Komponen Motor Starter
Motor Starter

Komponen Motor Starter Dan Fungsinya

Komponen starter motor dan fungsinya cukup praktis. Mulanya motor starter merupakan salah satu jenis motor yang sederhana karena dinilai lebih efisien untuk mesin, berbeda dengan jenis motor manual yang cukup rumit, lagipula motor starter mudah digunakan bagi pemula yang baru belajar menggunakan bermotor. Komponen motor starter dan fungsinya akan wartaoto.com pada kesempatan kali ini. Simak sampai tuntas ya!

Secara garis besar, komponen starter motor terbagi menjadi 2 bagian yaitu, komponen starter motor yang menghasilkan gaya putar dan komponen motor stater yang menjadi mekanisme pemindah tenaga. Berikut detailnya :

  1. Motor Housing atau wadah berfungsi untuk meletakkan berbagai komponen yang ada pada sistem starter. Rumah motor berbentuk tabung dan berasal dari bahan.
  2. Commutator termasuk dalam komponen motor starter yang berfungsi sebagai penghubung listrik dan sikat ke arah kuparan armature. Pada motor starter , komutator terhubung dengan arus positif dan negatif, sehingga komutator juga menjegah terjadinya hubungan pendek arus listrik.
  3. Sikat atau brush gunanyasebagai penghubung arus listrik dari static konduktor menuju dynamic konduktor
  4. Magnetic Switch atau biasa disebut saklar magnet yang berfunsi sebagai switch utama dalam mengatur arus listrik yang masuk ke bagian kumparan (field coil).
  5. Solenoid fungsinya sebagai penggerak drive pinion serta memberikan tegangan di bagian utama motor. Solenoid terbagi menjadi 2 jenis kumparan yaitu, pull in coil (untuk mendorong komponen plunger) dan hold in coil (untuk menghubungkan aliran arus baterai ke bagian motor utama)
  6. Yoke & Pole merupakan komponen motor starter dan fungsinya yang tak bisa dipisahkan. Yoke berfungsi untuk mengikat pole core yang terbuat dari logam dan bentuknya silinder seperti tabung. Sementara pole berfungsi sebagai pepnopang field core untuk memperkuat gaya magnet mesin.
  7. Armature (kumparan jangkar) yang bisa membangkitkan gerak daya putar yang menghasilkan arah gaya listrik. Fungsu armature untuk mengubah energi listrik mekanik menggunakan gerak putar.
  8. Drive lever berbentuk mirip garpu dan fungsinya untuk mendorong pinion gear dari ikatan ring gear yang berada pada flywheel
  9. Roda gigi pinion berfungsi sebagai penerus daya putar starter ke mesin dengan memutarkan ring gear. Selain itu, fungsi roda gigi pinion untuk menghubungkan gaya putara motor ke arah engkol pros mesin lewat flywheel.
  10. Plunger ini terletak di daerah ujung pull in coil yang berfungsi untuk menghubungkan gerak pull in coil ke drive lever atau dalam kata lain plunger hanya sebagai penghubung yang terbuat dari bahan kuat sehingga mampu bertahan dari tarikan pull in coil.
  11. Solenoid starter berfungsi untuk menggerakkan drive pinion serta memberi tegangan dibagian utama motor. Komponen pada solenoid sendiri terdiri dari pull in coil dan hold in coil.
Viral :   Mau Touring? Coba Tas Motor Berikut Ini