Fungsi Relay Pada Motor
Relay Motor

Fungsi Relay Pada Motor. Simak Selengkapnya!

Fungsi Relay Pada Motor adalah untuk menjaga kestabilan arus listrik yang digunakan oleh komponen yang membutuhkan daya listrik, seperti lampu-lampu LED/HID ataupun klakson. Sehingga, ketika Anda mengganti lampu LED/HID atau klakson, relay motor wajib dipasang. Cara kerja relay pada motor juga sangat sederhana yaitu sebagai pemutus & penghubung arus Listrik yang mirip seperti saklar. Hanya saja fungsi relay pada motor ini dilakukan dengan otomatis dan sangat cepat. Pada relay motor, terdapat dua komponen utama yang mendukung kinerja relay pada motor, yaitu bagian elektromagnet (kumparan) yang tugasnya untuk mengetahui kapapn arus harus diputus serta disambungkan, dan bagian yang mirip saklar atau kotak.
Relay pada motor biasanya menggunakan relay yang arusnya kecil, bentuknya kompak dan juga transparan. Dengan desain relay yang seperti ini dapat memudahkan pemasangan dan mudah saat dicek kerusakannya. Mekanik Barokah Motor Jagakarsa, Topik mengatakan “ketika kontak point terhubung, maka listrik bisa mengalir, sedangkan jika kontak point kondisinya terbuka, maka listrik akan terputus (mirip kinerja platina)”

Viral :   Kawasaki Ninja H2R, Motor Balap Berteknologi Supercharger

Fungsi Relay Motor
• Menunda arus listrik
Fungsi Relay motor yang pertama ialah untuk menyimpan arusu listrik yang besar saat kumparan menghasilkan arus yang besar dan mengeluarkannya sedikit demi sedikit. Maka peran relay motor ini seperti stabilizer untuk arus listrik saat aliran listrik tidak normal.
• Sebagai pelindung perangkat listrik saat arus pendek
Beberapa fungsi relay pada motor sudah dilebgkapi fitur pencegah konsleting yang disebabkan oleh hubungan arus pendek. Sehingga, relay ini dapat meminimallisir rusaknya sumber listrik atau perangkat-perangkat yang membutuhkan arus listrik.
• Fungsi saklar bisa lebih awet
Fungsi relay juga membantu beban saklar, oleh karena itu usia sasklar utama menjadi lebih awet.
• Sebagai pengunci
Relay pada motor juga berfungsi sebagai pengunci keamanan yang dihubungkan pada perangkt tertentu.
• Pendukung asessories
Relay juga bisa memaksimalkan kinerja aki ketika motor melakukan modifikasi dan memerlukan konsumsi daya yang lebih besar. Jika tak ada relay, aki bisa cepat tekor karena pemasangan asessories yang tidak sesuai dengan standar pabrik.

Viral :   Kamu Harus Tau !!! Inilah 5 Contoh Modifikasi Honda Beat Yang Banyak Diminati

Jadi secara garis besar, fungsi relay pada motor ini untuk mengontrol beban arus listrik yang besar hanya dengan arus listrik yang kecil dan mengalirkan aliran listrik ke bagian-bagian tertentu dengan jumlah yang tepat. Untuk mengecek relay motor yang rusak sangat mudah karna bentuknya yang transparan, yaitu ditandai dengan kondisinya yang gosong.