Modifikasi Air Suspension Motor, Bolehkah?

Siapa bilang air suspension /suspensi angin hanya untuk mobil dan bus saja? Untuk motor juga bisa, hlo. Pemasangan air suspension motor telah dilakukan para pencinta otomotif untuk memodifikasi kendaraan roda dua mereka.

Sebenarnya apa, sih, suspensi angin itu? Fungsinya apa dan bagaimana cara kerjanya? Nah, untuk mengetahui jawaban dari semua pertanyaan tersebut, simak ulasan berikut.

Apa Itu Air Suspension?

Air suspension atau suspensi angin adalah salah satu sistem peredam kejut yang sebenarnya dikhususkan untuk mobil. Sistem ini memanfaatkan tekanan udara sebagai suspensi (peredam getar) yang terjadi pada kendaraan akibat melewati kontur jalan yang tidak rata.

Suspensi udara memiliki 2 tipe, yaitu suspensi tipe balon dan suspensi silinder. Tipe balon memiliki kemampuan peredaman getaran jauh lebih tinggi dibanding suspensi silinder, teatpi tipe balon ini diperuntukkan bagi kendaraan besar, seperti bus dan sejenis truk.

Sedangkan tipe suspensi silinder antara shock absorber disusun menjadi satu kesatuan dengan pegas sehingga lebih sedikit memakan ruang. Walaupun begitu, efek bantingan atau guncangan yang terjadi lebih keras dibanding tipe balon.

Suspensi silinder cocok digunakan untuk kendaraan berukuran lebih kecil, seperti mobil. Nah, umumnya para modifikator memakai tipe silinder ini untuk melakukan bore-up pada kendaraan roda dua kesayangan mereka.

Viral :   Review Honda Grom 125, Mini Moto yang Curi Perhatian

Fungsi dan Cara Kerja Air Suspension Motor

Fungsi dari suspensi udara atau air shockbreaker ini sama dengan oli shockbreaker, yakni sebagai peredam kejut. Ketika suspensi udara menerima tekanan, dia akan kembali ke bentuk semua sehingga menghasilkan tubrukan empuk seperti adanya pantulan kecil.

Itulah yang membuat sensasi jedag-jedug pada kendaraan Anda teredam kala melewati jalanan tidak rata, polisi tidur, dan sejenisnya. Suspensi ini diciptakan guna menciptakan rasa lebih nyaman kepada pengendara maupun penumpang ketika berkendara.

Sistem suspensi menopang bobot dari kendaraan beserta tambahan bobot yang mengikutinya tanpa membuat bodi kendaraan ambles. Jadi, ketika Anda mengendarai motor, ada atau tidak adanya bobot tambahan, seperti orang yang diboncengkan atau barang bawaan, motor akan tetap pada posisi tinggi yang stabil.

Suspensi udara umumnya memiliki 5 komponen penting yang menyusun sistemnya, yaitu kompresor udara, tabung penyimpanan udara, selang udara bertegangan tinggi, kantong udara, dan katup selenoid.

Cara kerja air suspension ini memiliki sebuah kompresor yang akan dipompa agar udara masuk ke kantong penyimpanan udara. Setelah itu udara akan disalurkan melalui pipa udara bertekanan tinggi menuju katup selonoid untuk kemudian diteruskan ke kaki suspensi.

Ketika itu, kantong udara akan bergerak naik-turun akibat tekanan yang terjadi. Pada saat itulah bantingan atau guncangan pada kendaraan terjadi dan diredam.

Viral :   Teknik Dasar Mengendarai Motor Trail Bagi Pemula

Modifikasi untuk Air Suspension Motor, Bolehkah?

Air suspension ini sebenarnya dikhususkan untuk kendaraan besar dan mobil. Namun bukan berarti kendaraan beroda dua tidak diperbolehkan menikmati temuan dari GM ini.

Sah-sah saja bila Anda menghendaki menyematkan suspensi udara di motor kesayangan. Apalagi saat ini di situs jual-beli online sudah banyak yang menyediakan suspensi udara yang bisa dipasangkan pada motor. Ya, walaupun kebanyakan memang diambil dari suspensi udara mobil.

Anda bisa membeli suspensi tersebut, kemudian meminta bantuan tenaga ahli atau mekanik untuk memasangkannya pada motor. Umumnya setiap bengkel menerima jasa pemasangan suspensi udara ini.

Untuk harga yang beredar di pasaran, air suspension motor dapat Anda miliki dengan merogoh kocek mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah, tergantung dari merek dan tipe produk. Untuk informasi lebih akurat, Anda bisa mengunjungi situs jual-beli online Indonesia.

Dibandingkan suspensi biasa, suspensi udara dapat menyesuaikan tingkat peredaman secara instan sesuai kondisi bagaimana berkendara. Selain membuatnya semakin stabil, suspensi udara kian membuat nyaman.

Jangan lupa untuk melakukan perawatan dengan mengecek suspensi secara berkala. Jangan sampai terjadi kerusakan yang mengakibatkan keselamatan Anda terancam. Demikianlah ulasan mengenai air suspension motor. Semoga bermanfaat!