Fungsi Klep Motor
Klep Motor

Fungsi Klep Motor dan Gejala Kerusakannya

Fungsi Klep Motor ialah sebagai pengontrol atau pengaman sirkulasi agar tidak terjadi pencampuran zat yang bisa menimbulkan ketidaknormalan pada sepeda motor. Klep motor memiliki fungsi yang cukup signifikan. Terkadang motor tidak bisa dijalankan itu karena klep motor tidak berfungsi sehingga mengganggu performa motor. Semakin besar kerja mesin pada motor, maka semakin besar juga pengamanan yang diperlukan.

Klep motor sendiri merupakan komponen motor yang punya peran penting dalam performa kendaraan yaitu sebagai pengaman mesin sepeda motor. Dan fungsi klep motor biasanya terdapat pada jenis motor 4 tak dan tak tersedia untuk jenis motor 2 tak.

Selain sebagai pengaman atau pengontrol pada mesin motor, klep motor juga berfungsi sebagai pengunci material yang akan dibakar pada ruang pembakaran, sehingga tidak terjadi kebocoran saat proses pembakaran berjalan dan tenaga yang dihasilkan menjadi lebih maksimal.

Tak hanya itu, pada proses pembuang,  Fungsi klep motor juga sebagai pemidah antara jalan masuk euang pembakar dan udara keluar. Lalu melalui klep, zat sisa dari proses pembakaran itu keluar ke knalpot. Untuk lebihrincinya wartaoto.com telah mengumpulkakn fungsi-fungsi klep pada motor beserta cara perawatannya.

  1. Klep motor sebagai Sekat
Viral :   Undang-undang Ini Atur Larangan Aktivitas saat Bermotor

Setiap motor pasti mengalami proses pembakaran ketika mesin motor mulai bekerja dan menghasilkan kepulan asap sebagai buangan dari hasil pembakaran. Nah, kepulan aasap ini, sebelum menuju knalpot, terdapat klep yang fungsinya memisahkan antara pintu udara keluar dan pintu ruang pembakaran. Maka disinilah peran penting klep motor sebagai pengontrol sirkulasi agar zat-zat tadi tidak tercampur.

  1. Mengeluarkan zat buangan pembakaran dari ruang bakar

Fungsi klep juga mengeluarkan zat-zat buangan yang berasal dari proses pembakaran.

  1. Memasukkan material pembakaran pada ruang bakar

Klep akan memasukkan material pembakaran diruang bakar dan menguncinya agar tidak terjadi kebocoran ketika proses pembakaran.

Selanjutnya mengetahui gejala-gejala kerusakan pada klep motor itu penting, karena untk meminimalisir hal-hal yang tak diinginkan dikemudian hari. Klep motor perlu disetel ulang jika kondisinya sudah tidak normal. Mengingat funsi klep motor sangat komplek, alangkah baiknya Anda lebih teliti merawatnya. Berikut tanda atau gejala klep motor yang rusak:

Gejala Kerusakannya

  • Tarikan lebih berat
Viral :   Cara Mudah Merawat Cat Motor Agar Awet, Mengkilap dan Terlihat Baru

Bila klep sudah tidak stabil dan harus diganti biasanya tarikan mesin terasa lebih berat dari biasanya. Walaupun tak bisa dipungkiri bisa saja ada komponen lain yang mengalami kerusakan. Untuk itu, silahkan cek kembali seberapa besar kerusakan pada klep motor Anda.

  • Suhu mesin lebih panas dari biasanya ketika digunakan

Suhu mesin akan naik ketika digunakan dan ini wajar. Akan tetapi jika mesin terlalu cepat panas saat digunakan, kemungkinan klep motor perlu disetel ulang

  • Terdapat suara ngelitik di mesin

Klep motor tentu  memiliki masa pemakaian dan ia akan menunjukkan tanda ketika kinerja funsinya sudah menurun atau tak stabil lagi. Salah satu tandanya ialah dengan munculnys suara menggelitik pada mesin motor. Hal ini terjadi karena klep telah mengalami pemgikisan di bagian retainer capnya dan permukaan gesek. Untuk mengantisipasi gejala-gejala diatas, Anda perlu melakukan perawatan yang rutin pada klep motor dengan baik. Anda bisa mengecek klep motor Anda dan segera menyetel ulang ketika keadaan nya sudah tidak stabil lagi.