Fungsi Shockbreaker Motor
Shockbreaker Motor

Fungsi Shockbreaker Motor & Cara Perawatannya

Fungsi Shockbreaker Motor adalah untuk peredam kejut atau meredam hentakan saat motor melewati jalanan keras atau berlubang. Shockbreaker juga menunjang kenyamanan pengguna sepeda motor. Jika sebuah motor tak memiliki Shockbreaker, pengguna motor bisa mengeluhkan sakit di bagian tubuhnya. Maka pada setiap motor biasanya sudah terpasang Shockbreaker motor, baik roda bagian depan maupun belakang .

Shockbreaker Motor atau juga dikenal sebagai suspensi ini terbuat dari material elastis yang mempunyai toleransi terhadap hentakan / tekanan tiba-tiba. Tujuan penggunaan matertial yang elastis ini agar ketika salah satu ujung Shockbreaker Motor tertekan tiba-tiba, maka ujung yang lain tidak berpengaruh. Tak hanya itu, material Shockbreaker / suspensi pada Motor juga harus kuat dan tahan deformasi akibat gaya tekan yang dikenakan secara terus menerus. Itulah alasanya mengapa suspensi terbuat dari material elastis khusus dan dicampur dengan beberapa logam.

Viral :   Inilah 4 Harga Motor Matic Terbaru dan Spesifikasinya

Fungsi Shockbreaker tak akan terlalu dirasakan jika anda sedang berjendara di permukaan halus, berbeda jika anda sedang berkendara di jalan yang berlubang / tidak rata, maka Shockbreaker ini akan sangat membantu karena daya pegang yg dimiliknya membuat anda merasa lebih nyaman. Jika Fungsi Shockbreaker menurun atau bahkan tidak berfungsi, maka anda akan cepat pegal saat berkendara. Jika hal ini disepelekan, motor anda yang tidak bisa meredam guncangan akan merubah posisi komponen motor dan bearing ban motor anda juga terkena imbas nya. Untuk itu, setelah kita mengetahui Fungsi Shockbreaker Motor, maka kini lakukanlah perawatan yang tepat untuk menjaga Shockbreaker Motor anda.

Cara Merawat Shockbreaker Motor

  • Jangan paksakan ngebut dijalan yang bergelombang / tidak rata
  • Usahakan hindari rute yang permukaannya tidak rata
  • Bersihkan Shockbreaker Motor Anda secara rutin.
  • Pastikan stanchion tetap aman
  • Perhatikan beban bawaan
  • Tak perlu pasang anting motor pada Shockbreaker Motor bagian belakang
  • Rutin ganti oli Shockbreaker
Viral :   Mengenal Ninja 4 Tak 250 4-Silinder, Inilah Spesifikasi Lengkapnya

Demikianlah paparan dari wartaoto.com terkait Fungsi Shockbreaker Motor & Cara Perawatannya.