kepanjangan cc motor
pixabay.com

Mengenal Lebih Jauh Kepanjangan CC Motor

Mungkin suatu ketika Anda pernah mendengar seseorang membicarakan cc kendaraan, misalnya 125 cc, 150 cc, atau 1.500 cc. Sebetulnya apa yang dimaksud cc jika dikaitkan dengan kinerja mesin kendaraan? mari kita telaah kepanjangan CC motor

Kepanjangan CC Motor

Kapasitas mesin adalah volume dari semua piston di dalam silinder mesin pembakaran dalam, yang diukur dari satu pergerakan maksimum dari atas ke bawah. Biasanya dinyatakan dengan menggunakan satuan sentimeter kubik (cc), liter (l), atau inchi kubik (CID) di pasar Amerika Utara.

Sejumlah sumber menyebutkan kapasitas mesin adalah volume seluruh piston dalam silinder mesin yang diukur berdasarkan gerakan maksimum dari atas ke bawah. Semakin besar CC kendaraan, tenaga yang dihasilkan pun semakin besar. Total volume ruang pembakaran tidak termasuk dalam kapasitas mesin.

Sebetulnya, CC bukan satu-satunya satuan yang dipakai untuk menentukan kapasitas mesin, satuan lainnya adalah liter (l) dan inci kubik (CID). Karena sentimeter kubik atau CC merupakan isi silinder dalam satuan cm3, maka besarnya CC kendaraan sama saja dengan besarnya volume silinder. Isi atau volume silinder ini menentukan jumlah gas yang masuk ke silinder saat kendaraa melakukan langkah isap.

Viral :   Fungsi Noken As Motor. Simak Selengkapnya Disini!

Cara Menghitung CC Motor

Rumusnya adalah: pi x (r x r) x t. Lalu setelah mendapatkan hasilnya jangan lupa dibagi 1000. Pi adalah 3,14, r adalah jari jari atau setengah dari diameter piston, sedangkan t adalah tinggi atau stroke. Ambil contoh Honda BeAT yang bore atau diameter pistonnya 50 mm, lalu stroke atau panjang setang pistonnya 55 mm

Kepanjangan CC Motor ini berguna saat pengenaan pajak pada kendaraan, biasanya didasarkan pada kapasitas mesin motor tersebut daripada keluaran tenaga mesinnya. Kapasitas mesin ini adalah dasar dari sebuah desain mesin, sedangkan keluaran tenaga bisa bergantung pada beberapa faktor lainnya. Hal ini berakibat pada banyaknya pabrikan otomotif yang berkonsentrasi untuk meningkatkan tenaga mesin dengan berbagai teknologi seperti variable valve timing dan turbocharger.

Viral :   Merk Knalpot CB150R Racing

Ada 4 macam metode utama yang mengatur emisi: Eropa, Inggris, Jepang, dan Amerika Serikat. Metode yang dipakai di beberapa negara Eropa adalah mengenakan pajak pada kendaraan di atas 1.0L (1000 cc) dan di level 1.6L (1600 cc). Di Inggris, sistem pengenaan pajaknya adalah emisi gas buang mulai tanggal 1 Maret 2001 (sebelumnya mereka memakai kapasitas mesin sebagai metode, mobil dengan mesin di bawah 1549 cc pajaknya lebih murah)

Kata Pencarian125cc Motor ,Cc Gl Max ,Cc Megapro,Cc Motor ,Harga Pcx 160 Cc 2021 ,Honda Pcx 160 Cc 2021 ,Motor 250cc Murah ,Pcx 160 Cc 2021 ,Vario 160 Cc ,Vario 160 Cc 2021 Harga