Biaya Charge Mobil Listrik

Biaya Charge Mobil Listrik Ternyata Murah!

Biaya charge mobil listrik cukup penting untuk di ketahui. Apalagi seperti yang kita ketahui bersama mobil bertenaga listrik kini telah menjadi alternatif yang bisa anda pertimbangkan. Lalu berapa biaya charge mobil listrik itu sendiri? Dimana mobil listrikmerupakan kendaraan yang memakai sumber tenaga baterai serta digerakkan oleh motor penggerak, sehingga mobil listrik memerlukan pengisian daya secara berkala.

Stasiun pengisian daya mobil listrik disebut dengan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang saat ini mulai tersebar di beberapa wilayah di Nusantara. Lantas berapa biayaa pengisian daya obil listrik? Apakah harganya lebih murah daripada bensin? Yuk simak sampai tuntas ulasannya di bawah ini!

Biaya Charge Mobil Listrik

Untuk mengetahui. Besaran biaya charger mobil listrik bisa dengan mudah anda ketahui asalkan tau harga per kwH listrik rumah anda. Besarnya arus maksimal dari perangkat charger maupun durasi pengisian baterai dan juga besaran tegangan listrik di rumah anda perlu anda ketahui terlebih dahulu. Misalnya untuk wilayah Jakarta, harga listrik per kwH nya Rp 1444,7 dan contoh mobil listriknya Hyundai Electric yang mempunyai.  Input daya charger 12 A dengan durasi pengisian daya hingga penuh selama 19 jam. Kemudian besarnya tegangan listrik di rumah tersebut adalah 220 V. Maka perhitungannya sebagai berikut:

Maksimal daya x besar tegangan listrik rumah x duraso waktu

12 x 220 x 19 = 50.160 watt atau setara dengan 50,16 kWh.

Viral :   Polestar Bertujuan Menggandakan Kehadiran Globalnya Pada Tahun 2022

Setelah itu hasil tersebut dikalikan dengan harga listrik per kWh, yaitu:

50,16 x 1444,7 = 72.466

Maka biaya charger mobil listrik yang diperlukan di rumah tersebut ialah Rp 72.466

Cara Charge Mobil Listrik

Selain biaya yang perlu anda siapkan untuk charge mobil listrik, anda juga harus mengetahui bagaimana cara kerja charge mobil listrik. Dimana prinsip pengisian daya pada mbil listrik sebenarnya cukup sederhana karena sama halnya seperti mengisi baterai pada umumnya. Dan yang paling penting dalam charge mobil listrik ialah komponen-komponen pengisiannya seperti sumber listrik, konektor yang terhubung langsung ke baterai dan juga adaptor. Berikut  2 cara charger pada mobil listrik:

1. On-Board Charger

Prinsip charger mobil listrik On-board charger adalah pengisi dayanya sudah terpasang dalam mobil. Sehingga listrik yang masuk memakai arus bolak balik (AC).On-board charger Berguna sebagai adaptor yang mengubah arus AC /(arus bolak balik) dari luar menjadi arus DC (arus searah), sehingga daya dapat masuk ke dalam baterai.

 2. Off-Board Charger

Prinsip charger mobil listrik ini ialah pengisi daya dari jenis mobil yang chargernya keadaan terpisah dan tidak menyatu dengan sistem pengisian baterai di dalam mobil. Sehingga listrik yang masuk adalah arus DC (arus searah) yang dapat masuk ke baterai untuk pengisian daya. Kebagayankan mobil listrik yang kini beredar mayoritas memakai sistem on-board charger, sementara off-board charger masih jarang sekali ditemui.

  • Arus AC (arus bolak balik)

Arus bolak balik terbagi menjadi 3 yakni; pengisian arus AC lambat, arus AC cepat dan juga arus AC induksi.

  • Arus DC (arus searah)

Arus ini sifatnya searah langsung masuk ke baterai dan arus ini biasanya dipakai pada prinsip charger mobil listrik off-board charge.

Viral :   Jenis Mobil Listrik Wuling dengan Harga Paling Murah

Durasi Pengisian Baterai Mobil Listrik

untuk mengetahui durasi lamanya pengisian daya pada baterai mobil listrik ini sangat bergantung. Pada besar daya yang disimpan oleh bateri mobil listrik itu sendiri. Contohnya, mobil listrik yang memiliki kapasitas 75 kWh serta kapasitas charger pengisian ialah 22 kW. Maka perhitungannya yaitu:

RUMUS

Lama pengisian = Kapasitas baterai / kapasitas charger

maka perhitungannya:

Lama pengisian = 75 kWh / 22 kW = 3,409 h

jika di konversikan ke bentuk waktu maka sekitar 3 jam 25 menit.

Dan bila anda melakukan charger di rumah maka perhitungannya berbeda, misalnya unit charger yang terpasang di rumah berkapasitas 11,5 kW. Maka lama pengisiannya ialah:

lama pengisian = 75 kWh / 11,5 kW = 6,521 h atau kira-kira 6 jam 32 menit.

Durasi pengisian daya baterai mobil listrik di rumah memang relatif lebih lama daripada mengisi langsung di stasiun pengisian. Namun yang perlu anda ketahui, mobil listrik ini sering kali dikatakn mobil yang hemat sebab beberapa SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) memang gratis. Dan biaya pengisian daya kendaraan listrik sekitar Rp 1.650 hingga Rp 2.466,7 per kWh nya.