Fungsi Relay Starter Motor
Relay Starter Motor

Fungsi Relay Starter Motor yang Harus Anda Ketahui

Fungsi Relay Starter Motor untuk mengandalikan serta mengalirkan listrik supaya sepeda motor starter dapat dinyalakan dengan menekan tombol. Sama halnya serupa dengan komponen lainnya, Fungsi Relay Starter Motor ini juga bisa mengalami kerusakan. Kerusakan komponen Relay Starter Motor ini biasanya karena usia pemakaian atau adanya korsleting di sistem kelistrikan sepeda motor.

Nah, Relay starter motor sendiri terdapat pada bagian sistem aliran listrik ssepeda motor yang merupakan saklar dimana fungsinya sama dengan listrik rancangan rumah. Relay Starter Motor bisa menghentikan atau mengalirkan arus listrik dari sumbernya tetapi daya yang tersedia tetap diatur dari sumber listrik secara langsung. Relay merupakan bagian dari elektromagnetikal yang mempunyai dua bagian yakni mekanikal yang berbentuk saklar dan elektromagnetik. Relay juga berperan untuk mengubah aliran listrik kecil menjadi lebih besar setelaj dikumpulkan di Relay, sehingga daya listrik yang dihantarkan menjadi lebih besar sesuai dengan arus yang dibutuhkan oleh komponen – komponen di sepeda motor. Ini sangat penting dilakukan karena agar terhindar dari terjadinya arus pendek pada sistem aliran listrik motor. Untuk lebih jelanya wartaoto.com telah merangkum beberapa fungsi relay.

Viral :   Motor Trail Injeksi, Review Honda CRF150L, Harga dan Spesifikasi

Daftar Isi

Fungsi Relay Starter Motor

  • Menjalankan fungsi logika

Atau dengan kata lain relay ini berperan menjalankan arus listrik sebagaimana seharusnya, sehingga relay ini akan memastikan aliran listrik yang mengalir pada seluruh komponen dengan tepat baik jumlah ataupun waktunya.

  • Menunda arus listrik

Penundaan aliran listrik ini juga salah satu Fungsi dari Relay Starter Motor yang artinya menyimpan arus listrik yang besar bila kumparan bersumber daya listrik ini menghasilkan arus yang besar serta mengeluarkan sedikit demi sedikit sebagaimana seharusnya. Sementara sumber daya listrik yang sangat kecil juga akan dikumpulkan dahulu di Relay, sehingga fungsi relay lebih mirip stabilizer ketika arus listrik yang dihasilkan tidak stabil.

  • Saklar menjadi lebih awet

Relay juga dapat memperpanjang usia saklar karena beban atau kinerja saklar utama menjadi berkurang karena dibantu oleh komponen Relay ini.

  • Untuk kunci pengaman

Fungsi Relay Starter Motor Juga sebagai kunci pengaman yaitu dengan dihubungkan ke perangkat – perangkat tertentu lainnya.

  • Sebagai pelindung perangkat saat terjadi arus pendek

Beberapa jenis Relay yang bagus kini telah dilengkapi dengan kemampuan untuk mencegah terjadinya konsleting yang disebabkan oleh hubungan arus pendek. Maka dengan adanya Relay ini tidak akan merusak sumber listrik maupun perangkat lainnya yang membutuhkan. Istrik.

Viral :   Yamaha VMax, Motor Flagship Kelas Berat