Kenali Beberapa Penyebab dan Ciri – ciri Motor Turun Mesin

Penyebab Motor Turun Mesin – Merawat sepeda motor terkadang gampang gampang susah, kita diharuskan untuk teliti dan rutin melakukan perawatan pada motor kita. Ada istilah “mencegah lebih baik dari pada mengobati”, ya… mencegah motor turun mesin akan jauh lebih hemat daripada memperbaikinya. Hal ini dikarenakan biaya turun mesin tidaklah murah.

Ada banyak hal yang membuat motor turun mesin, salah satu faktor yang menjadi penyebab motor turun mesin yaitu perawatan motor yang kurang. Maka dari itu bagi kita yang memiliki sepeda motor ada baiknya rutin mengurus sepeda motor dengan baik agar terhindar dari turun mesin.

Penyebab Motor Turun Mesin

1. Sering telat mengganti oli mesin motor

Seringkali kita selalu malas atau mengabaikan mengganti oli mesin motor, padahal akibatnya sangat fatal bisa berdampak buruk pada mesin motor kita. Hal ini dikarenakan oli mesin merupakan bagian vital dan bertugas untuk mendinginkan suhu serta meminimalisir gesekan yang terjadi pada mesin motor dengan mengisi celah celah antara roda gigi gear dan bagian mesin lainnya.

2. Motor sering digunakan menerobos banjir

Salah satu penyebab motor turun mesin yaitu Keseringan menerobos banjir. Hal ini dikarenakan ketika kita menerobos banjir, air bisa masuk ke mesin dan bercampur dengan oli. Sehingga performa motor saat dikendarai berkurang dikarenakan pelumasan oli tidak akan sempurna jika tercampur dengan air. Air yang masuk kedalam mesin motor juga bisa mengakibatkan karatan dan membuat motor mati mendadak saat digunakan.

Baca Juga  Simak 5 Tips Mencegah Agar Motor Tidak Turun Mesin
3. Malas melakukan servis secara rutin

Kebanyakan pemilik motor saat ini terlalu meremehkan urusan service motor secara rutin, salah satu alasannya karena motor masih dalam performa baik. Padahal motor yang jarang di service secara rutin bisa mengalami kerusakan hingga bisa membuat motor turun mesin. Ada baiknya melakukan servis motor ke bengkel resmi. Hal ini berguna agar anda bisa dibertahu lagi kapan saatnya untuk servis motor selanjutnya.

4. Modifikasi mesin

Sepeda Motor yang pernah melakukan bore-up jelas memiliki tingkat resiko turun mesin yang lebih tinggi, Hal ini dikarenakan proses bore-up atau menaikan cc motor membuat mesin harus bekerja lebih ekstra sehingga membuatnya lebih cepat aus atau berumur pendek.

5. Tidak mengganti air radiator secara rutin

Penyebab motor turun mesin selanjutnya adalah air radiator yang jarang dicek dan diganti. Air radiator memiliki peran penting yaitu untuk mendinginkan mesin saat motor sedang digunakan. Jadi ketika air radiaor habis, maka mesin motor akan lebih cepat panas saat digunakan dan jika sampai overheating maka akan mempengaruhi kinerja oli yang tidak mampu bersikulasi degan baik. Akibatnya, ruang gerak piston menjadi rapat dan berujung pada seher yang terkunci.

6. Berkendara dengan buruk

Cara menggunakan motor pun bisa menjadi penyebab mesin motor anda turun mesin. Jika kita perhatikan banyak sekali dari pengendara motor dengan sengaja sering menggeber geberkan gas saat di jalan, sebaiknya gaya bermotor seperti sangat dihindari. Sebab dengan gaya berkendara seperti akan membuat part atau komponen mesin motor akan cepat aus dan rusak.

Jika anda banyak melewatkan beberapa poin diatas, ada baiknya anda segera periksakan motor anda ke bengkel guna meminimalisir kerusakan kerusakan yang tidak diinginkan dan bisa mencegah motor anda turun mesin. Berikut beberapa ciri ciri motor anda harus turun mesin :

Baca Juga  Simak 5 Tips Mencegah Agar Motor Tidak Turun Mesin
1. Keluar asap putih

Hal ini terjadi dikarenakan adanya oli yang masuk kedalam ruang pembakaran sehingga ikut terbakar, hal ini menandakan bahwa mesin motor anda mengalami kebocoran. Jika ini terjadi pada motor anda , segeralah perbaiki dengan cara membongkar mesin motor dan cari part yang mengalami kerusakan.

2. Motor susah menyala

Mesin yang rusak membuat oli naik ke ruang pembakaran, sehingga menyebabkan motor susah menyala dikarenakan busi menjadi basah yang membuat motor susah nyala. Hal ini juga bisa menimbulkan kerak pada busi dan membuat umur busi menjadi pendek.

3. Mesin mengeluarkan suara kasar

Penyebab mesin mengeluarkan suara kasar yaitu dikarenakan mesin kehabisan oli sehingga part mesin saat bekerja tidak ada pelumasnya. Maka dari itu , rutin mengganti oli bisa mencegah motor tidak cepat turun mesin.

4. Motor tidak lagi bertenaga

Penyebab motor tidak lago bertenaga adalah ring seher kehilangan tenaga. Motor yang tenaganya sudah berkurang juga bisa menjadi indikasi kerusakan mesin. penyebab ring seher kehilangan tenaga dikarenakan mesin yang kekurangan oli sehingga pelumasan komponen yang sering bergesekan jadi tidak sempurna. Perlu diketahui perkara motor tidak bertenaga ini juga cukup kompleks dan harus didiskusikan dengan ahli, karena bisa saja tenaga kurang bukan karena mesin, namun bagian lain seperti CVT pada motor matic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *