Fungsi Filter Karburator
Filter Karburator

Fungsi Filter Karburator Motor dan Tanda Kerusakannya

Fungsi Filter Karburator Motor atau mobil sebenarnya sama yaitu untuk menyaring udara yang masuk ke dalam ruang pembakaran. Setiap kendaraan pasti sudah dilengkappi dengan filter karburator baik pada kendaraan roda dua ataupun kendaraan roda empat. Bagi pengguna kendaraan, mengetahui Fungsi Filter Karburator ini sangat penting mengingat fungsinya yang sangat penting karena udara yang dipakai pada kendaraan harus benar – benar bersih agar tidak menyumbat sistem injeksi / karburator, maka disinilah penting Fungsi Filter Karburator pada kendaraan.

Tentu agar Fungsi Filter Karburator tetap prima perlu adanya perawatan seperti halya komponen – komponen yang lain. Nah, pada kesempatan kali ini wartaoto.com akan berbagi informasi terkait Fungsi Filter Karburator motor beserta tanda- tanda / gejala kerusakannya untuk  memudahkan anda dalam melakukan perawatan.

Viral :   Cara Mengkilapkan Mesin Motor Menggunakan Pencuci Piring

Fungsi Filter Karburator Motor

  • Menyaring udara

Sesuai dengan namanya filter karburator memang dirancang untuk menyaring udara atau filter udara. Tenaga yang dihasilkan pada mesin pun karena bantuan udara, maka jenis udara yang digunakan ini harus disaring terlebih dahulu karena terkadang masih kotor, baik debu,, pasir maupun kotor lainnya.

  • Menjaga ruang pembakaran tetap bersih

Karena Fungsi Filter Karburator Motor Ini sebagai penyaring, sehingga ruang pembakar akan tetap bersih karena udara yang masuk sudah terbebas dari kotoran debu atau sejenisnya.

  • Mencegah munculnya karat

Udara yang belum di filter / disaring tak hanya mengandung kotoran tetapi juga mengandung air. Nah air / kelembapan dalam udara juga tidak boleh masuk ke dalam ruang pembakar karena bisa membuat oksidasi pada komponen mesin baik mesin motor ataupun mobil. Sehingga jika Fungsi Filter Karburator Motor berjalan baik, maka oksidasi tidak akan terjadi serta karaat juga tidak akan muncul.

  • Menghindari munculnya Kerak
Viral :   8 Tipe Box Motor Anti Air. Cocok Untuk Touring

Selain karat, munculnya kerak juga sering menjadi masalah tersendiri. Fungsi Filter ini juga mencegah munculnya kerak yag dibawa oleh kotoran dalam udara dan gerakan piston & klep. Saat kotoran menumpuk & mengeras maka menjadi sulit dibersihkan. Jika filter karburator anda bekerja dengan baik, tentu masalah ini bisa dihindari.

Adapun Tanda Kerusakan pada Filter udara dan harus segera mengganti dengan yang baru ialah Bahan bakar sepeda motor anda mulai menjadi lebih boroS dan Muncul asap knalpot. Demikianlah ulasan singkat dari wartaoto.com. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat 🙂