Fungsi Rocker Arm
Rocker Arm

Fungsi Rocker Arm Pada Kendaraan Bermotor

Fungsi Rocker Arm Pada kendaraan bermotor memang jarang diketahui oleh banyak kalangan, bahkan bentuknya saja tidak tau. Padahal fungsi Rocker Arm sendiri sangat penting untuk menunjang kinerja mesin. Tanpa hadirnya Rocker Arm yang bekerja secara optimal, maka kendaraan anda tidak bisa digunakan. Rocker Arm atau sepala silinder ini mempunyai proses pendinginan untuk mesin. Jadi apa sebenarnya fungsi dari Rocker Arm pada kendaraan? Dan sebelumnya kita perlu mengetahui apa sebenarnya komponen yang satu ini dan mengapa begitu penting keberadaannya. Mari simak rangkumannya dibawah ini!

Fungsi Rocker Arm

Rocker Arm sendiri merupakan sebuah. Perangkat dalam mesin mobil yang termasuk bagian dari sistem valve train di kepala silinder (cylinder head). Maka Rocker Arm. Ini sangat mudah ditemui dalam mesin dengan jenis OHV (Over Head Valve) & jenis OHC (Over HEad Camshaft). Rocker Arm juga kerap disebut dengan pelatuk katup atau templar, dimana letaknya sangat mudah ditemukan yaitu terletak di penggalan kepala silinder atau lebih tepatnya dipasang pada sebuah shaft. Nah bagian inilah yang disebut dengan Rocker Arm shaft yang letaknya ada dianatara camshaft & katup.

Viral :   Spesifikasi Lengkap Toyota RAV4, SUV Premium

Sebenarnya Rocker Arm juga bisa diartikan sebagai penghubung antara camshaft dengan katup. Mengingat letaknya yang cukup strategis, Rocker Arm memiliki beberapa fungsi yang tidak boleh disepelekan, antara lain sebagi berikut:

  • Membuka serta Menutup Katup Hisap

Fungsi Rocker Arm Pada Kendaraan Bermotor Ialah untuk membuka serta menutup katup hisap / intake valve, dimana pergerakan membuka dan menutup ini di tentukan oleh Rocker Arm sendiri dengan bantuan camlobe (nok) yang ada pada camshaft. Maka ketika camlobe mendorong Rocker Arm, maka akan terjadi proses penekanan katup sehingga terbuka secara otomatis. Pada saat katup intake ditekan Rocker Arm, maka pencampuran. Matertial bakar & udara dapat dengan mudah masuk ke ruang bakar mesin.

  • Membuka serta Menutup Katup Buang

Selanjutnya, selain untuk membuka serta menutup katup hisap, Rocker Arm juga bekerja menutup serta membuka katup buang / exhaust valve. Untuk kinerjanya pun kurang lebih sama seperti membuka & menutup katup hisap. Ketika katup buang tertekan Rocker Arm, maka gas yang dihasilkan pembakaran dapat dengan mudah keluar dari ruang bakar menju exhaust manifold.

  • Mempunyai Bentuk yang Beragam

Jika dilihat dari bentuknya, Rocker Arm memiliki bentuknya yang berbeda – beda. Ada yang menggunakan roller di saah satu ujungnya. Ada juga yang hanya berbentuk mirip ganjalan sepatu. Dan semua bentuk dari Rocker Arm ini tergantung pada model yang ada di sistem valve trainnya.

Viral :   Toyota Akan Reproduksi Suku Cadang Pilihan Untuk Land Cruiser Seri 40 Klasik

Bagaimana? Sekarang anda sudah tau bukan apa saja peran dari Rocker Arm Pada Kendaraan Bermotor? Mengingat pentingnya fungsi Rocker Arm ini, amaka komponen ini harus dijaga suapaya tetap prima dan jangan sampai rusak karena bisa berpengaruh pada kinerja mesin mobil anda.