Peralatan Wajib saat Touring

Peralatan Wajib saat Touring dengan Sepeda Motor

Menjelajahi kota demi kota menggunakan sepeda motor menjadi hobi yang mengasyikkan bagi sebagian orang. Meskipun tantangan dan risikonya cukup besar, hal itu tidak menghalangi mereka untuk melakukan hobi yang satu ini. Apakah Anda ingin mencobanya juga? Jika iya, perhatikan perlengkapan wajib yang harus dibawa saat melakukan touring dengan motor berikut ini.

Perlengkapan Touring dengan Sepeda  Motor

Anda boleh-boleh saja memiliki hobi apa pun, tetapi perlu diingat bahwa Anda juga harus memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan. Touring menggunakan sepeda motor sudah tentu memiliki risiko yang tidak boleh disepelekan. Namun, jangan khawatir, dengan persiapan yang matang, touring bisa berjalan lancar. Nah, berikut ini perlengkapan yang harus Anda siapkan sebelum berangkat.

  • Helm dan Masker

Setiap kali Anda mengendarai sepeda motor, helm sudah pasti tidak boleh dilupakan. Namun, karena jenis helm saat ini begitu banyak, Anda harus memilih helm yang tepat untuk touring. Pilihlah helm dengan model full face karena helm model ini sangat aman dan bisa melindungi wajah dan kepala Anda secara maksimal apabila terjadi benturan.

Namun, jika terpaksa sekali menggunakan helm yang half face, Anda bisa melengkapinya dengan menggunakan masker. Cara ini penting dilakukan karena sepanjang jalan, pastinya Anda akan berhadapan dengan angin dan debu. Dengan memakai masker, wajah akan terlindungi.

  • Jaket Antiair

Cuaca di Indonesia saat ini tidak menentu dan sering kali tidak bisa diprediksi. Anda wajib membawa jaket saat melakukan touring, apalagi jika jaraknya cukup jauh. Jaket akan melindungi Anda dari angin selama perjalanan. Agar lebih praktis, bawalah jaket antiair untuk mengantisipasi turunnya hujan di tengah jalan. Daripada menggunakan jas hujan yang merepotkan, jaket berbahan waterproof jauh lebih praktis dan nyaman.

  • Alas Kaki dan Pakaian Ganti

Jika waktu tempuh perjalanan cukup lama, misalnya lebih dari satu hari, mengenakan alas kaki dan membawa pakaian ganti juga penting demi kenyamanan anda. Alas kaki bisa Anda sesuaikan dengan tema dan rute perjalanan. Pakaian ganti akan Anda butuhkan ketika tubuh berkeringat sehingga pakaian yang Anda kenakan juga tidak nyaman lagi untuk dikenakan.

  • Obat-obatan Pribadi

Siapkan obat-obatan sederhana yang dibutuhkan untuk memberikan pertolongan pertama jika diperlukan, seperti obat merah, plester, perban, obat sakit kepala, dan obat-obatan pribadi bagi Anda yang membutuhkannya. Jangan sampai perjalanan menjadi terkendala karena Anda tidak siap dengan obat yang dibutuhkan.

  • Uang Tunai

Bagi sebagian orang, membawa uang tunai mungkin terlihat beresiko. Padahal, hal ini sebenarnya diperlukan saat Anda melewati rute touring motor yang daerahnya tak memiliki ATM atau bank sekalipun. Hanya saja, selalu pisahkan uang Anda di beberapa tempat tertentu di luar dompet Anda, sekedar untuk berjaga-jaga dari kemungkinan Anda mengalami pemerasan atau dompet Anda hilang saat berkendara.

  • Tool Kit

Untuk mempermudah Anda selama perjalanan touring motor, motor Anda wajib disediakan dengan tool kit. Setidaknya untuk kerusakan minor seperti baut-baut motor yang terasa longgar, atau mengganti beberapa part minor di motor, Anda masih bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan mekanik di bengkel motor.

  • Flat Tire Repair Kit

Perangkat ini mungkin bagi sebagian pengguna motor saat berpergian touring tak begitu penting. Tapi, jika motor Anda mengalami kebocoran ban saat touring, maka perangkat ini sangat berguna. Dilengkapi dengan pompa/tabung gas, obeng, serta lem dan karet untuk tambal ban, kini menambal ban motor Anda bisa dilakukan dengan cepat dan seorang diri.

  • Pisau Lipat

Melengkapi tool kit, pisau lipat multifungsi pun menjadi salah satu peralatan yang wajib Anda bawa saat touring. Kegunaan pisau lipat ini bukan hanya untuk kebutuhan motor saja, tapi juga bisa berguna untuk Anda. Setidaknya, pastikan pisau lipat yang Anda gunakan memiliki banyak pilihan pisau, sekaligus dalam kondisi masih tajam.

  • Senter dan Pemantik Api
Viral :   Cara Menambah Watt Power Amplifier Mobil

Penggunaan senter dan pemantik api cukup berguna di kala perjalanan touring motor Anda sudah memasuki waktu malam hari. Jika senter berfungsi sumber cahaya di kala malam hari, penggunaan pemantik api juga mampu menjadi penyelamat di kala Anda harus menyalakan api untuk memasak atau sekedar api unggun.

  • GPS / Peta fisik

Kemajuan teknologi membuat teknologi navigasi Global Positioning System (GPS) menjadi mudah digunakan, bahkan di kala Anda sedang melakukan touring motor sekalipun. Hanya saja, penggunaan GPS seringkali terhalang oleh sinyal di Indonesia yang tak terlalu baik, sehingga peta fisik masih menjadi andalan utama saat berkendara touring motor. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika GPS dan atau peta fisik ini selalu tersedia saat Anda ingin melakukan touring motor.

Viral :   Harga Mobil Honda Jazz Bekas Serta Aspek Pentingnya

Power Bank

Untuk Anda yang memiliki smartphone dengan konsumsi daya boros, tersedianya power bank sangatlah berguna di kala touring motor. Dengan kapasitas daya yang besar, power bank siap menjamin smartphone Anda selalu memiliki daya yang cukup untuk Anda gunakan di kala perjalanan. Pastinya, Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk berkomunikasi saat mengikuti touring motor.