Komponen Karburator Motor
arburator Motor

Komponen Karburator Motor dan Fungsinya

Komponen Karburator Motor dan Fungsinya berperan penting dalam sistem bahan konvensional. Setiap part di sepeda motor pasti memiliki berbagai komponen di dalamnya, salah satunya komponen karburator dan fungsinya. Karburator sendiri punya dua fungsi utama yakni; Pertama, untuk mengatur rpm; Kedua, untuk mencampur bahan bakar dengan udara sesuai dengan perbandingannya. Di dalam karburator terdapat katup gas yang terhubung ke setang yang berguna ketika kita menaik ulur  supaya rpm mesin dapat berubah. Selain itu, Komponen Karburator Motor juga menyuplai bensin sesuai dengan perbandingan yang ideal di seluruh rpm.

Maka dari itu, meskipun bentuk karburator kecil, ada banyak komponen – komponen penting didalamnya. Adapun Komponen Karburator Motor serta Fungsinya cukup beragam. Untuk selengkapnya, mari simak ulasan wartaoto.com dibawah ini.

Komponen Karburator Motor & Fungsinya

  • jarum pelampung, ini adalah jarum yang bentuknya lancip seperti katup yang menekan sebuah lubang. Lubang yang ditekan ini ialah lubang penyalur bensin, maka pada saat lubang ini tertekan katup secara otomatis suplai bahan bakar akan berhenti. Tujuannya agar mengatur volume di ruang pelampung supaya tidak berlebihan, maka campuran yang keluar ke intake manifold dapat berlangsung dengan normal.
  • pelampung, Komponen Karburator pada motor selanutnya adalah pelampung, dimana komponen ini. Terbuat ari bahan plastik ringan yang adpat mengambang di zat ataupun cairan tertentu, misallnya seperti bensin. Pelampun ini bekerja untuk menggerakkan ujung jarum pelampung suapaya tertutup.
  • Main jet, Main jet merupakan saluran utama pada karburator sepeda motor yang menghubungkan bahan bkar di ruang pelampung ke dlam venturi  di tengah saluran udara menuju intake, alhasil bahan bakar (bensin) akan tersuplai ke luar.
  • Needle jet, komponen needle hjet ini bentuknya tirus dan ujungnya lancip. Jarum ini digunakan untuk mengatur volume bahan bakar yang akan keluar dari main jet. Jarum needle jet i sendiini digerakkan oleh katup gas. Dimana gerakan naik turun katup gas akan menggerak needle jet agar bergerak naik turun pula.
  • katup gas, bagian. Komponen yang satu ini bentuknya mirip dengan tabung dan bergerak naik turun. Fungsi dari katup gas ini untuk mengatur venturi bervariasi dan juga untuk mengatur rpm mesin.
  • pegas katup gas berfungsi untuk menjaga katup agar tetap tertutup pada saat pengendara tak menarik pedal gas serta membalikkan posisi katup gas disaat pengendara melakukan deselerasi.
  • Skrup pentel,dimana fungsinya menentukan jumlah udara yang masuk ketika idle tanpa menggunakan sistem choke.
  • mangkuk karburator sebagai penampung bahan bakar yang akan disuplai menuju venturi. Tak hanya itu, mangkok karburator ini juga sebagi cover pelindung komponen karbu sperti, pelalmpung & main jet.
  • choke valve, berperan memperkecil volume udara yang masuk ke mesin supaya isapan pada mesin mengangkat bahan bakar
  • Air pilot yang terletak memanjang mulai dari ruang sebelum katup gas ke ruang setelah katup gas. Air pilot ini berperan penting dalam menyuplai udara pada saat katup gas tertutup rapat / idle.
  • pilot jet yang juga berupa saluran penghubung antara bahan bakar (bensin) di ruang pelampung dengan ruang setelah katup gas sebelum intake manifold, dimana fungsi utamanya untuk mengalirkan bahan bakar pada saat mesin bekerja idle rpm.
Viral :   Fungsi Kiprok Motor dan Gejala Kiprok Rusak