Daftar Kode DTC Avanza

Daftar Kode DTC Avanza Dan Cara Membacanya

Hallo, kawan OTO! Apakah kamu sedang mengalami masalah pada mobil Avanza-mu? Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat mobil bermasalah adalah kode DTC atau Diagnostic Trouble Code. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu kode DTC Avanza, daftar kode DTC Avanza dan cara membacanya.

Kode DTC Avanza

Sebelum kita mengetahui apa saja daftar kode DTC Avanza. Maka sebaiknya kita pahami dahulu apa itu kode DTC Avanza. DTC sendiri adalah kode yang dihasilkan oleh sistem diagnosis mobil Avanza saat terjadi masalah pada sistem kendaraan. Kode ini membantu teknisi untuk menemukan penyebab masalah pada mobil dan memperbaikinya dengan cepat dan efektif. Kode DTC terdiri dari tiga karakter yang masing-masing memiliki arti tertentu. Untuk membaca kode DTC pada mobil Avanza, pertama-tama kamu harus menghubungkan alat diagnosis ke port OBD atau On-Board Diagnostic yang terletak di bawah dashboard mobil. Setelah itu, alat diagnosis akan membaca kode DTC yang dihasilkan oleh sistem kendaraan. Salah satu contoh kode DTC pada mobil Avanza adalah P0101 yang menunjukkan adanya masalah pada sensor aliran udara. Kode ini mungkin muncul jika sensor aliran udara rusak atau terjadi masalah pada kabel atau konektor yang terhubung ke sensor tersebut. Kode DTC lain yang sering muncul pada mobil Avanza adalah P0300 yang menunjukkan adanya masalah pada sistem pembakaran mesin. Kode ini bisa muncul jika terjadi masalah pada busi, kabel busi, atau sistem bahan bakar.

Selain itu, kode DTC P0420 juga sering muncul pada mobil Avanza yang sudah berusia lebih dari 5 tahun. Kode ini menunjukkan adanya masalah pada sistem emisi kendaraan dan biasanya disebabkan oleh kerusakan pada katalisator atau sensor oksigen.

Kode DTC pada mobil Avanza tidak hanya menunjukkan adanya masalah pada sistem kendaraan, tetapi juga bisa memberikan informasi tentang kondisi kendaraan secara umum. Misalnya, kode DTC P0171 menunjukkan adanya masalah pada sistem bahan bakar yang bisa disebabkan oleh kebocoran vakum atau tekanan bahan bakar yang rendah.

Selain membaca kode DTC, alat diagnosis juga bisa menghapus kode DTC yang muncul pada mobil Avanza. Setelah kode DTC dihapus, sistem diagnosis akan mengulangi pengujian untuk memastikan bahwa masalah telah teratasi.

Penting untuk diingat bahwa membaca dan menghapus kode DTC pada mobil Avanza hanya bisa dilakukan dengan menggunakan alat diagnosis yang sesuai. Jangan mencoba membuka atau memperbaiki sistem kendaraan jika kamu tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup.

Selain menggunakan alat diagnosis, kamu juga bisa membaca kode DTC pada mobil Avanza dengan menggunakan smartphone yang telah terinstal aplikasi OBD-II. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membaca dan menghapus kode DTC dengan mudah dan cepat.

Namun, kamu harus memastikan bahwa smartphone yang kamu gunakan memiliki koneksi Bluetooth atau WiFi untuk terhubung dengan alat diagnosis. Selain itu, pastikan juga bahwa aplikasi OBD-II yang kamu gunakan cocok dengan mobil Avanza-mu.

Dalam beberapa kasus, kode DTC pada mobil Avanza mungkin sulit dibaca atau dihapus. Hal ini mungkin terjadi jika masalah pada sistem kendaraan terjadi secara terus-menerus atau jika terdapat masalah pada sistem diagnosis itu sendiri. Jika hal ini terjadi, sebaiknya kamu membawa mobil Avanza-mu ke bengkel resmi atau spesialis yang ahli dalam menangani masalah pada mobil.

Untuk mencegah munculnya kode DTC pada mobil Avanza, kamu bisa melakukan perawatan dan servis secara rutin. Servis yang dilakukan secara teratur dapat membantu untuk mendeteksi masalah pada sistem kendaraan sejak awal sehingga dapat diatasi dengan lebih mudah dan murah.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan pemeriksaan secara mandiri pada beberapa komponen utama mobil Avanza, seperti sistem pembakaran, sistem bahan bakar, dan sistem emisi. Pemeriksaan ini dapat dilakukan secara berkala dan dapat membantu kamu untuk mendeteksi masalah pada mobil sebelum masalah tersebut terjadi secara serius.

