Fungsi Kunci Kontak
Kunci Kontak

Fungsi Kunci Kontak kendaraan Yang Jarang Diketahui

Fungsi Kunci Kontak kendaraan utamanya adalah sebagai saklar yaitu penghubung serta pemutus rangkaian pengapian dan rangkaian kelistrikan pada sepeda motor. Kunci kontak sendiri merupakan bagian dari serangkaian sistem yakni penguncian kendaran dan juga ignition switch untuk menyalakan mesin baik mobil maupun sepeda motor. Kunci kontak kendaraan bermotor memilki berbagai simbol serta singkatan yang bisa jadi tak selalu diperhatikan oleh pengguna. Akan tetapi jika kita mengerti satu persatu fungsi simbol pada kunci kendaraan kita, tentu kita akan terhindar dari kebingungan tentunya.

Mengutip dari laman resmi auto2000, dimana biasanya pada kunci kontak kendaraan bermotor terdapat tiga atau lebih terminal, diantaranya:

  •  Terminal utama pada kontak yaitu terminal B yang dihubungkan ke baterai.
  • Terminsl IG/ON dihubungkan ke koil pengapian
  •  Terminal ST dihubungkan ke selenoid starter.

Selain itu anda juga terminal nomor 4 pada sistem kerja kunci kontak kendaraan yakni ACC, dimana terminal ini terhubung langsung ke beberapa assesories kendaraaan bermotor yang memerlukan daya listrik, misalnya seperti lampu – lampu, headunit dan komponen – komponen lainnya. Berikut ini beberapa fungsi dari terminal pada kunci kontak kendaraan.

Fungsi Kunci Kontak kendaraan

  • Lock

Sesuai dengan namanya, posisi ‘lock’ adalah posisi dimana kunci kontak yang memungkinakan setir kendaraan tidak bisa diputar. Selain itu, terminal kunci kontak ‘lock’ ini memiliki peran utama dalam memutuskan seluruh daya listrik yang disalurkan ke seluruh komponen kelistrikan, sehingga garis besar kendaraan tersebut sudah terhitung mati total.

  • ACC

Jika posisi kunci kontak berada pada terminal ‘ACC’ atau Accessory (aksesoris), maka akan tercipta hubungan baru dari baterai atau aki untuk menyalurkan daya listrik ke seluruh aksesori kendaraan bermotor. Pada posisi terminal ini, mesin kendaraan tidak menyala, akan tetapi anda dapat menyalakan aksesori kendaraan seeprti headunit guna mendengarkan audio berupa radio ataupun lagu.

  • IG / ON

Saat kunci kontak pada terminal IG / ON akan membuat aki / baterai menghubungkan listrik di rangkaian mesin mobil. Baterai terminal ID ini dapat menyalakan berbagai perangkat kendaraan mulai dari sistem bahan abakr, EFI, pengisian dan lainnya. Tak hanya itu, lampu indikator pada dashboard mobil juga akan menyala, seperti lampu oli, temperatur, oli hingga check engine.

  • ST (Starter)

Berikutnya diantara fungsi kunci kontak pada kendaraan khususnya bila anda memutar kunci ke posisi terminal ST (Starter), maka aki kendaraan menjdai terhubung dengan motor starter. Lalu ada gerakan berputar dari motor starter yang membuat mesin menjadi hidup. Jika mesin kendaraan sudah hidup, biasanya posisi kunci mobil akan kembali lagi ke posisi IG/ON.

Viral :   5 Penyebab Knalpot Motor Nembak Pas Lepas Gas

Cara Memperbaiki kunci kontak yang rusak

Kunci kontak kendaraan bisa saj longgar atau dol sehingga berisiko terjadinya pencurian. Apalagi jika anda sedang lengah sehingga kunci kontak kendaraan justru membuat anda menjadi kerepotan. Misalnya kunci bisa terjatuh saat anda berkendara.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kunci kontak berguna untuk menyalakn sistem kelistrikan pada suatau kendaraan. Adapun caranya bisa dengan manual ataupun bisa juga dengan starter. Karena perannya cukup penting, maka sebaiknya anda harus rutin mengeceknya serta merawatnya supaya kondisinya tetap prima. Salah satu hal yang paling sering terjadi adalah kunci kontak yang rusak atau sudah longgar. Makanya tak heran terkadang ada kunci motor yang terjatuh ditengah jalan. Untuk mencegah hal-hal buruk ini terjadi, ada baiknya anda perlu mengetahui bagaimana cara memperbaiki kunci kontak kendaraan yang bermasalah ini. Mari simak ulaannya selengkapnya dibawah ini!

  • Mengganti satu set kunci kontak kendaraan

salah satu cara yang ampuh dan juga aman ialah dengan menggantinya dengan yang baru. Akan tetapi jika kunci kontak longgar serta kondisinya memang sudah tidak bisa lagi diperbaiki maka jalan satu satunya adalah dengan menggantinya dengan unit yang baru. Sebelum kejadian ini juga anda alami,  alangkah baiknya sering seringlah untuk memeriksa kondisi semua komponen pada kendaraan terutama bagian anak kunci kontak dan rumahnya.

  • Membuat kunci kontak duplikat

ADa banyak penyebab yang membuat kunci kontak kendaraan bermasalah. Jika ternayata kunci kontak kendaraan anda longgar ataupun dol maka segeralah membuat kunci  duplikatnya. Sebab kunci yang longgar atau dol bisanya hilang gigi, maka anda dapat membawanya langsung kepada tukang kunci. Sehingga anda tak perlu bingung ataupun khawatir jika sewaktu-waktu terjadi masalah yaitu kunci longgar.

Viral :   Berapa Harga Motor Listrik Yamaha

Tips perawatan kunci kontak kendaraan

Karena perannya yang cukup penting maka sebaiknya anda harus melakukan perawtan yang tepat. Bahkan bukan hanya untuk mengatasi kunco kotak yang kendur, tipa berikut ini juga supaya kunci kontak ;menjadi lebih awet tahan lama.

  • Ketika mencuci kendaraan, pastikan bagian lubang kunci terhindar dari penyiraman air secara langsung.
  • Berikan pelumas di lubang kunci kontak supaya tidak seret dan hindari penggunaan oli bekas.
  • Ingat, masukkan serta keluarkan kunci kontak pada posisi dan kondisi yang pas. Jika ternyata sulit, maka jangan dipaksa karena hal ini akan membuat masalah baru.
  • Selain tiu, jangan gunakan aksesoris ataupun mainan anak kunci yang berat karena hal ini bisa merusak gigi pada kunci kontak kendaraan anda

Demikianlah informasi tentang Fungsi Kunci Kontak kendaraan bermotor. Semoga ulasan diatas bisa menanmbah wawasan dan bermanfaat bagi anda 🙂