Fungsi ECO Pada Motor BeAT
ECO Indikator

Fungsi ECO Pada Motor BeAT dan Gejala Kerusakannya

Fungsi ECO Pada Motor BeAT Adalah sebagai indikator keiritan bahan bakar ketika berkendara, maka saat lampu indikator menyala berarti cara berkendara anda berada dalam posisi yang cukup irit bahan bakar. Sepeda motor keluaran terbaru kini sudah dilengkapi berbagai fitur yang modern, termasuk ECO pada motor Beat. ECO indikator salah satu fitur modern yang banyak tersedia di motor Honda, seperti BeAT atau Scoopy. Nah, apa sebenarnya fungsi ECO indikator ini & bagaimana cara kerjanya? Lalu bagaimana jika ECO indikator ini rusak? Yuk Simak terus ulasan wartaoto.com berikut ini.

ECO Indikator sendiri biasanya berwarna hijau dan terletak disebelah angka 0 spidometer. Dan Fungsi ECO pada motor BeAT sebenarnya diterapkan Honda pada All New BeAT eSP. Menurut President of Honda R&D Southeast Asia Co., Ltd., Hikaru Tsukamoto, Fungsi ECO adalah untuk memandu saat berkendara agar lebih efisien.

Viral :   Modifikasi NMAX 2021 Dengan Konsep Simpel

Adapun cara kerjanya, ECO indikator akan membaca speed sensor yang dikombinasi penggunaan bensin pada injektor yang telah diatur oleh ECM” kata Endro Sutarno, sebagai Technical Service Division PT Astra Honda Motor. Menurutnya Fungsi ECO Pada Motor BeAT memiliki tiga kondisi:

  1. Pertama kondisi ECO indikator Mati yaitu pada saat mesin stasioner dan kecepatan kurang dari 3 kjp (kilo meter perjam) atau lebih 67 kjp. Ini juga berlaku ketika speed sensor motor anda rusak & saat quick open throttle / gas dibuka secara kasar/brutal. Pada kondisi ini konsumsi bahan bakar rata-rata diklaim hanya sekitar 34-63 km/lt.
  2. Kondisi kedua yaitu ECO indikator menyala namun redup, artinya kecepatan berada antara 3 kjp hingga 67 kjp dengan tarikan gas sedang dan konsumsi bahan bakar kira-kira 34-63 km/lt.
  3. Kondisi ECO indikator menyala terang artinya kecepatan sama antara 3 kilo meter perjam hingga 67 kilo meter per jam. Akan tetapi dengan bukaan gas / tarikan gas lebih perlahan & tidak terlalu besar maka konsumsi bahan bakar bisa lebih darai 63 km/lt.
Viral :   Keunggulan Yamaha Lexi S, Desain Nyaman dan Modern

Gejala Kerusakan pada ECO indikator

Ribut Wahyudi, kepala bengkel Honda Motor mengatakan gejala rusaknya ECO indikator pada motor BeAT ditandai dengan lampu yang menyala terus atau yang matii total ketika berkendara, atau lampu indikator berkedip-kedip sehingga keiritan berkendara menjadi tak akurat lagi. Hal ini terjadi karena lampu sensor & komponen kelistrikan bermasalah. “Bila lampu ECO indikator rusak, kemungkinan ada 2 penyebabnya yaitu ada kerusakan di bagian sensor speed atau di bagian ECM (Engine Control Module)” jelas Ribut. Untuk perawatan fitur ECO indikator ini, perhatikan cara mengatur bukaan gas dan cara verkendara yang benar lainnya.

Kata Pencarianpenyebab lapu eco honda beat mati