4 Daftar Mobil Listrik Indonesia yang dapat Dijadikan Pilihan

Meskipun tahun 2020 terasa berat untuk dilalui, perusahaan otomotif masih terus mengembangkan teknologinya, salah satunya mobil listrik. Pada tahun yang sama, pabrikan mobil berlomba-lomba merilis dan memperkenalkan mobil listrik di negara-negara di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Berbagai merek mobil listrik Indonesia dirilis dan mulai dipasarkan dengan bermacam-macam pilihan harga dan keunggulan.

Pada awal mula penciptaannya, mobil listrik ini masih bersifat hybrid. Artinya, mesin mobil masih dikombinasikan dengan mesin konvensional atau semi listrik. Meskipun begitu, teknologinya telah menyamai kendaraan yang full listrik. Di Indonesia sendiri, keduanya sama-sama tersedia dan telah dipasarkan. Digadang-gadang sebagai kendaraan ramah lingkungan, berikut pilihan mobil listrik yang ada di Indonesia.

Pilihan Mobil Listrik Indonesia

Penggunaan mobil listrik di Indonesia saat ini telah didukung oleh pemerintah. Berkat hal tersebut, berbagai merek masuk ke pasaran Indonesia. Berikut 4 pilihan mobil listrik yang dapat Anda jadikan referensi sebelum membelinya.

Toyota Prius PHEV

Sebagai salah perusahaan mobil yang banyak digunakan oleh masyarakat negara kita, Toyota, juga ikut meramaikan pasar mobil listrik Indonesia. Perusahaan tersebut merilis Toyota Prius PHEV. Kendaraan canggih ini diluncurkan pada bulan Maret 2020 secara tertutup karena kondisi pandemi virus Corona. Meskipun telah dirilis secara resmi, ternyata mobil ini belum dapat dibeli oleh konsumen.

Viral :   Spesifikasi dan Harga Mobil Honda HRV Terbaru

Peluncurannya tersebut masih bersifat perkenalan dan untuk sementara hanya digunakan sebagai sarana transportasi online. Meskipun begitu, jika beruntung, Anda akan dapat merasakan pengalaman sebagai penumpang mobil ini pada saat menggunakan jasa transportasi online.

DFSK Glory E3

Glory E3 merupakan salah satu mobil listrik yang dibawa dan diperkenalkan oleh PT. Sokonindo Automobile (DFSK Motors) dari negara Cina. Meskipun berasal dari negeri Tirai Bambu, mobil ini memiliki teknologi yang mutakhir. Kendaraan canggih ini diklaim memiliki penggunaan daya baterai yang paling hemat. Untuk sekali pengisian daya, mobil ini mampu menempuh jarak perjalanan sejauh 405 km.

Kapasitas baterai yang disematkan pada mobil listrik ini adalah sebesar 52,56 kWh. Karena kapasistasnya yang cukup besar inilah, Glory E3 mampu menempuh jarak yang jauh untuk sekali isi. Armada ini juga ikut meramaikan pasar mobil listrik Indonesia sejak tahun 2019 sebagai perkenalan awal.

Nissan Kicks e-Power

Seri Kicks e-Power merupakan mobil listrik terbaru dari Nissan yang telah diperkenalkan di Indonesia. Untuk urusan harga, mobil listrik dari Nissam ini termasuk yang murah di pasaran mobil bermerek, yaitu sekitar Rp449 juta.

Viral :   Mobil Kia Sedona 2021, Fitur dan Spesifikasi Menarik

Seri ini sebenarnya merupakan tipe hybrid. Mesin konvensional yang digerakkan bahan bakar tidak secara langsung digunakan untuk menggerakkan mobil, melainkan untuk pengisian daya baterai secara internal. Artinya, ketika daya baterai habis saat digunakan untuk berkendara maka mesin konvensional akan memproses bahan bakar dan berfungsi sebagai genset berjalan.

Jadi, secara kinerja, Nissan Kicks e-Power hanya dapat berjalan ketika mesin listriknya juga berfungsi. Keberadaan mesin konvensional ini akan mempermudah pengendaranya untuk melakukan pengisian ulang daya baterai tanpa harus mencari stasiun pengisian.

Tesla S P100D

Sebagai produsen mobil listrik, Tesla memberikan berbagai pilihan kepada konsumen. Salah satu serinya adalah Tesla S P100D yang memiliki bodi model sedan. Daya baterainya terbilang paling besar, yaitu mencapai 100 kWh sehingga mampu menggerakkan 2 motor listrik. Untuk sekali pengisian daya baterai hingga penuh, mobil ini dapat digunakan untuk berkendara sejauh 506 km.

Pengisian daya standarnya memerlukan waktu selama kurang lebih 9,5 jam hingga baterai penuh. Sedangkan untuk versi fast charging-nya, pengisian daya dapat dilakukan kurang dari 2 jam. Kendaraan mewah yang ikut meramaikan pasaran mobil listrik Indonesia ini dibanderol dengan kisaran harga sebesar Rp4,4 miliar.