Shampo mobil salju

Langkah – Langkah Sederhana Cara Membuat Shampo Mobil Salju

Cara Membuat Shampo Mobil Salju – Tentunya kalian pernah melihat disetiap cucian steam mobil biasanya menggunakan sabun yang hasilnya menyerupai salju. Shampo mobil salju atau snow foam yang ada di tempat cuci steam biasanya dihasilkan dari sebuah tabung bertekanan, dimana air sabun dimasukan ke dalam tabung untuk mendapatkan tekanan, kemudian tabung diberi angin dari mesin kompressor.

Nah kali ini wartaoto akan memberikan langkah – langkah sederhana cara membuat shampo mobil salju yang bisa anda lakukan sendiri dirumah. Untuk membuat shampo mobil salju ada beberapa bahan yang harus dipersiapkan, di antaranya :

Cara Membuat Shampo Mobil Salju

Bahan – Bahan

  • Wing Biru atau Sunlight
  • Rinso
  • Sampo Pantene atau Lifeboy
  • Minyak goreng 10 sendok makan
  • Gliserin 100 ml kalau anda
  • Garam 250 gram
  • molto atau Downy 1 sascet

Peralatan Cara Membuat Shampo Mobil Salju

  • Panci
  • Wadah Penampan
  • Pengaduk
  • Botol Kemasan 1500ml

Langkah Membuat Shampo Mobil Salju

  • Siapkan Air panas 1 liter, pertama larutkan dulu wing biru dan rinso kedalam Air panas kira kira saja tidak sampai 1liter
  • tambahkan garam , Minyak goreng, dan gliserin kalau gliserin tidak ada tidak apa apa karena gliserin membuat bahan lebih lembut.
  • Aduk bahan yang tercampur air panas secara berlahan – lahan sampai larut, setelah larut tambahkan sampo pantene atau lifeboy dan molto sebagai pewangi, pewangi di tujukan untuk memancing para orang yang mau cuci motor karena wangi.
  • Setelah teraduk rata tambahkan air panas dan juga tambahkan air hingga 5liter, setelah itu kemas dalam botol aqua besar dan siap digunakan.
  • Untuk memaksimalkan busa pada air simpan selama 2 hari baru di gunakan, semakin lama tersimpan busa yang di hasilkan semakin melimpah.

Untuk membuat skala banyak tinggal anda bandingkan nilainya

  • 1 botol Shampo ukuran 10ml atau 100ml
  • 1 Wing sascet atau sunlight 10ml
  • 2 Rinso Sascet
  • 100 ml Minyak goreng
  • 100 ml Gliserin
  • 250 grm Garam
  • 2 Sascet Molto atau Downy
  • 10 liter Air

jika anda ingin sedikit kental tambahkan pengetal seperti memakai bahan Camperlan

Efek dan Fungsi Bahan

  • Air panas bertujuan untuk melarutkan semua bahan senyawa agar menjadi senyawa komplet dengan menjadi senyawa komplet membuat hasilnya menjadi maksimal.
  • Wing Biru Bertujuan untuk memperbanyak busa saja
  • Rinso Bertujuan untuk menghilangkan Noda Noda yang cukup keras karena rinso Bersifat Panas di tangan
  • Shampo tentunya jika anda ingin membuat shampo mobil sendiri membutuhkan lebih banyak lagi bahan shampo dengan memakai shampo untuk rambut sudah cukup dimana hanya beberapa bahan aktif shampo itu sendiri jadi usahakan shampo yang di gunakan memiliki efek yang baik untuk bodi cat motor, seperti Pantene hitam,Zinc hijau,lifeboy merah
  • Penggunaan shampo yang sudah disebutkan diatas bertujuan agar cat tidak mudah pudar.
  • Minyak Goreng fungsinya untuk membuat busa menjadi lebih tahan lama sekitar 10 detik atau seper 5 menit, dan juga membuat body cat menimbulkan minyak.
  • Gliserin fungsinya untuk membuat lembut hasil busa dan membuat busa lebih tahan lama lagi.
  • Garam fungsinya untuk mengikat busa menghasilkan lebih banyak lagi hingga 3 kali lipat dari hasil busa dan membuat tekstur busa lebih keras,tidak mudah rusak.
  • Molto atau Downy fungsinya untuk memperhalus dan mengawetkan cat pada umumnya di gunakan untuk pakaian, sehingga lebih harum
Viral :   Titik Tumpu Dongkrak Avanza : Fungsi & Cara Menggunakannya

Tips Mencuci Mobil Dengan Sampo Mobil Salju

Mencuci mobil adalah kegiatan yang penting untuk menjaga kebersihan dan tampilan mobil Anda tetap prima. Namun, mencuci mobil tidak selalu mudah, terutama jika Anda ingin mencuci mobil dengan benar dan menghindari kerusakan pada cat atau aksesori mobil Anda. Salah satu cara untuk mencuci mobil dengan aman dan efektif adalah dengan menggunakan sampo salju.

