Honda Monkey 2021, Retro Klasik yang Modern

Honda Monkey 2021 merupakan motor mini dengan desain retro khas kendaraan klasik yang unik. Keberadaan motor klasik saat ini menjadi perburuan kolektor yang menggemarinya. Hal inilah membuat harganya menjadi amat tinggi.

Sebagai motor klasik, seri Monkey terbarunya ini ternyata telah mendapatkan sentuhan teknologi modern. Misalnya telah dilengkapi dengan port USB.

Spesifikasi Honda Monkey 2021

Honda Monkey sendiri telah ada sejak tahun 1961 dan masih diproduksi hingga saat ini dengan mempertahankan ciri khas retronya. Namun begitu, perusahaan mereka tetap memberikan sentuhan modern untuk mengikuti tren zaman dan kebutuhan konsumen.

Soal rasa klasik yang ada pada sebuah motor memang bukanlah hal yang banyak orang cari. Namun, bagi penggemarnya, Monkey 2021 ini akan memberikan penyegaran baru.

  1. Desain

Bagi penggemar motor mini klasik, kedatangan generasi terbaru dari Monkey akan membuat mereka gembira. Pasalnya, teknologi hemat bahan bakar telah disematkan pada versi terbarunya. Bahkan, pengembang mengatakan bahwa konsumsi bahan bakarnya mencapai 67 km/liter. Untuk sekelas motor klasik, tentu hal ini amat hemat sekali.

Meskipun mini, stang yang dimilikinya cukup lebar sehingga lebih nyaman untuk digunakan berkendara. Lampu utama, belakang dan sein dari seri Monkey terbaru telah menggunakan jenis LED. Penggunaan jenis lampu ini membuatnya lebih tahan lama. Untuk memberikan kesan jadul, desain lampunya berbentuk bundar khas era 70an.

Viral :   Rekomendasi Alat Cuci Motor yang Bisa Digunakan di rumah

Pada panel instrumennya telah menggunakan LCD yang membuat pengendara mudah melihatnya. Selain itu, penambahan suspense dengan Upside Down membuatnya semakin nyaman.

  1. Mesin

Untuk urusan jantung pacunya, Honda Monkey 2021 dibekali mesin SOHC 1 silinder 4 tak dengan 2 katup yang berkapasitas 125 cc dilengkapi sistem pendingin udara (Air Cooled).

Kapasitas mesin dengan ukuran tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 6,9 kW pada putaran mesin 7.000 rpm. Torsi maksimal yaitu sebesar 11 Nm pada putaran 5.250 rpm. Sistem pembakarannya PGM-FI Electronic Fuel Injection

Mesin yang disematkan telah mendapatkan sertifikasi Euro 4, yang artinya mesinnya sangat halus karena polutan yang dihasilkan sedikit dan membuatnya lebih ramah lingkungan.

Mesin ini dilengkapi dengan sistem transmisi manual 4 kecepatan dengan konfigurasi 1-N-2-3-4. Selain itu, juga dilengkapi dengan kopling manual yang membuatnya semakin terasa klasik.

  1. Keselamatan

Sebagai kendaraan bermotor, tentu Honda Monkey 2021 dilengkapi dengan sistem keselamatan yang mumpuni, mengingat harganya yang cukup mahal. Pada kedua roda dilengkapi dengan sistem pengeraman cakram.

Di sisi roda depan dibekali dengan cakram hidrolik berdiameter 220 mm. Sedangkan pada bagian belakang menggunakan cakram hidrolik berukuran 190 mm.

Selain itu, pada roda depan juga dilengkapi dengan ABS Single Channel yang dikontrol oleh Inertial Measurement Unit (IMU). Kolaborasi ini membuat sistem pengereman semakin responsif.

Viral :   Honda BeAT, Matic Terlaris yang Eksis di Pasaran Motor 2021

Untuk versi terbarunya ini tersedia dalam tiga pilihan, yaitu Honda Monkey Pearl Nebula Red, Pearl Shining Black, dan Banana Yellow. Berbicara soal harga, Honda Monkey 2021 ini dibanderol dengan kisaran harga Rp90 jutaan.

Tips Memodifikasi Motor Klasik

Penampilan motor retro nan klasik tidak hanya dibiarkan begitu saja. Penggemarnya tidak cukup puas jika membiarkan motor klasik mereka “berpakaian” ala kadarnya. Banyak di antara mereka yang kemudian melakukan modifikasi.

Meskipun melakukan modifikasi, tentu tetap ada komponen-komponen wajib yang harus diperhatikan keberadaannya dan tidak boleh diubah bahkan dihilangkan. Hal ini untuk menjaga keamanan dan tetap mengikuti aturan berlalu lintas yang benar.

  • Jangan Mengubah Rangka Motor

Rangka yang digunakan motor pada dasarnya telah memiliki nomor seri. Oleh karena itu, amat terlarang untuk mengubahnya. Jika ini Anda lakukan, tilang pun tidak dapat dihindari. Untuk itu, sebaiknya rangka motor tidak dilakukan perubahan yang signifikan sehingga membuatnya amat berbeda dari aslinya.

  • Menghilangkan Lampu dan Spion

Lampu dan spion merupakan komponen keselamatan yang harus ada pada motor Honda Monkey 2021. Untuk itu, jika kedua komponen ini dihilangkan, saat ada operasi disiplin lalu lintas, tentu Anda akan kena tilang.