Viral :   Fungsi Stabilizer Link Pada Mobil Yang Harus Anda Ketahui!

Untuk melakukan pemeriksaan pada sistem pembakaran, kamu bisa memeriksa kondisi busi dan kabel busi secara berkala. Jika terdapat kerusakan pada busi atau kabel busi, segera ganti dengan yang baru agar sistem pembakaran mobil Avanza-mu dapat bekerja dengan baik.

Untuk melakukan pemeriksaan pada sistem bahan bakar, kamu bisa memeriksa kondisi filter bahan bakar secara berkala. Filter bahan bakar yang kotor dapat menyebabkan masalah pada sistem bahan bakar dan menyebabkan munculnya kode DTC pada mobil Avanza.

Untuk melakukan pemeriksaan pada sistem emisi, kamu bisa memeriksa kondisi katalisator secara berkala. Katalisator yang rusak atau kotor dapat menyebabkan munculnya kode DTC pada mobil Avanza.

Dalam melakukan perawatan dan servis pada mobil Avanza, pastikan kamu menggunakan suku cadang yang asli dan berkualitas. Suku cadang yang asli dan berkualitas dapat menjamin keandalan dan kinerja sistem kendaraan mobil Avanza-mu.

Daftar kode DTC pada mobil Avanza

Bagi yang memiliki mobil Avanza, tentunya kamu pernah mengalami masalah pada mobil yang membuat kamu merasa kesal. Salah satu masalah yang sering terjadi pada mobil Avanza adalah munculnya kode DTC. DTC (Diagnostic Trouble Code) adalah kode kesalahan yang dihasilkan oleh sistem diagnosis kendaraan yang dapat membantu mengidentifikasi masalah pada mobil. Pada artikel ini, kami akan membahas daftar kode DTC Avanza yang lengkap agar kamu dapat mengatasi masalah pada mobil dengan lebih mudah dan cepat.

