Sejarah dan Harga Bekas Kijang Kotak Toyota

Toyota Kijang yang dijual dari tahun 1975 hingga 1996 memiliki beberapa nama lain. Toyota Kijang Super adalah nama yang diberikan untuk generasi ketiganya. Nama Kijang Kotak populer karena bentuk kotak sederhananya.

Sementara itu, sebutan Kijang Buaya dan Kijang dikenal karena bentuk moncong mobil yang mirip buaya atau tokoh komik koran.

Hingga saat ini, mobil bekas Kijang masih diminati banyak orang. Namun, saat ini harga mobil bekas Kijang Super sedang turun akibat pandemi. Harganya sekarang berada di kisaran Rp20 juta sampai Rp40 juta.

Harga awal Rp20 juta juga menjadi batas bawah harga mobil bekas Kijang di Showroom Jakarta. Tentunya harga ini masih bisa berubah-ubah sesuai mobil yang tersedia dan kondisi mobilnya.

Sejarah Kijang Kotak Toyota

Mobil ini adalah mobil generasi ketiga Toyota Kijang. Sebelumnya, ada generasi pertama Kijang Buaya dan generasi kedua Kijang Doyok. Kijang Buaya pertama kali dihadirkan pada 8 Juni 1977 sebagai mobil pick up.

Setelah melihat pasar juga menggunakan Kijang untuk mengantar keluarga, dimulailah perjalanan Kijang sebagai mobil keluarga berbentuk minibus. Ciri khasnya adalah jendela tanpa kaca, hadirnya bonnet atau ruang mesin di depan mobil, dan desain depan mobil yang mirip buaya, menggunakan mesin Corolla 3K 1200cc.

Viral :   Skoda Karoq Facelift 2022 Hadir Dengan Pembaruan Visual Ringan Dan Lebih Banyak Teknologi

Di generasi keduanya, Kijang Doyok sudah dilengkapi jendela kaca, desain eksterior yang lebih mulus, dan engsel pintu tersembunyi. Bentuknya disebut mirip dengan tokoh komik Doyok di koran Pos Kota sehingga menjadi nama panggilan mobil satu ini. Pada produksi tahun 1981-1985, mesin mobil diganti menjadi mesin 5K 1500 cc.

Kijang Kotak sebagai generasi ketiga juga dikenal dengan nama Kijang Super. Kijang ini diproduksi dari tahun 1986 hingga 1966. Ada dua versi yang diluncurkan, kode KF40 untuk mobil bersasis pendek dan KF50 untuk yang bersasis panjang.

Kemudian, ada Kijang Grand Estra yang sudah memiliki fitur dan fasilitas yang cocok sebagai mobil keluarga, seperti ada AC, penyempurnaan karburator, dan dasbor baru. Tahun 1995, mesin mobil diganti menjadi mesin 7K 1800cc yang semakin menyempurnakan mobil Kijang Toyota.

Setelah itu, Kijang Toyota terus meluncurkan seri-seri baru: ada Kijang Kapsul, Kijang Kijang Innova, dan All News Kijang Innova. Mobil Kijang terbaru saat ini berkapasitas 1.998 cc dengan tenaga terkuat 139 ps dan torsi 18.7 kgm.

Spesifikasi Kijang Kotak Toyota

Mesin yang dipakai adalah mesin 5k dengan 4 silinder dan kapasitas 1.486 cc. Tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 61,5 tenaga kuda dan torsi maksimum 110,8 Nm.

Viral :   Inilah 4 Mobil Double Cabin Terbaik Saat ini

Kijang Super adalah mobil Kijang pertama yang menggunakan transmisi manual 5 percepatan. Hal ini untuk mendukung mobil berjalan mulus dan kuat di jalan tanjakan dengan muatan banyak.

Seperti namanya, bentuk mobil Kijang menyerupai kotak. Ukurannya mencapai 4.290 mm x 1.620 mm x 1.775 mm. Ground clearance-nya setinggi 165 mm. Untuk Kijang berkode KF50, panjangnya lebih 20 cm dibandingkan Kijang Super KF40. Perbedaan panjang ini terletak di sasis mobil.

Untuk desain interior, bahan dasbor sudah diganti dari bahan besi menjadi bahan plastik. Warnanya cokelat dan dilengkapi laci tertutup. Kedua kursi depan juga sudah bisa diatur untuk memudahkan akses kursi tengah.

Kursi tengah dan kursi belakang juga bisa dilipat untuk meluaskan ruang bagasi. Dengan kata lain, Mobil-mobil Kijang memiliki kapasitas penumpang dan ruang bagasi yang besar serta bisa diatur sesuai kebutuhan.

Pada fitur keamanan, AC adalah fitur yang hanya dipasang bila diminta ke dealer. Ban cadangan mobil diletakkan di bagian kiri bawah kursi penumpang depan. Ban tidak dilengkapi pelindungnya. Ada juga speedometer berlatar kuning yang menampilkan informasi penting mobil Kijang Kotak ini.