Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil

Cara Kerja Karburator Mobil dan Komponennya

cara kerja karburator mobil perlu kita ketahui sebagai pemilik mobil. Meski kita bisa saja memakai jasa montir untuk memperbaiki kendaraan kita saat ada masalah. Namun tidak ada salahnya untuk mengetahui salah satu komponen penting terkait mobil anda. Salah satu komponen penting pada mobil ialah karburator yang fungsinya untuk mengatur pencampurn udara dan bensin yang nantinya akan dipakai untuk menggerakkan piston mobil anda. Lalu bagaimana cara kerja karburator mobil? Dan apa saja komponennya?

Cara Kerja Karburator Mobil

  • Penghisapan Udara

Cara kerja karburator mobil pada tahapan pertama yaitu uddara masuk ke bagian karburator dengan bantuan pompa piston. Udara yang masuk tersebut tidak akan bisa masuk bila kondisi choke dalam keadaan menutup. Untuk beberapa macam mesin, choke akan bekerja secara otomatis. Namun ada juga yang harus diatur secara manual menggunakan tuas. Udara yang masuk dalam karburator akan masuk k dalam ruang bakar karburator & membuat bahan bakar bensin terhisap ketika melewati venturi.

  • Penghisapan Bahan Bakar

Tahapan selanjutnya dalam cara kerja karburator adalah penghisapan bahan bakar yang terjadi di venturi. Pada bagian venturi ini ada saluran capillary tube yang menyalurkan bahan bakar dari reservoir. Bahan bakar dapat masuk dalam ruang sempit venturi karena perbedaan tekanan antara reservoir serta tekanan dalam venturi. Hal ini juga bia dippengaruhi oleh kecepatan pada venturi lebih cepat dari pada dalam reservoir yang berkecepatan nol.

  • Pencampuran Udara & Bahan Bakar

Berikutnya pada tahapan pencampuran udara & bahan bakar ini berlangsung di venturi (ruang bakar). Bahan bakar disemprotkan sampai menjadi bagian yang sangat kecil atau atomisasi. Setelah bahan bakar & udara tercampur, maka campuran bensin & udara ini akan digiring ke intake manifold untuk melakukan proses kompresi serta pembakaran dengan bantuan busi.

Viral :   Deretan Harga Mobil BMW Indonesia Terbaru

Komponen Karburator

Cara kerja karburator tak bisa berjalan dengan lancar tanpa bantuan komponen-komponen dari karburator itu sendiri. Ada banyak komponen yang tersusun dalam karburator, namun kali ini wartaoto akan memaparkan beberapa komponen yang  punya fungsi atauperan besar.

  •  Reservoir

Ini adalah tempat untuk menyimpan bahan bakar. Dalam komponen reservoir terdapat pelampung yang bertugas untuk mengendalikan supply bahan bakar sebelum dikarburasikan.

  • Capillary Tube

komponen yang satu ini hanya tabung selang yang fungsinya untuk menyalurkan bahan bakar dari reservoir ke ruang pembakaran pada area venturi.

  • Venturi

Venturi merupakan bagian pada ruang bakar yang menyempit yang bertujuan agar terjadi perbedaaan kecepatan udara fi ruang bakar yang nantinya menyebabkan bahan bakar keluar dari reservoir ke ruang bakaar lewat capillary tube.

  • Choke

komponen choke ini adalah pintu gerbang udara yang masuk ke ruang bakar dan choke ini bisa bekerja secara maunal maupun otomatis.

  • Throttle

Theottle merupakan katup yang bergerak yang tergantung pada pengemudi yang dapat terbuka sempit dan juga terbuka lebar. Bila terbuka lebar, maka campuran udara & bahan bakar yang teratomisasi akan masuk ke dalam intake manifold dalam jumlah yang cukup besar.

Viral :   Spesifikasi dan Harga Mobil Honda HRV Terbaru

Demikianlah ulasan tentang Cara Kerja Karburator Mobil dan Komponennya. Semoga informasi ini bermanfaat 🙂