tips bengkel motor terdekat

10 Tips Memilih Bengkel Motor Terdekat yang Bagus

Bagi setiap pemilik kendaraan, baik motor maupun mobil, pergi ke bengkel merupakan kegiatan rutin yang harus dilakukan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas dan ketahanan mesin kendaraan. Namun, memilih bengkel tidak bisa sembarangan. Anda perlu mengetahui tips bengkel motor terdekat yang bagus.

Pergi ke bengkel sebagai suatu keharusan bagi setiap pemilik kendaraan, baik motor juga mobil. Salah satu tujuannya merupakan supaya mesin bisa dan mampu permanen awet selama bertahun-tahun. Namun, sering kita galau menentukan bengkel motor yang bagus.

Saat ini, ada saja kecurangan yang dilakukan beberapa oknum bengkel misalnya meningkatkan harga sparepart atau melonggarkan baut kopling motor, sebagai akibatnya kopling pada mesin motornya seakan rusak. Bukan tanpa alasan, mengetahui cara memilih bengkel yang tepat bertujuan untuk menghindari kecurangan. Tak bisa dipungkiri,

Biasanya, para pengguna motor akan berganti-ganti bengkel untuk mencari yang paling cocok dan dekat dengan tempat tinggal mereka. Untuk itulah, penting bagi Anda mengetahui bagaimana memilih bengkel terdekat dengan kualitas bagus dan bisa dipercaya.

Tips Bengkel Motor Terdekat yang Bagus

10 Tips Memilih Bengkel Motor Terdekat yang Bagus

Nah, berikut ini tips memilih bengkel motor dengan kualitas terpercaya. Simak artikel ini hingga tuntas.

  1. Ramai dan Jam Operasional Fleksibel

Poin ini terbilang cukup penting untuk diperhatikan oleh pengguna motor. Pilih bengkel terdekat yang ramai pengunjung dan tetap buka saat hari libur karena motor Anda bisa sewaktu-waktu perlu diperbaiki. Jam operasional yang fleksibel akan memudahkan pelanggan pergi ke bengkel tanpa panik.

Bengkel yang selalu ramai dengan pelanggan juga menunjukkan bahwa bengkel tersebut bisa dipercaya. Jika ada bengkel terdekat dengan karakteristik seperti ini, Anda bisa menjadikannya pilihan.

  1. Menyediakan Fasilitas Ruang Tunggu

Sebagai pelanggan, tentu Anda akan sangat dimanjakan dengan fasilitas berupa ruang tunggu ber-AC, tv, serta warung kecil sehingga Anda tidak bosan selama menunggu motor Anda diservis. Selain itu, fasilitas yang disediakan akan menambah kenyamanan bagi pelanggan yang datang bersama anak kecil.

Adanya fasilitas seperti itu juga bisa memberi kenyamanan bagi pelanggan yang membawa anak sehingga tidak rewel saat harus menunggu. Oleh karena itu, jika memungkinkan, pilih bengkel motor yang memberikan fasilitas terlengkap dan terbaik agar bisa menghilangkan rasa jenuh saat menunggu.

  1. Memiliki Mekanik yang Jujur dan Ramah

Poin ketiga ini tak kalah pentingnya saat memilih bengkel terdekat. Tak hanya andal dalam menangani masalah motor, kejujuran yang dimiliki seorang mekanik juga penting untuk dipertimbangkan. Dengan kejujuran, tentu kecurangan yang dilakukan bisa diminimalkan.

Selain itu, mekanik yang ramah juga akan menambah kenyamanan pelanggan. Bagi Anda yang kurang paham mengenai mesin motor, tentu membutuhkan jawaban yang baik dari mekanik yang menangani masalah. Sebaliknya, jika mekanik hanya diam, hal ini patut Anda waspadai. Bisa jadi, mekanik tersebut kurang andal atau tidak jujur.

  1. Mematok Harga Terjangkau

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pelanggan menginginkan harga terjangkau saat melakukan servis. Pada umumnya, harga untuk ganti oli motor matic standar antara Rp150 sampai Rp175 ribu. Jika Anda menemukan bengkel yang mematok harga lebih dari itu, sebaiknya Anda waspada.

