5 Perbedaan PCX ABS dan CBS

5 Perbedaan PCX ABS dan CBS Terbaru 2023 Wajib Dipahami!

Kebutuhan kendaraan bermotor di Indonesia terbilang cukup tinggi. Salah satu tipe motor yang banyak diminati saat ini adalah motor matic. Astra Honda Motor (AHM) adalah salah satu yang mengembangkan jenis motor matic ini. Pada tahun 2017 lalu, AHM mengeluarkan motor matic premium, yakni PCX dengan dua tipe, ABS dan CBS. Lantas, apa saja 5 perbedaan PCX ABS dan CBS?

Sebelum membahas jauh perbedaan kedua tipe PCX tersebut, harus diketahui bahwa motor matic dengan bodi yang besar saat ini digandrungi oleh masyarakat. Hadirnya PCX digadang-gadang menjadi pesaing berat bagi Yamaha NMAX.

5 Perbedaan PCX ABS dan CBS Terbaru

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa PCX hadir pada tahun 2017 silam. Kehadiran motor matic ini tidak hanya membawa bodi yang besar dan tren di kalangan masyarakat saja, tetapi AHM juga menawarkan berbagai fitur canggih termasuk dari segi keamanan.

Motor PCX ABS dan CBS sama-sama mengantongi mesin yang gahar, yakni berkapasitas 150 cc dengan mesin 4 langkah SOHC. Selain mesinnya yang menakjubkan, PCX juga didesain dengan model kekinian dan diminati masyarakat Indonesia. Lalu, apa perbedaan di antara keduanya? Berikut ulasannya.

  1. Sistem Pengereman

Sesuai dengan nama yang tersemat dari jenis motor PCX ini, yakni ABS dan CBS, kedua tipe PCX ini memiliki perbedaan pada sistem pengeremannya. Motor PCX ABS menggunakan Anti-Lock Braking System, sedangkan CBS menggunakan Combi Brake System.

Sistem CBS dapat bekerja pada saat mendistribusikan tenaga ke roda belakang dan tuas ungkir untuk menekan knocker dan kemudian piston hidrolik mengaktifkan rem cakram depan.

Sedangkan sistem pengereman ABS diklaim lebih aman karena menggunakan sensor untuk mendeteksi secara otomoatis ke modul dan membuat piston rem mengendur. Sistem ABS ini tetap aman meskipun Anda menggunakan rem secara mendadak.

  1. Knalpot

Perbedaan PCX ABS dan CBS yang cukup mencolok adalah pada bagian knalpot dari masing-masing tipe tersebut.

Motor PCX sistem ABS menerapkan moncong knalpot menggunakan plastik dengan paduan warna biru.

Sedangkan PCX CBS menggunakan material yang sama dengan ABS, tetapi warna yang digunakan lebih hitam pekat.

  1. Ukuran pada Kampas Rem

Perbedaan lain yang dapat diperhatikan dari kedua jenis Honda PCX diatas adalah pada bagian kampas rem. Jika dilihat lebih saksama, PCX CBS justru memiliki ukuran kampas rem yang lebih besar dibandingkan dengan PCX ABS.

  1. Pijakan Kaki

Perbedaan PCX ABS dan CBS lainnya ada pada bagian pijakan kakinya. Pada bagian ini, pijakan kaki dapat dibedakan dengan jelas. Pijakan kaki pada PCX ABS terbuat dari bahan stainless steel untuk bagian dek air serta terdapat pula tulisan PCX.

  1. Bobot

Jika ingin mengetahui perbedaan antara PCX ABS dan CBS lainnya, lihatlah dari segi bobotnya. Mungkin jika dilihat sekilas akan tampak sama, tetap jika Anda dikendarai, akan terasa berbeda.

Viral :   Modifikasi NMAX 2021 Dengan Konsep Simpel

Tipe PCX ABS memiliki bobot yang lebih berat 1 kg dari yang tipe CBS, yakni PCX ABS berbobot 132 kg sedangkan CBS 131 kg.

Mengetahui perbedaan tipe motor PCX sangat penting agar tidak salah dalam memilih. Jadi, bagi Anda yang ingin membeli motor PCX, tentu perbedaan dari kedua tipe motor PCX tersebut wajib diketahui.

Lalu, berapa harga dari PCX untuk sistem ABS dan sistem CBS terbaru 2021? Pada tahun 2020, PCX 150 digantikan dengan PCX 160 dengan tampilan yang lebih segar. Untuk masalah harga, PCX 160 dibanderol dengan harga yang tidak berbeda jauh dengan PCX edisi sebelumnya.

Jika ingin membeli Honda PCX ABS, Anda harus menyiapkan dana sekurangnya Rp35,82 juta (OTR Jakarta). Sedangkan untuk PCX CBS, dana yang dibutuhkan lebih sedikit sesuai banderol harganya, yaitu Rp30,91 (OTR Jakarta).

Untuk PCX ABS dan CBS tersedia 6 varian warna yang dapat Anda pilih, yakni Brilliant Black, Majestic Matt Red, Wonderful White, Glorious Matte Black, Marvelous Gray, dan Royal Matte Blue.

Dengan mengetahui perbedaan PCX ABS dan CBS di atas, tentu saja Anda sebagai konsumen akan mempertimbangkan kembali dalam memilih tipe yang sesuai. Pastikan untuk membeli motor dengan memperhatikan segi kenyamanan dan keamanan.

