Mudah !!! Cara Membuat Alarm Motor Sendiri

Cara Membuat Alarm Motor – Jaman sekarang ini sudah seharusnya para pemilik kendaraan bermotor khususnya motor harus waspada dan hati hati dengan yang namanya pencurian motor. Sudah banyak para pencuri motor yang sangat pintar dan selalu mencari kesempatan disetiap kelengahan pemilik motor. Bahkan sudah banyak juga pencuri yang berani mencuri dalam kondisi ramai.

Untuk meminimalisir bentuk pencegahan pencurian motor, para pemilik motor sudah seharusnya memasangkan alarm pada sepeda motornya. Dengan menggunakan alarm motor bisa membuat efektif mencegah terjadinya pencurian pada kendaraan anda. Dengan alat ini, anda akan bisa mendapatkan peringatan apabila ada oknum yang sedang mencoba melakukan tindak pencurian terhadap motor anda.

Namun, saat ini masih banyak pemilik motor yang ingin memasang alarm motor dikarenakan harus kebengkel serta harus menyapkan dana yang tidak sedikit. Padahal, cara membuat alarm motor sendiri tidak sesulit yang anda pikirkan. Untuk diketahui alarm motor berbeda dengan perangkat GPS tracker pada motor yang memang merupakan produk kusus untuk melacak posisi kendaraan. Jadi untuk bisa memiliki dan memasang alarm pada motor, anda bisa membuatnya secara manual. Anda hanya perlu membutuhkan sedikit pengetahuan dasar mengenai hal hal tentang otomotif serta memiliki alat dan bahan yang dibutuhkan.

Viral :   Hemat BBM, Ini Deretan Motor Matic Paling Irit

Alarm motor bisa dibilang cukup efektif dalam meminimalisir tindak pencurian kendaraan bermotor, hal ini dikarenakan alarm motor akan membuat pencuri kaget ketika menjalankan aksinya dengan mengeluarkan suara berisik yang bisa membuatnya menjadi takut dan gugup sehingga urung menjalankan aksinya. Lalu bagaimana cara membuat alarm motor sendiri, berikut ini langkah langkah atau cara membuat alarm motor sendiri tanpa harus membawanya ke bengkel motor.

Cara Membuat Alarm Motor Sendiri

Alarm motor yang akan anda buat ini terbilang cukup sederhana, anda hanya perlu menghubungkan kunci kontak dengan klakson motor anda. Jadi, ketika kontak diputar ke posisi ON maka secara otomatis alarm akan berbunyi.

1. Menyiapkan Peralatan

Cara membuat alarm motor sendiri yang pertama adalah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Beberapa diantaranya yakni obeng (+), tang potong, cutter, kunci ring 10, saklar ON/OFFyang berukuran kecil, kabel 1 m dan bahan perekat.

2. Membingkar bodi motor

Cara membuat alarm motor selanjutkan adalah membongkar bodi motor. Untuk memasang alarm pada motor, anda harus harus membongkar bodi motor pada bagian yang berhubungan dengan kelakson motor. Perlu diketahui, motor memiliki tipe dan bentuk bodi yang berbeda beda. Diantara tipe tipe motor, motor matic paling mudah dikarenakan anda hanya perlu membuka bagian tameng depan saja. Untuk membukanya anda membutuhkan obeng (+) dan kuncing ring 10.

Viral :   Warna Kabel Motor Yamaha Dan Fungsinya
3. Membuat saklar

Selanjut anda membuat saklar untuk alarm motor anda. Caranya yakni dengan melepas baut padabagian saklar ON/OFF menggunakan obeng. Lalu kupas sedikit kulit kabel dengan menggunakn cutter dan setelahitu sambungkan dengan kaki kaki yang ada pada saklar motor.

4. Menyambung kabel keklakson

Cara membuat alarm motor sendiri yang terakhir yakni menyambungkan kabel ke klakson. Caranya, ujung kabel yang satu harus disambungkan ke bagian bodi motor yang abru saja anda bongkar. Selanjutnya carilah kabel negatif atau kabel yang mengandung massa . Kabel ini harus disambungkan dengan kabel klakson positif. Setelah dirasa sudah selesai, rapikan kerutan kabel dengan perekat agar lebih aman dan tidak mengganggu saat berkendara.

Mengenal cara kerja alarm motor

Cara kerja alarm motor yang telah anda pasang di motor anda ini yakni Jika saklar pada posisi OFF dan kunci kontak padaposisi ON, maka alarm tidak akanberbunyia. Sebaliknya jika saklar pada posisi ON dan kunci kontak juga ON, maka secara otomatis alarm motor anda akan terus berbunyi hingga saklar dimatikan.