  1. Pastikan Suku Cadang Asli

Memastikan suku cadang yang diganti merupakan barang asli adalah hal tips memilih bengkel motor yang tak kalah penting. Anda sebagai pelanggan wajib bertanya dan memastikan komponen motor yang diganti adalah asli. Jika yang digunakan tidak asli, seharusnya pihak bengkel menanyakan dulu kepada Anda.

Viral :   Harga Ban Motor Tubeless Lebih Tinggi dari Jenis Tube

Suku cadang asli mampu memperpanjang usia mesin motor Anda. Meski harga yang harus dibayar juga tidak murah, sebaiknya Anda tetap memilih suku cadang asli. Keuntungannya akan Anda rasakan untuk jangka panjang.

  1. Memberikan Garansi

Bengkel motor yang baik akan memberi garansi dan menjelaskan pada Anda mengenai apa saja keluhan yang terjadi pada motor. Jika sewaktu-waktu motor dirasa belum baik, Anda bisa kembali lagi tanpa harus membayar.

Konsumen bisa mengajukan klaim tanpa dipungut biaya apapun saat pergi lagi ke bengkel dengan keluhan yang sama. Namun jika tidak mendapatkan garansi atau pemberitahuan apapun dari pihak bengkel, sebaiknya berhati-hati. Biasanya, pihak bengkel tidak mau bertanggung jawab dan akan meminta biaya untuk memperbaiki motornya.

Berhati-hatilah dengan bengkel yang tidak memberikan garansi. Biasanya, pihak bengkel akan angkat tangan jika terjadi sesuatu pada motor Anda.

  7. Cari Tahu Ulasan Tentang Bengkel motor di Google My Business

Biasanya pengendara motor akan mencari bengkel terdekat dari rumah untuk memperbaiki kendaraannya. Nah, sebelum berangkat ke bengkel tersebut, sebaiknya kamu mencari tahu ulasan tentang bengkel itu.

Caranya mudah, kamu bisa mencari nama bengkel yang ingin didatangi dengan mencarinya di Google. Jika bengkel tersebut punya reputasi yang baik, biasanya akan banyak ulasan dari konsumen lain dengan memberikan bintang 5.

Namun, jika reputasi dari bengkel tersebut hanya mencapai bintang 3 dan ditemukan banyak ulasan kurang memuaskan. Nah, sebaiknya kamu mencari bengkel lain

   8. Bertanya Kepada Kenalan Atau Referensi  Dari Teman

10 Tips Memilih Bengkel Motor Terdekat yang Bagus

Cara berikutnya untuk mengetahui bengkel motor yang aman dan dekat dari rumah adalah dengan bertanya kepada kenalan. Kamu bisa bertanya kepada teman dekat, saudara, hingga rekan kerja yang dapat memberikan referensi soal bengkel motor yang bagus.

Cara ini dilakukan untuk menggali lebih dalam bengkel tersebut mulai dari sisi harga, pelayanan, hingga garansi yang diberikan. Sehingga kamu tidak perlu khawatir jika bengkel tersebut melakukan kecurangan.

      9. Dapat Melayani Servis Di Rumah

Tips memilih bengkel yang terakhir adalah dapat melayani servis motor di rumah kita. Kerusakan pada motor itu bisa bermacam-macam, seperti mesin mati, aki soak, ban bocor, dan kerusakan-kerusakan motor lainnya.

Jika motor sudah mencapai batas atau benar-benar tidak bisa dikendarai sampai ke tempat bengkel, jalan satu-satunya adalah mencari mekanik yang dapat dipanggil atau bengkel yang menyediakan layanan towing ke tempat tinggal atau lokasi kita

    10. Bandingkan Tarif  Servis  Suku Cadang yang Ditawarkan

Saat melakukan servis kendaraan, termasuk ketika membeli suku cadangnya, semua orang pasti ingin mendapatkan harga yang termurah dan ramah di kantong. Oleh karena itu, kamu perlu membandingkan tarif servis dan harga suku cadang di beberapa bengkel berbeda. Tentunya, pilih yang menawarkan harga termurah, tapi tetap memberikan kualitas layanan yang terjamin.

