Fungsi Sekring Motor
Sekring Motor

Fungsi Sekring Motor dan Penyebab Kerusakannya

Fungsi Sekring Motor ialah untuk memutuskan arus listrik pada semua komponen motor jika terjadi korsleting listrik secara mendadak Sekring Motor juga berfungsi sebagai pelindung komponen elektrik agar tidak mudah rusak. Sekring Motor sendiri terletak dibagian penyimpanan aki atau dekat pijakan kaki pengendara. Fungsi Sekring Motor sangat penting bagi kendaraan. Maka tak heran, jika sekring motor anda bermasalah, kendaraan bisa mogok bahkan sampai terjadi kebakaran.

Adapun sekring motor keluaran terbaru kini memiliki beragam varian dan fungsi yang berbeda pula, seperti: sekring lampu, sekring perapian, dan sekring kipas tambahan sesuai kebutuhan sepeda motor. Akan tetapi secara garis besar sekring motor terdiri dari dua jenis; sekring tube (tabung) dan sekring fulse blade (tancap).

  1. Sekring tube (tabung)
Viral :   Mengenal Lebih Dalam Tentang Spesifikasi Ducati Hypermotard 796

sekring motor jenis ini biasanya terdapat pada motor model lama dan sudah jarang ditemui pada motor model keluaran terbaru, karena sekring ini biasanya membutuhkan tempat yang cukup besar. Tak hanya itu, timah pada jenis sekring ini pun mudah meleleh jika soket kendur karna getaran mesin dari aliran listrik yang berlebih.

  1. Sekring fulse blade (tancap)

Motor keluaran terbaru sangat banyak menggunakan sekring motor jenis ini, karena cara pasangnya dengan ditancapkan maka sekring motor ini sering di sebut juga sekring tancap. Untuk sekring fulse blade (tancap) ini punya beberapa warna sekaligus kapasitasnya, yaitu:

  • Orange 5 A
  • Merah 10 A
  • Biru 15 A
  • Kuning 20 A
  • Ungu/Bening 25 A
  • Hijau 30 A

Dalam memilih sekring, anda harus hati-hati. Sesuaikan Sekring motor yang akan anda beli dengan batasan listrik sepeda motor anda, karena jika tidak maka akan merusak komponen-komponen yang memerlukan listrik.

Viral :   Kawasaki W175, Motor Retro yang Lolos Standar E3

Penyebab Kerusakannya

Untuk mengetahui kerusakan pada sekring motor; pastikan letak sekring sudah sesuai dengan model sepeda motornya > lepas sekring dan periksa kawatnya > bila kawatnya masih bagus, berarti sekring motor masih bagus > bila kawat terkoyak, berarti fungsi sekring motor sudah rusak atau terputus.

sekring motor yang rusak dapat mengganggu komponen lainnya, maka kenali penyebab-penyebab kerusakan sekring motor sejak dini untuk mengantisipasi. Berikut penyebab kerusakan sekring motor:

  • beban listrik berlebihan
  • ketebalan dan kualitas kawat sekring
  • korsleting listrik
  • gigitan hewan