Fungsi Kunci Kontak
Kunci Kontak

Fungsi Kunci Kontak kendaraan Yang Jarang Diketahui

Fungsi Kunci Kontak kendaraan utamanya adalah sebagai saklar yaitu penghubung serta pemutus rangkaian pengapian dan rangkaian kelistrikan pada sepeda motor. Kunci kontak sendiri merupakan bagian dari serangkaian sistem yakni penguncian kendaran dan juga ignition switch untuk menyalakan mesin baik mobil maupun sepeda motor. Kunci kontak kendaraan bermotor memilki berbagai simbol serta singkatan yang bisa jadi tak selalu diperhatikan oleh pengguna. Akan tetapi jika kita mengerti satu persatu fungsi simbol pada kunci kendaraan kita, tentu kita akan terhindar dari kebingungan tentunya.

Mengutip dari laman resmi auto2000, dimana biasanya pada kunci kontak kendaraan bermotor terdapat tiga atau lebih terminal, diantaranya:

  •  Terminal utama pada kontak yaitu terminal B yang dihubungkan ke baterai.
  • Terminsl IG/ON dihubungkan ke koil pengapian
  •  Terminal ST dihubungkan ke selenoid starter.

Selain itu anda juga terminal nomor 4 pada sistem kerja kunci kontak kendaraan yakni ACC, dimana terminal ini terhubung langsung ke beberapa assesories kendaraaan bermotor yang memerlukan daya listrik, misalnya seperti lampu – lampu, headunit dan komponen – komponen lainnya. Berikut ini beberapa fungsi dari terminal pada kunci kontak kendaraan.

Viral :   Rekomendasi Motor Matic Terbaik di Indonesia

Daftar Isi

Fungsi Kunci Kontak kendaraan

  • Lock

Sesuai dengan namanya, posisi ‘lock’ adalah posisi dimana kunci kontak yang memungkinakan setir kendaraan tidak bisa diputar. Selain itu, terminal kunci kontak ‘lock’ ini memiliki peran utama dalam memutuskan seluruh daya listrik yang disalurkan ke seluruh komponen kelistrikan, sehingga garis besar kendaraan tersebut sudah terhitung mati total.

  • ACC

Jika posisi kunci kontak berada pada terminal ‘ACC’ atau Accessory (aksesoris), maka akan tercipta hubungan baru dari baterai atau aki untuk menyalurkan daya listrik ke seluruh aksesori kendaraan bermotor. Pada posisi terminal ini, mesin kendaraan tidak menyala, akan tetapi anda dapat menyalakan aksesori kendaraan seeprti headunit guna mendengarkan audio berupa radio ataupun lagu.

  • IG / ON

Saat kunci kontak pada terminal IG / ON akan membuat aki / baterai menghubungkan listrik di rangkaian mesin mobil. Baterai terminal ID ini dapat menyalakan berbagai perangkat kendaraan mulai dari sistem bahan abakr, EFI, pengisian dan lainnya. Tak hanya itu, lampu indikator pada dashboard mobil juga akan menyala, seperti lampu oli, temperatur, oli hingga check engine.

  • ST (Starter)

Berikutnya diantara fungsi kunci kontak pada kendaraan khususnya bila anda memutar kunci ke posisi terminal ST (Starter), maka aki kendaraan menjdai terhubung dengan motor starter. Lalu ada gerakan berputar dari motor starter yang membuat mesin menjadi hidup. Jika mesin kendaraan sudah hidup, biasanya posisi kunci mobil akan kembali lagi ke posisi IG/ON.

Viral :   Merk Knalpot BeAT ‘Racing’ Terbaik

Demikianlah informasi tentang Fungsi Kunci Kontak kendaraan bermotor. Semoga ulasan diatas bisa menanmbah wawasan dan bermanfaat bagi anda 🙂