Viral :   Motor Ngebul ? Berikut 6 Cara mengatasi Tanpa Ganti Mesin

Jadi itulah 10 tips memilih bengkel motor yang wajib diketahui. Anda bisa mencoba beberapa bengkel terdekat yang mudah dijangkau dari rumah. Setelah mencoba beberapa bengkel motor terdekat, anda bisa membandingkan layanan, fasilitas, dan harga dari bengkel-bengkel motor yang sudah di kunjungi.

Bengkel motor disekitar dengan tempat tinggal sering jadi pilihan kita saat harus melakukan servis rutin atau ketika ada kerusakan kendaraan. Bagaimana mencari dan memilih bengkel motor paling dekat yang juga bisa dipercaya menangani motor atau mobil kesayangan?
Tips memilih tempat perbaikan motor terbaik di atas bisa Anda gunakan kapan saja. Terlebih bagi Anda yang mungkin sedang merantau atau berpindah domisili, ada baiknya berhati-hati memilih bengkel untuk motor Anda.

Setelah sudah yakin menemukan bengkel motor terpercaya dan aman, anda bisa merasa aman menggunakan jasa mereka. Jangan lupa juga untuk memberikan ulasan yang baik di Google My Business bengkel tersebut. Satu ulasan saja cukup membantu meningkatkan kredibilitas bengkel langganan kamu. Semakin ramai bengkel tersebut, semakin lengkap juga suku cadang yang mereka miliki. Semoga tips memilih bengkel motor ini membantu, ya.

Bengkel Resmi Motor

10 Tips Memilih Bengkel Motor Terdekat yang Bagus
Foto: astra-honda.com

Bila dilihat dari tampilan luar bengkel, bengkel resmi biasanya memiliki gedung yang lebih luas dan diberi nama sesuai dengan pabrikannya. Misalnya, bengkel resmi YAMAHA, bengkel resmi HONDA, dan lain-lain. Selain itu, montir di bengkel resmi biasanya dilengkapi dengan seragam sesuai dengan aturan perusahaan. Ruang tunggu yang nyaman menjadi alas an lainnya mengapa orang lebih memilih untuk servis di bengkel resmi.

Montirnya terlatih karena pernah magang di bengkel-bengkel resmi sebelum menjadi pegawai tetap. Ada standard SOP jadi kerja montir tidak hanya berdasarkan feeling. Bengkel resmi jam operasionalnya terbatas, umumnya seperti hari kerja mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Bengkel resmi selalu menggunakan suku cadang asli dan teknologi yang modern.

Keuntungan lain servis di bengkel resmi adalah peralatan di sana biasanya lebih lengkap dan lebih modern dibandingkan peralatan di bengkel nonresmi. Untuk mobil-mobil atau motor-motor keluaran terbaru yang telah dilengkapi berbagai komponen elektronik, sebaiknya pergi ke bengkel resmi saja.

Pekerjaan yang paling sering di bengkel motor

Ada beberapa disiplin pekerjaan yang sering dilakukan oleh mekanik sepeda motor. Hal tersebut juga bisa dijadikan acuan spare part apa yang hendaknya disiapkan oleh pemilik bengkel karena hampir mayoritas termasuk fast moving (komponen yang paling cepat laku)

Adapun paket servis ringan motor sebagai berikut:

  1. Pembersihan karburator
  2. Penyetelan karburator
  3. Pembersihan saringan udara
  4. Pemeriksaan dan penggantian oli
  5. Pembersihan busi
  6. Penyetelan dan pelumasan rantai roda
  7. Penyetelan rem depan dan belakang
  8. Pemeriksaan dan penambahan air aki
  9. Pemeriksaan lampu dan klakson

Untuk paket servis lengkap, antara lain:

  1. Pembersihan karburator
  2. Penyetelan karburator
  3. Pembersihan saringan udara
  4. Pemeriksaan dan penggantian oli
  5. Pembersihan busi
  6. Penyetelan dan pelumasan rantai roda
  7. Penyetelan rem depan dan belakang
  8. Pemeriksaan dan penambahan air aki
  9. Pemeriksaan lampu dan klakson
  10. Penyetelan dan pelumasan kabel gas
  11. Pemeriksaan dan penyetelan stang kemudi
  12. Pengencangan mur dan baut
  13. Pemeriksaan roda dan ban
  14. Penyetelan klep
  15. Penyetelan kopling