Mengenal Silencer Knalpot, Fungsi dan Bahan Baku Pembuatannya

Silencer knalpot adalah salah satu sparepart utama yang berada di bagian pembuangan motor atau knalpot. Sudah tentu peranan part satu ini terhadap motor kamu sangatlah besar. Karena itu keberadaannya ini tidak boleh disepelekan.

Pada bagian knalpot itu sendiri, silencer memiliki fungsi yang tidak sembarangan. Karena itulah ada banyak sekali biker yang memilih untuk menggunakan knalpot racing saat ini. Bukan tanpa alasan, fungsi silencer pada knalpot racing ini terbilang jauh lebih maksimal dibanding knalpot biasa.

Seperti kita ketahui, saat ini ada banyak sekali varian knalpot racing yang bisa dipilih di pasaran dari mulai produk dalam maupun luar negeri. Menurut info yang kami dapatkan varian produk unggulan ini memiliki kualitas silencer yang tidak bisa disepelekan.

Sebenarnya apa itu silencer knalpot? Apa fungsinya dan apa bahan baku yang digunakan untuk pembuatannya? Tidakkah kamu penasaran dengan hal ini? Langsung saja, mari kita bahas hal ini satu persatu.

Apa Itu Silencer Pada Knalpot?

Silencer adalah salah satu part utama pada knalpot yang memiliki fungsi untuk meredam suara pembuangan emisi gas pada motor. Jadi pada saat pembakaran terjadi di dalam mesin, ada emisi gas buang yang dikeluarkan oleh motor. Saluran pembuangannya itu adalah silencer ini.

Di dalam silencer itu sendiri terdapat beberapa part yang berfungsi untuk memecah suara hingga ke titik terendah. Ada juga part glasswood yang memiliki tugas untuk membuat suara pembuangan menjadi jauh lebih halus dibandingkan suara aslinya.

Setiap jenis silencer knalpot ini tentunya memiliki sekat yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Sekat ini berfungsi untuk melakukan filter pada bunyi yang dikeluarkan oleh mesin motor kamu. Jadi bunyi motor bisa jauh lebih nyaman di telinga.

Viral :   Rekomendasi Harga Aki Mobil Terbaik, Tahan Lama, dan Berkualitas

Apa Fungsi Silencer Pada Knalpot?

Silencer ini seringkali disebut juga dengan nama muffler. Jadi kalau kamu menemukan salah satu diantara kedua istilah tersebut, maka kamu bisa menganggapnya sebagai silencer. Selanjutnya mari kita sedikit membahas mengenai fungsi teknis dari silencer ini pada knalpot kendaraan kamu.

  1. Sebagai peredam suara

Seperti sudah kita bahas sebelumnya, fungsi utama dari silencer ini adalah untuk meredam suara semaksimal mungkin sehingga pengguna motor merasa nyaman dan tidak mengganggu ketertiban jalan yang dilaluinya.

  1. Menaikkan performa mesin motor

Di sisi lain, keberadaan silencer pada motor ini juga berfungsi untuk menaikkan performa mesin motor secara signifikan. Namun hal ini biasanya dipengaruhi oleh jumlah sekat yang ada di dalam silencer itu sendiri. Semakin banyak sekatnya, tentu akan semakin besar juga dampak torsi yang dihasilkan.

  1. Mengatur DB Killer

Selain beberapa fungsi di atas, fungsi lain yang dimiliki oleh silencer knalpot ini adalah mengatur DB yang diproduksi oleh mesin motor kamu. Hampir semua jenis knalpot racing yang ada saat ini dilengkapi dengan fitur penambahan DB di dalamnya.

Fitur ini sangat bergantung pada silencer yang ada pada knalpot. Selain bisa meningkatkan performa motor menjadi lebih baik, keberadaan DB ini juga berfungsi untuk meminimalisir tingkat polusi udara yang dihasilkan oleh mesin motor itu sendiri.

Viral :   Merk Ban Mobil Berkualitas dan Mudah Ditemukan

Apa Saja Bahan Baku Silencer Knalpot?

Selain memahami fungsinya, penting juga bagi kamu untuk memahami apa saja bahan baku yang digunakan oleh silencer pada knalpot ini. Memahami bahan-bahannya akan membantu kamu untuk memahami fungsi silencer itu sendiri secara lebih mendalam.

  1. Galvanis

Bahan baku pertama yang biasa digunakan untuk silencer adalah galvanis. Bahan satu ini memang terbilang unggul dibandingkan dengan besi biasa karena memiliki daya tahan terhadap karat. Namun bahan baku ini memiliki bobot yang cukup berat.

  1. Alumunium & Stainless

Bahan baku lain yang digunakan untuk membuat silencer ini adalah alumunium dan stainless. Bahan baku ini memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan galvanis. Ada banyak sekali brand knalpot racing yang menggunakan bahan baku ini di pasaran.

  1. Titanium

Titanium adalah salah satu bahan baku terfavorit untuk menciptakan knalpot yang bagus. Selain memiliki sifat anti karat, jenis knalpot ini juga memiliki bobot yang sangat ringan dan sangat tahan terhadap panas.

  1. Carbon

Bahan baku terakhir yang biasa digunakan untuk bahan silencer ini adalah carbon. Bahan satu ini bisa memaksimalkan performa knalpot ke titik maksimal. Namun biasanya knalpot dengan bahan carbon dijual dengan harga tinggi di pasaran.

Dengan sedikit penjelasan yang sudah kami sampaikan di atas, pastikan kamu tidak salah dalam memilih varian knalpot yang pas untuk kendaraan masing-masing. Mudahnya, kamu bisa melihat spesifikasi dari silencer knalpot yang hendak dibeli secara detail untuk mendapatkan produk terbaik.

Kata PencarianApa itu Industrial silenceer?