Fungsi Magnetic Switch Motor Starter
Fungsi Magnetic Switch Motor Starter

Fungsi Magnetic Switch Motor Starter dan Cara Kerjanya

Fungsi Magnetic Switch Motor Starter untuk mengatur arus yang masuk ke daerah field coil / kumparan. Selain itu Magnetic Switch Motor Starter juga berperan mengontrol gigi pinion dengan mendorong & menariknya. Sepeda motor starter kini menjadi kendaraan yang paling praktis dan juga efisien dalam menyalakan mesin, dimana didalamnya terdapat beberapa komponen penting untuk pengoperasiannya salah satunya Magnetic Switch Motor Starter yang tengahh kita bahas ini.

Magnetic Switch Motor Starter atau saklar magnet ini fungsinya sebagai switch utama. Magnetic Switch ini terdiri dari rumah, tutup selenoid, pull in coil serta hold in coil. Maka pinion keluar dan siap berkait dengan roda penerus. Biasanya gerakan plunger sangat tergantung pada kekuatan magnet pull in coil & hold in coil. Komponen plunger sendiri akan tertarik bila kekuatan magnet dari hold in coil & pull in coil saling menguatkan serta searah. Namun plunger akan kembali ke posisi semula jika kekuatan magnet dari keduanya berlawanan arah dan saling menghapuskan.

Viral :   Informasi Lengkap Motor X Ride 125 dari Yamaha

Cara Kerja Magnetic Switch pada Motor Starter

Untuk menunjang Fungsi Magnetic Switch maka ada beberapa komponen lain yang berkaitan. Magnetic Magnetic Switch Motor Starter bekerja pada saat ada aliran arus ketika kunci kontak berada di posisi ST. Dalam posisi normal, terminal 30 & terminal motor terputus, alhasil arus baterai terminal 30 hanya berada di ujung terminal. Nah, saat starter diaktifkan maka ada aliran arus pemicu yang berasal dari rangkaian kontrol menuju terminal ST pada solenoid starter, dimana arus itu anantinya akan dihubungkan ke pull in coil yang akan mengahasilkan gaya elektromagnetik di sekitar coil yang mendorong plunger untuk bergerak maju. Jika plunger sudah mencapai posisi terjatuh, maka pull in coil akan berpindah ke hold in coil. Sehingga gaya dorong akan berhenti tetapi plunger masih tertahan oleh hold in coil.

Viral :   Tips Memilih Aki Motor yang Bagus dan Berkualitas

Adapun ketika bergerak maju, pelat di depan plunger akan terdorong untuk menyentuh kedua terminal tersebut, sehigga muncul aliran arus dari terminal 30 yang melewati pelat besi ke terminal  motor. Pada akhirnya arus itu bisa terdistribusikan ke rangkaian uutama motor starter dan motor pun bberputar. Pada sisi belakang, gerakan plunger akan mendorongg pinion gear suapaya terkait fly wheel. Maka ketika motor berputar, fly wheel juga ikut berputar. Jika kontrol starter dimatikan, maka hold in coil juga akan berhenti beroperasi dan tak ada lagi gaya yang menahan plunger.

Demikianlah informasi tentang Fungsi Magnetic Switch Motor Starter beserta Cara Kerjanya dari wartaoto.com. Semoga bermanfaat 🙂