Carburetor of the internal combustion engine of a VAZ 2106. Automobile parts and spare parts.

Inilah Cara Memperbaiki Karburator Banjir Tanpa Harus Membongkarnya

Cara Memperbaiki Karburator Banjir – Saat ini mungkin sudah banyak motor yang didesign menggunakan sistem injeksi.Yang mana pada sistem injeksi, motor sudah terbebas dari masalah karburator bocor atau biasa disebut karburator banjir. Namun untuk motor yang belum menggunakan sistem injeksi tentunya masih banyak ditemukan mengalami kejadian karburator banjir. Hal ini mengakibatkan karburator tidak bisa bekerja sebagaimana fungsinya. Karburator yang banjir atau bocor disebabkan karena needle valve yang tidak menutup dengan sempurna, sehingga menyebabkan bagian pelampung yang ada dikarburator menjadi meluap.

Cara memperbaiki karburator banjir, sebenarnya cukup mudah. Tinggal anda overhoule untuk membersihkan bagian sistem pelampungnya, karena mungkin salah satu penyebabnya hanya jarum yang tersumbat kotoran atau hal sepele lainnya. Lalu bagaimana jika anda tidak paham membongkar atau melepas karburator dari mesin ? Anda jangan kawatir, karena cara memperbaiki karburator banjir bisa juga tanpa harus perlu melepas karburator dari mesin.

Viral :   Sepeda Motor Vario Terbaru 2022

Cara memperbaiki karburator banjir tanpa harus membongkarnya yaitu anda cukup melepaskan mangkok karbu yang terpasang dibagian bawah karbu. Mangkok karbu berfungsi untuk menampung bensin dari tanki bahan bakar. Cara melepaskannya cukup gampang, anda hanya perlu melepas empat buah sekrup yang bisa diepas menggunakan obeng. Setelah mangkok karbu terlepas, anda akan melihat pelampung yang terbuat dari bahan plastik. Lalu lepaskan pelampung dari dalam karburator beserta needle valvenya. Untuk melepas pelampung ini anda cukup menarik pin penguncinya saja.

Setelah pelampung terlepas, cobalah test pelampungnya dengan cara mengapungkan ke dalam air sambil ditekan tekan. Jika pelampung masih mengambang dengan baik, berarti pelampung masih dalam kondisi baik dan tidak perlu diganti. Langkah selanjutnya bersihkan bagian atas pada mangkok karbu, hal ini bertujuan untuk membersihkan kotoran yang mengganjal pada jarum pelampung sehingga tidak bisa menutup. Cara membersihkannya cukup menggunakan bensin, sikat gigi dan carburator cleaner.

Viral :   Harga Motor Listrik Uwinfly

Jangan lupa cek juga kondisi needle valve nya, apakah pada permukaan jarumnya rata atau tidak. Caranya dengan pasang jarum dan pelampung seperti biasa lalu cobalah buka kran bensin sambil tekan pelampung kearah atas.Normalnya jika sedikit saja ditekan, bensin tidak akan keluar. Tapi jika bensin masih menetes juga, itu tadanya needle valve yang mengalami kerusakan dan perlu diganti.

Kata PencarianBeat Karbu 2012 ,Harga Karbu Pe 28 ,Karbu ,Karbu Pe 24 ,Karbu Pe 28 ,Karbu Pwk,Karbu Pwk 28 ,Karburator ,Ninja 250 Karbu ,Vario 110 Karbu