Cara Menyetel Karburator Mobil Agar Bensin Lebih Irit

Cara Menyetel Karburator Mobil – Karena pada prinsipnya karburator kendaraan memiliki sistem kerja sebagai media perbandingan antara bensin dan udara agar tepat. Ketepatan perbandingan ini akan sangat berguna bagi kendaraan anda,mulai dari kenyamanan saat mengendarainya , membuat awet kendaraan dan pastinya konsumsi bahan bakar akan lebih irit.

Ada beberapa tanda karburator mobil anda diharuskan untuk disetel ulang, misalnya terdengan suara atau bunyi mesin yang terlalu kasar. Jika mobil anda mengalami hal tersebut, ada baiknya anda sebagai pemilik kendaraan bisa mencoba menyetelnya sendiri tanpa harus dibawa ke bengkel.

Perlu diingat dan diperhatikan jika Cara menyetel karburator mobil yang salah bisa mengakibatkan kinerja dari karburator tidak maksimal, bahkan membuat Anda menjadi lebih boros bensin. Lalu bagaimana jika anda tidak bisa menyetel karburator sendiri ? Jangan kawatir, disini kami akan memberikan sedikit ulasan tentang cara menyetel karburator mobil yang benar.

1. Nyalakan mesin

Cara Menyetel Karburator Mobil yang pertama dengan terlebih dahulu menghidukan mesin agar semua komponen mesin dan oli bisa mendapatkan suhu normal. Hal ini berguna agar disaat anda menyetel karburator bisa mendapatkan hasil yang tepat. Sebaliknya jika anda tidak menghidupkan mesin , anda akan kesulitan untuk menemukan setelan yang tepat pada karburator mobil anda.

Viral :   Langkah Mudah Cara Membersihkan Air Flow Sensor
2. Lepaskan saringan Udara

Langkah selanjutnya yang dilakukan sebelum menyetel karburator mobil ialah melepaskan saringan udara. Cara melepaskannya cukup dengan melepas sekrup yang mengikat pada saringan udara. Pada umumnya dibeberapa merk mobil, demi menjangkau karburator mobil anda diharuskan untuk melepas saringan udara atau filter terlebih dahulu.

3. Temukan Baut Setelan Karburator

Cara Menyetel Karburator Mobil selanjutnya yaitu menemukan baut setelan karburator. Setelah saringan udara atau filter terlepas, maka anda bisa dengan mudah menemukan dua buah baut yang berguna untuk mengatur jumlah campuran bensin dan udara didalam karburator mobil anda. Baut yang satu berfungsi untuk mengatur bensin sedangkan yang satunya untuk setelan udara yang masuk ke karburator mobil anda.

4. Perhatikan suara mesin

Perlu anda ketahui, bahwa mesin yang memiliki campuran bensin dan udara yang kurang akan bersuara atau berdenging ketika pada posisi gas / RPM tinggi. Jika itu terjadi, anda perlu menambahkan bensin pada campuran. Sebaliknya, jika campuran bensin yang banyak akan mengeluarkan suara berdenging namun akan terasa aroma bensin, maka dari itu anda mulai mencoba untuk mengurangi setelan baut bensinnya.

Viral :   Jangan Panik ! Lakukan Langkah Ini Untuk Mengatasi Mesin Mobil Overheat
5. Temukan setelan baut yang sesuai

Langkah selanjutnya yaitu menemukan setelan baut yang sesuai, caranya yaitu dengan memutarkan sekrup dengan obeng seperempat putaran yang berlawanan dengan arah jarum jam, lalu balas putaran tersebut sampai anda menemukan suara mesin yang lembut, begitupun sebaliknya pada baut yang satu. Putar baut dengan cara berlawanan dengan arah jarum jam dan balas putaran tersebut sampai tidak ada bunyi yang tersedat ketika gas / RPM yang tinggi.

6. Pasang Saringan Udara

Jika sudah menemukan setelan yang pas dan tepat pada karburator mobil anda, jangan lupa untuk memasang kembali saringan udara pada tempatnya.

Pengaturan atau setelan yang tepat ini bisa membuat mesin mobil anda terdengar lembut, dan performa dari karburator mobil anda menjadi lebih optimal dan pastinya bisa membuat bensin lebih irit.