Review PCX ABS dan PCX CBS Terbaru 2023

Honda PCX telah menjadi primadona di pasar sepeda motor selama bertahun-tahun, dan tahun 2023 menyaksikan peluncuran dua varian yang sangat dinanti, yaitu PCX ABS dan PCX CBS terbaru. Kedua model ini menawarkan teknologi dan fitur yang menarik, namun masing-masing juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda membuat keputusan pembelian. Dalam artikel ini, kami akan mengulas secara mendalam tentang kelebihan dan kekurangan dari PCX ABS dan PCX CBS terbaru tahun 2023.

Review PCX ABS

  • Kelebihan PCX ABS:

  1. Sistem Pengereman ABS Canggih: Kelebihan utama dari PCX ABS adalah sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System) yang canggih. Teknologi ini memastikan bahwa roda tidak terkunci saat pengereman mendadak, sehingga menghindari kemungkinan tergelincir dan menjaga stabilitas kendaraan. Hal ini memberikan tingkat keamanan yang tinggi, terutama saat menghadapi kondisi jalan yang licin atau basah.
  2. Fitur Kunci Immobilizer: PCX ABS dilengkapi dengan fitur kunci immobilizer, yang membuat motor hanya dapat dinyalakan dengan menggunakan kunci asli yang telah terdaftar pada sistem. Fitur ini dapat mencegah pencurian kendaraan dan memberikan rasa aman bagi pemilik.
  3. Performa Mesin Lebih Tinggi: PCX ABS seringkali dilengkapi dengan mesin yang lebih bertenaga, yang menawarkan performa lebih tinggi saat berkendara di jalan raya atau medan yang menantang. Ini bisa menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang menyukai pengalaman berkendara yang sporty dan dinamis.
  4. Pilihan Warna dan Varian: Honda sering menawarkan berbagai pilihan warna dan varian menarik untuk PCX ABS, memberikan opsi yang lebih beragam bagi calon pembeli untuk menyesuaikan dengan gaya pribadi mereka.
  • Kekurangan PCX ABS:

  1. Harga Lebih Tinggi: PCX ABS cenderung memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan model non-ABS atau dengan PCX CBS. Teknologi pengereman ABS mempengaruhi biaya produksi, sehingga mengakibatkan harga jual yang lebih tinggi.
  2. Konsumsi Bahan Bakar Sedikit Lebih Rendah: Meskipun performa mesin lebih tinggi, PCX ABS bisa mengalami sedikit penurunan dalam efisiensi bahan bakar dibandingkan dengan PCX CBS.
Viral :   Yamaha Mio S, Skutik untuk Wanita Dilengkapi Fitur Unggulan

Review PCX CBS

  • Kelebihan PCX CBS:

  1. Pengereman Terdistribusi Otomatis: PCX CBS dilengkapi dengan sistem pengereman CBS (Combi Brake System), yang secara otomatis mendistribusikan pengereman di kedua roda ketika tuas rem belakang diinjak. Ini meningkatkan stabilitas dan mengurangi risiko tergelincir saat pengereman.
  2. Harga Lebih Terjangkau: PCX CBS biasanya lebih terjangkau dibandingkan dengan PCX ABS. Bagi calon pembeli dengan anggaran terbatas, PCX CBS bisa menjadi pilihan yang lebih masuk akal.
  3. Efisiensi Bahan Bakar Lebih Baik: Mesin PCX CBS biasanya lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar, menjadikannya pilihan yang cocok untuk perjalanan sehari-hari dan perjalanan kota.
  • Kekurangan PCX CBS:

  1. Tidak Dilengkapi Sistem ABS: Salah satu kekurangan utama dari PCX CBS adalah ketiadaan sistem pengereman ABS. Meskipun sistem CBS efektif dalam distribusi pengereman, ABS menawarkan tingkat keamanan yang lebih tinggi dalam situasi darurat.
  2. Performa Mesin Sedikit Lebih Rendah: PCX CBS biasanya memiliki sedikit performa mesin yang lebih rendah dibandingkan dengan PCX ABS. Bagi pengendara yang menginginkan pengalaman berkendara yang lebih bertenaga, ini mungkin menjadi pertimbangan penting.

Kesimpulan

Memilih antara PCX ABS dan PCX CBS terbaru 2023 melibatkan pertimbangan atas kelebihan dan kekurangan masing-masing model. Jika Anda mengutamakan sistem pengereman canggih dan performa yang lebih tinggi, serta bersedia mengeluarkan anggaran lebih, maka PCX ABS bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika Anda mencari harga yang lebih terjangkau dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik, serta tidak memprioritaskan fitur ABS, maka PCX CBS adalah pilihan yang layak dipertimbangkan.

Sebelum membuat keputusan akhir, disarankan untuk mencoba kedua model ini secara langsung dan berkonsultasi dengan dealer resmi Honda untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Ingatlah bahwa preferensi dan kebutuhan pribadi Anda adalah faktor utama dalam memilih sepeda motor yang sesuai dengan gaya berkendara Anda. Selamat memilih dan semoga pengalaman berkendara Anda dengan Honda PCX terbaru 2023 menjadi lebih menyenangkan!