  1. P0100 – Masalah pada sensor massa udara Kode DTC P0100 menunjukkan bahwa terdapat masalah pada sensor massa udara pada mobil Avanza. Masalah ini dapat menyebabkan mesin mobil berjalan tidak stabil, kurang bertenaga, atau konsumsi bahan bakar yang lebih besar dari biasanya.
  2. P0110 – Masalah pada sensor suhu udara masuk Kode DTC P0110 menunjukkan bahwa terdapat masalah pada sensor suhu udara masuk pada mobil Avanza. Masalah ini dapat menyebabkan mesin mobil sulit untuk dihidupkan atau kurang bertenaga saat digunakan.
  3. P0120 – Masalah pada sensor posisi throttle Kode DTC P0120 menunjukkan bahwa terdapat masalah pada sensor posisi throttle pada mobil Avanza. Masalah ini dapat menyebabkan mesin mobil berjalan tidak stabil, kurang bertenaga, atau mati mendadak saat digunakan.
  4. P0130 – Masalah pada sensor oksigen Kode DTC P0130 menunjukkan bahwa terdapat masalah pada sensor oksigen pada mobil Avanza. Masalah ini dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar yang lebih besar dari biasanya, mesin mobil berjalan tidak stabil, atau mesin mobil mati mendadak saat digunakan.
  5. P0133 – Masalah pada sensor oksigen (sirkuit lambat) Kode DTC P0133 menunjukkan bahwa terdapat masalah pada sensor oksigen (sirkuit lambat) pada mobil Avanza. Masalah ini dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar yang lebih besar dari biasanya atau mesin mobil berjalan tidak stabil.
  6. P0135 – Masalah pada sensor oksigen (sirkuit pemanasan) Kode DTC P0135 menunjukkan bahwa terdapat masalah pada sensor oksigen (sirkuit pemanasan) pada mobil Avanza. Masalah ini dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar yang lebih besar dari biasanya, mesin mobil berjalan tidak stabil, atau mesin mobil mati mendadak saat digunakan.
  7. P0140 – Masalah pada sensor oksigen (sirkuit bawah) Kode DTC P0140 menunjukkan bahwa terdapat masalah pada sensor oksigen (sirkuit bawah) pada mobil Avanza. Masalah ini dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar yang lebih besar dari biasanya, mesin mobil berjalan tidak stabil, atau mesin mobil mati mendadak saat digunakan.
  8. P0171 – Masalah pada sistem bahan bakar (campuran terlalu miskin) Kode DTC P0171 menunjukkan bahwa terdapat masalah pada sistem bahan bakar (campuran termiskin) pada mobil Avanza. Masalah ini dapat menyebabkan mesin mobil berjalan tidak stabil atau kurang bertenaga, terutama pada saat akselerasi.
Viral :   Mengapa Celah Katup Perlu Disetel? Ternyata Ini Dampaknya!
  1. P0172 – Masalah pada sistem bahan bakar (campuran terlalu kaya) Kode DTC P0172 menunjukkan bahwa terdapat masalah pada sistem bahan bakar (campuran terlalu kaya) pada mobil Avanza. Masalah ini dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar yang lebih besar dari biasanya, mesin mobil berjalan tidak stabil atau mati mendadak saat digunakan.
  2. P0200 – Masalah pada injektor Kode DTC P0200 menunjukkan bahwa terdapat masalah pada injektor pada mobil Avanza. Masalah ini dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar yang lebih besar dari biasanya, mesin mobil berjalan tidak stabil atau mati mendadak saat digunakan.
  3. P0300 – Masalah pada sistem pembakaran Kode DTC P0300 menunjukkan bahwa terdapat masalah pada sistem pembakaran pada mobil Avanza. Masalah ini dapat menyebabkan mesin mobil berjalan tidak stabil atau kurang bertenaga saat digunakan.
  4. P0325 – Masalah pada sensor detikar Kode DTC P0325 menunjukkan bahwa terdapat masalah pada sensor detikar pada mobil Avanza. Masalah ini dapat menyebabkan mesin mobil berjalan tidak stabil, kurang bertenaga atau mati mendadak saat digunakan.
  5. P0335 – Masalah pada sensor posisi kruk as Kode DTC P0335 menunjukkan bahwa terdapat masalah pada sensor posisi kruk as pada mobil Avanza. Masalah ini dapat menyebabkan mesin mobil berjalan tidak stabil, kurang bertenaga atau mati mendadak saat digunakan.
  6. P0340 – Masalah pada sensor posisi nok Kode DTC P0340 menunjukkan bahwa terdapat masalah pada sensor posisi nok pada mobil Avanza. Masalah ini dapat menyebabkan mesin mobil berjalan tidak stabil, kurang bertenaga atau mati mendadak saat digunakan.
  7. P0400 – Masalah pada katup EGR Kode DTC P0400 menunjukkan bahwa terdapat masalah pada katup EGR pada mobil Avanza. Masalah ini dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar yang lebih besar dari biasanya atau mesin mobil berjalan tidak stabil.
  8. P0401 – Masalah pada katup EGR (aliran terlalu sedikit) Kode DTC P0401 menunjukkan bahwa terdapat masalah pada katup EGR (aliran terlalu sedikit) pada mobil Avanza. Masalah ini dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar yang lebih besar dari biasanya atau mesin mobil berjalan tidak stabil.
  9. P0402 – Masalah pada katup EGR (aliran terlalu banyak) Kode DTC P0402 menunjukkan bahwa terdapat masalah pada katup EGR (aliran terlalu banyak) pada mobil Avanza. Masalah ini dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar yang lebih besar dari biasanya atau mesin mobil berjalan tidak stabil.
  10. P0420 – Masalah pada katalisator Kode DTC P0420 menunjukkan bahwa terdapat masalah pada katalisator pada mobil Avanza. Masalah ini dapat menyebabkan emisi gas buang yang lebih besar dari biasanya atau mesin mobil berjalan tidak stabil.
  1. P0500 – Masalah pada sensor kecepatan kendaraan Kode DTC P0500 menunjukkan bahwa terdapat masalah pada sensor kecepatan kendaraan pada mobil Avanza. Masalah ini dapat menyebabkan speedometer tidak berfungsi atau mesin mobil berjalan tidak stabil saat dijalankan pada kecepatan tertentu.
  2. P0505 – Masalah pada idle control system Kode DTC P0505 menunjukkan bahwa terdapat masalah pada idle control system pada mobil Avanza. Masalah ini dapat menyebabkan mesin mobil berjalan tidak stabil atau mati mendadak saat dijalankan pada kecepatan rendah.

Dalam kesimpulan, terdapat banyak daftar kode DTC yang bisa muncul pada mobil Avanza, masing-masing dengan penyebab dan gejala yang berbeda. Penting untuk memahami apa yang diindikasikan oleh kode DTC tersebut, sehingga Anda bisa segera menyelesaikan masalah dan menjaga mobil Avanza Anda tetap dalam kondisi prima. Jika Anda tidak yakin bagaimana cara menyelesaikan masalah yang diindikasikan oleh kode DTC, sebaiknya Anda membawa mobil Anda ke bengkel resmi Toyota atau mekanik yang berpengalaman untuk diperiksa dan diperbaiki. Hal ini penting untuk menghindari kerusakan yang lebih besar dan menghemat biaya perbaikan di masa depan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, kawan OTO!