Sampo salju adalah produk pembersih khusus yang dirancang untuk mencuci mobil, terutama pada cuaca dingin dan bersalju. Sampo ini mengandung bahan kimia yang dapat membersihkan kotoran dan noda pada mobil dengan mudah, tanpa merusak cat atau aksesori mobil Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk mencuci mobil dengan sampo salju:

  1. Siapkan semua peralatan yang dibutuhkan Sebelum mulai mencuci mobil dengan sampo salju, pastikan Anda sudah menyiapkan semua peralatan yang dibutuhkan, seperti ember, sikat, kain lap, dan sampo salju. Pastikan juga Anda mencuci mobil di tempat yang aman dan terlindungi dari sinar matahari langsung.
  2. Bersihkan mobil dengan air Sebelum menggunakan sampo salju, bersihkan mobil dengan air terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran yang kasar dan debu yang menempel pada mobil. Gunakan air bersih dan tekanan rendah agar tidak merusak cat mobil.
  3. Campurkan sampo salju dengan air Setelah mobil bersih dari kotoran kasar, campurkan sampo salju dengan air di dalam ember dengan rasio yang ditentukan pada kemasan sampo salju. Pastikan untuk mengaduk campuran sampai tercampur merata.
  4. Aplikasikan sampo salju ke mobil Setelah campuran sampo salju dan air siap, aplikasikan sampo salju ke mobil dengan menggunakan sikat atau spons mobil. Pastikan untuk mencuci mobil satu bagian per satu bagian untuk memastikan semua bagian mobil tercuci bersih.
  5. Bilas mobil dengan air bersih Setelah semua bagian mobil dicuci dengan sampo salju, bilas mobil dengan air bersih untuk menghilangkan semua sisa sampo salju dan kotoran. Pastikan untuk membilas mobil secara merata dan teliti agar tidak ada sisa sampo salju yang tertinggal.
  6. Keringkan mobil dengan kain lap Setelah mobil dicuci dan dibersihkan, keringkan mobil dengan menggunakan kain lap yang bersih dan kering. Pastikan mobil kering dengan sempurna agar tidak meninggalkan noda pada cat mobil.
Viral :   Mobil Baru GIIAS 2023: Spesifikasi dan Harga di Indonesia

Ikuti tips di atas untuk mencuci mobil dengan sampo salju dengan benar dan mendapatkan hasil yang optimal.

Kelebihan dan Kekurangan Mencuci Mobil dengan Sampo Mobil Salju

Mencuci mobil dengan sampo mobil salju adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga mobil tetap bersih dan menghilangkan kotoran yang menempel pada mobil. Sampo mobil salju biasanya digunakan pada musim dingin untuk membersihkan mobil yang terkena salju, es, dan kotoran jalanan. Namun, seperti halnya dengan semua metode pencucian mobil, mencuci mobil dengan sampo mobil salju memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan apakah metode ini cocok untuk Anda.

Kelebihan:

  1. Membersihkan dengan efektif Sampo mobil salju mengandung bahan kimia khusus yang dirancang untuk membersihkan kotoran dan noda pada mobil dengan mudah. Bahan kimia ini juga membantu melindungi cat mobil dari kerusakan dan membuat mobil terlihat bersih dan berkilau.
  2. Lebih mudah dibersihkan Kotoran dan noda pada mobil yang biasanya sulit dibersihkan pada saat musim dingin, seperti bekas garam, es, dan kotoran jalanan, dapat dengan mudah dibersihkan dengan sampo mobil salju.
  3. Hemat waktu Mencuci mobil dengan sampo mobil salju membutuhkan waktu yang lebih sedikit dibandingkan dengan metode pencucian mobil lainnya. Anda hanya perlu mencampurkan sampo dengan air, mengaplikasikannya ke mobil, dan membilasnya dengan air bersih.

Kekurangan:

  1. Biaya yang lebih tinggi Sampo mobil salju cenderung lebih mahal dibandingkan dengan sampo mobil biasa. Hal ini mungkin tidak cocok bagi beberapa orang yang ingin menghemat biaya.
  2. Membutuhkan peralatan tambahan Mencuci mobil dengan sampo mobil salju membutuhkan beberapa peralatan tambahan seperti ember, sikat, kain lap, dan air bersih. Hal ini mungkin memerlukan biaya tambahan dan ruang penyimpanan.
  3. Kurang efektif pada kotoran yang lebih keras Sampo mobil salju mungkin kurang efektif dalam membersihkan kotoran yang lebih keras seperti bekas tanah atau cat mobil yang terkelupas.
  4. Penggunaan yang tidak teratur dapat merusak cat mobil Meskipun sampo mobil salju dirancang untuk membantu melindungi cat mobil, penggunaan yang tidak teratur dapat merusak cat mobil. Terlalu sering mencuci mobil dengan sampo mobil salju dapat menghilangkan lapisan pelindung cat mobil dan membuatnya terlihat kusam.

Secara keseluruhan, mencuci mobil dengan sampo mobil salju dapat menjadi pilihan yang baik untuk membersihkan mobil pada musim dingin dan menghilangkan kotoran yang menempel pada mobil. Namun, seperti halnya dengan semua metode pencucian mobil, perlu dipertimbangkan kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya secara teratur.