
  • Putar kunci kontak kendaraan anda ke posisi OFF (LOCK)
  • Matikan semua perangkat kelistrikan pad mobil seperti lampu-lampu, AC, serta tutup pintu dengan rapat (untuk keamanan). Danjangan lupa untuk buka kaca jendel mobil demi mencegah pintu terkunci otomatis saat pemeriksaan.
  • Selanjutnya lepas kabel terminal negatif aki
  • Lalu sambungkan kabel positif multimeter pada kepala terminal negatif aki
  • Jika sudah, sambungkan kabel negatif multimeter pada kabel terminal negatif aki.
  • Terakhi, baca nilai arus listrik yang mengalir & perhatikan kondisinya. Bila hasil pengukurannya 0.02 – 0.07 Ampere berarti kondisi aki ‘Normal’. Namun bila hasil pengukurannya >0.1 Ampere maka berarti telah terjadi kebocoran arus aki pada mobil anda.
Viral :   Awas KW, Berikut Ciri Knalpot DBS Original

Sebagai catatan, tunggulah 2 sampai 3 menit setelah melepas terminal negatif aki agar memastikan semua komponen atau perangkat kelistrikan pada mobil benar-benar OF sebelum melakuakn pengukuran beban parasit atau cek kebocoran arus aki mobil.

Cek Kebocoran Pelepasan Tegangan Permukaan

Cara cek kebocoran arus aki mobil Yang kedua ialah pengecekan kebocoran pelepasan tegangan permukaan atau surface discharge disebabkan kerena adanya aliran listrik dalam jumlah yang sedikit yang mengalir diantara dua kepala terminal aki yaitu positif dan negatif melalui permukaan kontak aki. Biasanya surface discharge ini karena kepala aki yang sedikit lembab, basah atau bahkan kotor seperti banyak terdapat kerak atau debu. Untuk itu, langkah yang bisa anda lakukan ialah:

  • Putar kunci kontak kendaraan anda ke posisi ‘OFF”, jangan lupa matikan lampu-lampu, AC serta tutup seluruh pintu mobil dengan rapat
  • Sediakan multimeter dan set di posisi DC volt
  • Kemudian sambungkan kabel negatif multimeter dengan kepala terminal negatif aki
  • Dan hubungkan juga kabel positif multimeter pada permukaan atas boks aki
  • Selanjutnya bca tegangan listrik yang mengalir. Bila tegangannya lebih dari 0.5 volt, maka sebaiknya bersihkan.  Permukaan boks aki terutama di bagian seputar kepala terminal aki lalu keringkan.
Viral :   Cara Membersihkan Jok Mobil di Masa Pandemi

Demikianlah informasi terkait Cara cek kebocoran arus aki mobil. Semoga bermanfaat 🙂