sim b2 untuk pengendara apa
Foto: carmudi.co.id

SIM B2 Untuk Pengendara Apa?

SIM B2 Untuk Pengendara Apa saja dan Apa Itu SIM B? SIM B itu Surat Izin Mengemudi Jenis B yang dikeluarin oleh pihak yang berhak buat ngasih izin seseorang buat nyetir kendaraan bermotor roda empat dengan kapasitas mesin dan muatan tertentu. SIM B berlaku di seluruh Indonesia dan dikeluarin oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) polisi daerah.

Jenis jenis SIM B

Ada dua jenis Sim B yang dipake di Indonesia yaitu SIM B Perseorangan dan SIM B Kendaraan Umum. Ini penjelasannya:

SIM B Perseorangan

  • SIM B1
    Buat kamu yang nyetir mobil penumpang dan barang perseorangan dengan berat lebih dari 3.500 kg bisa pake SIM B1. Biasanya mobil yang dipake sama yang punya SIM B1 itu mobil bus perseorangan atau buat angkut barang sendiri.
  • SIM B2
    SIM B2 buat kamu yang nyetir kendaraan alat berat, penarik, atau truk gandeng perseorangan. Buat berat maksimal berat kendaraan penarik lebih dari 1.000 kg bisa pake SIM ini.

SIM B Kendaraan Umum

  • SIM B1 Umum
    SIM B1 Umum itu jenis SIM buat kamu yang nyetir mobil penumpang sama barang dengan tujuan bisnis. Berat yang boleh sama SIM ini boleh lebih dari 1000 kilogram.
  • SIM B2 Umum
    SIM B2 Umum ini dipake buat kamu yang nyetir kendaraan penarik atau bermotor dengan gandengan. Berat kendaraan yang boleh maksimal lebih dari 1.000 kg.

Syarat dan Persyaratan buat Dapetin SIM B

Buat dapetin SIM B, calon pengendara harus ngikutin beberapa syarat dan persyaratan ini:

  1. Ngikutin aturan usia yang berlaku buat bikin SIM.
  2. Calon pengendara harus sehat fisik dan kesehatannya dan gak punya cacat fisik yang bikin susah nyetir yang dibuktikan sama surat keterangan dari dokter.
  3. Calon pengendara harus sekolah minimal SMP atau yang setara.
  4. Calon pengendara harus ikut dan lulus ujian teori tentang aturan lalu lintas dan tanda-tanda sama rambu-rambu jalan. Materi ujiannya beda dikit karena pengemudi harus ngerti materi tentang tonase, kelas jalan, sampe cara angkut.
  5. Abis lulus ujian teori, calon pengendara harus ikut ujian praktek nyetir buat nunjukin kemampuan nyetir yang aman dan bener. Ujian praktek juga ada ujian maju mundur, jalan di tempat yang sempit dan parkir paralel dan seri.
  6. Calon pengendara harus bawa dokumen pendukung kayak fotokopi KTP, fotokopi KK, pas foto, dan bayar administrasi sesuai ketentuan.
Viral :   Kenali Beberapa Penyebab RPM Mobil Karburator Tidak Stabil

SIM B2 untuk pengendara apa? Apa Boleh Untuk Segala Jenis Kendaraan?

Surat Izin Mengemudi atau SIM dibagi jadi beberapa golongan. Paling sering yang punya adalah SIM A dan C, masing-masing buat nyetir mobil dan motor sendiri.
Di atasnya lagi ada SIM B1, sebagai legalitas nyetir mobil penumpang dan barang perseorangan, yang beratnya lebih dari 3,5 ton.
Terus SIM B2 buat nyetir kendaraan yang lebih gede dan panjang dengan gandengan yang beratnya lebih dari 1 ton.

Nah banyak orang mikir, SIM B2 ngasih legalitas buat bisa nyetir semua jenis kendaraan, kecuali sepeda motor. Apakah bener?

Kasi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya AKP Agung Permana ngiyain. Dasar hukumnya ada di dalam Pasal 84 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
“SIM B2 boleh nyetir kendaraan bermotor dengan kendaraan yang sama jumlah beratnya, atau lebih kecil,” katanya ke kumparan, Rabu (4/11). Di poin d Pasal itu dijelasin SIM B2 bisa berlaku buat nyetir kendaraan bermotor, yang seharusnya pake SIM A, dan SIM B1. Bahkan SIM B2 Umum lebih spesial lagi, karena bisa langsung nyetir kendaraan bermotor yang seharusnya pake SIM A, SIM A Umum, SIM B1, SIM B1 Umum, dan SIM B2.
Soalnya prosedur ngeluarin SIM B2 termasuk SIM B2 Umum punya syarat khusus. Pemohon harus bertahap punya SIM A, terus SIM B1, baru deh SIM B2. Gampangnya SIM A itu syarat wajib punya SIM B1, begitu juga SIM B jadi syarat wajib ngeluarin SIM B2.

Viral :   Fungsi Suction Control Valve: Komponen, dan Cara Kerjanya

Tapi pas udah punya SIM A gak langsung boleh punya SIM B1, pemohon harus umur minimal 20 tahun dan paling cepet pegang SIM A selama satu tahun.
Terus buat SIM B2, umur minimal pemohon 21 tahun, dan punya kemampuan nyetir kendaraan gede yang ditunjukin sama punya SIM B1 selama setahun. Khusus syarat punya SIM B2 Umum agak ribet. Soalnya harus punya SIM A dulu setahun dan umur 20 tahun, baru bisa dapet SIM A Umum.

Selanjutnya buat dapet SIM B1 Umum, kamu harus punya SIM B1 juga minimal setahun dan umur 22 tahun. Baru syarat punya SIM B2 Umum, wajib punya SIM B2 atau SIM B1 setahun, juga umur minimal 23 tahun.

Gak kalah penting, setiap ngeluarin SIM Umum, harus lulus ujian teori ngasih tau pengetahuan tentang pelayanan dan fasilitas umum, pengujian kendaraan bermotor, cara angkut orang dan atau barang, jenis barang bahaya, dan cara pake peralatan keamanan.
Selain itu juga harus lulus ujian praktik kayak naik dan turunin penumpang, cara angkut, isi surat muatan, sampe etika nyetir kendaraan umum.