Perbedaan Mobil Listrik Dan Hybrid

Perbedaan Mobil Listrik Dan Hybrid

Perbedaan mobil listrik dan hybrid masih jarang diketahui sebagian kalangan. Padahal pemerintah sendiri telah memberikan dukungan untuk program elektrifikasi kendaraan bermotor di tanah air. Akan perlu kita ketahui secara garis besar, bahwa mobil dengan teknologi Plug in Hybrit Electric Vehivcle (PHEV) atau lebih dikenal dengan mobil hybrid yang mana kendaraan ini menggunakan dua sistem mesin yakni konvensional dan baterai listrik. Sedangkan teknologi baterai electric vehicle atau mobil litsrik murni bekerja hanya mengandalkan energi listrik saja yang tersimpan di baterai besar pada mobil tersebut. Sehingga mobil listrik membutuhkan pengisian daya menggunakan charger, maka mobil hybrid yang akan terisi dayanya secara otomatis. Adapun pengisian daya listriknya juga dapat dari konversi daya dari mesin konvensional atau kinetik ketika deselerasi.

Perbedaan Mobil Listrik Dan Hybrid

Mobil Hybrid

Mobil Hybrid adalah kendaraan yang menggabungkan antara mesin konvensional berbahan bakar minyak dengan motor listrik, sehingga kedua mesin konvensional dan motor listrik ini saling berkolaborasi dalam menggerakkan mobil.

Dalam beberaa model, contohnya Nissan Kicks, dimana sistem hybrid nya sangat unik sebab mesin bensinnya juga digunakan sebagai produksi daya listrik ke baterai. Sedangkan untuk penggeraknya menggunakan motor listrik. Maka mesin bensin baru bisa menyala ketika daya listrik pada bateri sudah tinggal sedikit lagi. Untuk mengisi daya listriknya saja. Ketika mobil bergerak lambat, maka sumber tenaganya memakai motor listrik dari baterai dan mesin bensin nya kondisi non aktif. Namun bila mobil melaju cepat kira-kira di atas 40 km/jam, maka mesin bensin lah yang mengambil alih sebagai penggerak mobil sambil melakukan pengisian daya baterai. Berikut ini beberapa perbedaan mobil  hybrid:

  • Mobil Hybrid sudah diproduksi secara massal sejak tahun 1997.
  • Pada mobil listrik mengandalkan sumber tenaga listrik sementara pada mobil hybrid menggunakan mesin sebagai sunber tenaga,
  • Hybrid mendapatkan sumber tenaga daari proses pengolahan sisa-sisa putaran pada bahan bakar mobil dan ditambah lagi dengan energi dari motor listrik
  • Mengurangi polusi udara
Viral :   Bahan Baku Baterai Mobil Listrik Yang Harus Anda Ketahui!

Mobil Listrik

Mobil listrik merupakan mobil yang hanya menggunakan daya listrik murni sehingga di dalam mobil listrik tidak ada msin bakar. Saat melakukan pengisian daya, daya listrik nantinya akan disimpan pada baterai lalu disalurkan ke motor listrik untuk menggerakkan roda sehingga dapat berputar. Karena tidak memiliki mesin bakar, maka sumber energi murni hanya menggunakan pengisian daya lisriik saja melalui SPKLU. Akan tetapi kemampuannya masih cukup terbatas sehingga sulit untuk digunakan pada perjalanan jauh dimana fasilitas SPKLU masih jarang sekali ditemui.

Selanjutnya jika dilihat dari biaya pengisian daya listrik per kWh, mobil listrik memang memiliki efisiensi energi yang sangat baik. Dari sisi perawatannya pun, mobil listrik sangat mudah dan anti ribet. Berikut beberapa perbedaaan mobil listrik:

  • Ide mobil listrik sudah dicanangkan sejak abad ke-19, akan tetapi realisainya memakan waktu yang cukup lama.
  • Mobil listrik menjadi sangat populer karena diklaim bebas emisi gas buang
  • Tenaga listrik menjadi sumber tenaga dan baterai sebagai sumber tenaga cadangan
  • Sangat membantu mengurangi polusi udara
Viral :   Porsche Merencanakan Model Sedan Listrik Baru Untuk Menyaingi Tesla Model 3 dan BMW i4