kampas rem motor

Cara Deteksi Kampas Rem Motor Sebelum Bunyi

Mengendarai motor memang tidak sekadar mengendarainya begitu saja, melainkan juga merawat serta memperhatikan kondisi dari motor itu sendiri. Bagi seorang yang berada di lapangan, masalah pada motor akan sering dirasakan seperti kampas rem motor yang akan habis.

Tidak semua orang langsung untuk membenahinya sebelum masalah tersebut benar-benar parah. Padahal, ketika masalah pada motor seperti kampas rem diatasi dengan segera, pengendara lebih nyaman saat mengendarainya.

Cara Deteksi Kampas Rem Motor Akan Habis

Kampas rem yang akan habis awalnya tidak terlalu terlihat. Bagi Anda yang masih awam mengenai motor mungkin saja tidak paham jika ternyata kampas rem tersebut akan habis.

Pernahkah Anda mencium bau tidak sedap pada mobil atau bus? Kampas rem pada mobil semacam ini sangat mudah diketahui. Lalu, bagaimana dengan motor, terlebih sebelum kampas rem tersebut berbunyi? Berikut ulasannya!

  1. Tuas Rem Harus Ditarik Lebih Dalam

Umumnya ini terjadi pada tuas rem pada sistem rem teromol. Kampas rem yang akan habis tersebut semakin menipis yang menyebabkan jarak antara dinding muka kampas dengan dinding pada cakram menjadi lebih besar.

Viral :   Langkah Pembuatan Miniatur Bus yang Mudah Dicoba Sendiri

Dengan demikian, ketika Anda mengerem dengan menarik tuas rem terlalu dalam tetap saja motor tidak langsung berhenti.

  1. Indikasi pada Aus

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui kampas rem motor akan habis adalah dengan indikator keausan ini. Jika terdapat lubang yang membentuk garis pada dinding kampas, hal tersebut mengindikasikan kampas rem akan habis.

  1. Minyak pada Rem Berkurang

Pada rem juga terdapat minyak agar motor dapat berhenti secara optimal. Jika minyak pada kampas rem ini semakin berkurang, sistem pengereman pada motor pun tidak bisa bekerja dengan baik.

  1. Mengecek Kampas Rem Belakang

Hal ini akan cukup sulit ketika kampas rem tersebut ada pada motor matic. Untuk mengecek kampas rem belakang pada motor matic Anda harus membongkar bagian teromol sebab bagian tersebut tidak diberi tanda. Jika kampas tersebut menipis, hal itu menandakan bahwa kampas harus diganti.

Viral :   Cara Hilangkan Jamur Kaca Mobil Beserta Penyebabnya

2 Jenis Kampas Rem Motor

Bagi Anda yang masih awam mengenai otomotif pasti cukup kesulitan mengenali bagian-bagian pada motor. Sedangkan untuk kampas rem sendiri, ada dua jenis yang harus Anda kenali.

Hal ini penting bagi Anda agar dapat mengantisipasi hal-hal seperti yang terjadi di atas, yakni kampas rem yang akan habis. Tidak semua orang mengetahui letak dan apa saja jenis kampas rem tersebut.

Ada dua jenis kampas pada rem, yakni sistem kampas rem teromol dan kampas rem cakram. Sistem kampas teromol biasanya bekerja dengan memanfaatkan tekanan kampas rem pada dinding drum brake. Sedangkan kampas rem cakram bekerja dengan menjepit kampas rem pada cakram.

Nah, sekarang Anda sudah paham masalah kampas rem motor, bukan? Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir ketika rem Anda mulai bermasalah.