Kenali Penyebab Karburator Banjir dan Cara Mendeteksinya

Taukah anda dengan istilah karburator banjir ? Ya, karburator banjir adalah kondisi dimana bensin meluber dari karburator kendaraan anda. Penyebab karburator banjir pun disebabkan oleh banyak hal, yang jelas kondisi seperti ini sangat berbahaya untuk kendaraan anda. Hal ini dikarenakan bensin yang mudah terbakar jika sampai mengenai percikan api pada sistem pengapian bisa membakar kendaraan anda.

Salah satu penyebab karburator banjir adalah karburator tidak pernah diservis. Hal ini dikarenakan posisi karburator yang terpasang lebih rendah dari tanki bensin kedaraan, sehingga besar kemungkinan bensin mengalir ke karbu hingga meluber. Pada umumnya karburator tidak akan banjir walaupun terletak lebih rendah dari tanki bensin. Hal ini disebabkan karburator memiliki sistem pelampung yang secara otomatis menutup aliran bensin dari tanki dan berfungsi mejaga kondisi mangkuk karbu supaya tetap full. Dengan kata lain, jika karburator banjir berarti penyebab utamanya yaitu sistem pelampung yang ada pada karburator.

Viral :   Modifikasi Honda CRF 150L menjadi CRF Supermoto, Biayanya Segini

Sistem pelampung sendiri bekerja dengan memanfaatkan needle valve yang dijalankan oleh sebuah pelampung. Saat Mangkok karburator kosong, maka posisi pelampung akan bergerak kebawah sehingga needle valve secara otomatis membuka saluran bensin dari tanki dan bensin mengalir dari tanki ke dalam mangkok karbu. Saat kondisi mangkok karbu sudah penuh, pelampung akan secara otomatis naik keatas. Hal ini dikarenakan volume bensin yang meningkat, gerakan pelampung yang naik akan menggerakan needle valve untuk menutup aliran bensin, sehingga aliran bensin terhenti dan tekanan didalam ruang pelampung tidak berlebih.

Penyebab karburator banjir bisa disebabkan jika needle valve tidak sanggup menekan saluran untuk menghentikan aliran bensin, maka bensin akan terus mengalir dari tanki yang mengakibatkan melubernya bensin dikarenakan ruang pelampung meluap. Pengaruh yang ditimbulkan jika karbutaor motor anda banjir adalah bisa menyebabkan motor anda sulit dihidupkan. Karena campuran yang masuk tergolong gemuk atau mengandung terlalu banyak bensin yang bisa membuat busi menjadi basah dan tentunya proses pembakaran akan terganggu.

Viral :   Fungsi Dari FPR pada Motor Karbu. Simak Selengkapnya!

Lalu bagaimana cara mendeteksi kebocoran pada karburator ? Terkadang cara mendeteksi kebocoran pada karburator tidak cukup dengan mengandalkan visual saja. Hal ini dikarenakan karburator memiliki rangkain yang tertutup sehingga perlu analisa mendalam. Berikut Beberapa tanda tanda karburator mengalami kebocoran sehingga menjadi penyebab karburator banjir :

1. Bensin akan terasa lebih boros
2. Bensin akan terlihat menetesdari saluran ventilasi karbu
3. Mesin akan susah hidup
4. Bau bensin yang menyengat akan tercium dari asap knalpot
5. Asap yang dihasilkan akan berwarna gelap
6. Timbulnya rembesan pada sambungan selang udara yang ada pada karburator

Jika anda melihat ciri ciri kerusakan dari tanda tanda diatas, maka bisa dipastikan karburator mengalami kerusakan pada sistemnya. Dan diwajibkan untuk segera memperbaikinya agar kerusakan tidak berlanjut sehigga akan aman dan nyaman saat digunakan.