jenis SST dalam Otomotif

Mengenal Pengertian dan Jenis-jenis SST dalam Otomotif

Mengenal Pengertian dan Jenis-jenis SST dalam Otomotif – SST atau special service tools adalat sebuah alat yang digunakan untuk membantu pembongkaran dan pemasangan pada komponen komponen otomotif yang tida bisa dilakukan dengan menggunakan kunci kunci biasa. SST sendiri memiliki beberapa jenis, dimana disetiap jenisnya memiliki fungsi masing-masing. Dalam penggunaannya, special service tools atau SST terbagi menjadi dua jenis yakni untuk remover atau membongkar dan replacer atau memasang. Berikut ini jenis – jenis SST atau special service tools yang perlu anda ketahui agar disaat anda menggunakan alat ini, akan sesuai dengan peruntukannya.

Jenis-jenis SST dalam Otomotif

  • Puller Bantalan Pilot (Bearing Cup Puller)

jenis SST dalam Otomotif yang pertama adalah Bearing cup puller merupakan salah satu jenis special service tools atau SST yang berfungsi untuk melepas bearing yang terpasang pada area silindris sehingga harus didorong dari dalam. Dimana cara penggunaan alat ini dengan memasukan kaki-kaki ke silindris tempat bearing lalu tarik tuasnya hingga bantalan terlepas.

  • Bearing puller attachment

Bearing puller attachment merupakan salah satu jenis SST atau special service tools yang diperuntukan untuk melepas bearing pada posisi yang sulit dijangkau oleh puller biasa. Cara penggunaan alat ini yakni dengan mengeraskan bearing spliter hingga mendesak bearing, kemudian anda tinggal memutar batang pemutar hingga bearing terangkat dan terlepas dari tempatnya.

  • Puler Perapat Oli (Oil Seal Puller)

special service tools atau SST jenis ini berfungsi untuk melepas perapat oli yang ada pada komponen-komponen seperti kaki-kaki, transmisi dan sebagainya. Oil Seal Puller sendiri memiliki bentuk seperti palu yang mempunyai ujung yang lancip serta melengkung. Dimana bentuk ujungnya yang lancip dipergunakan untuk mencongkel seal oli yang letaknya agak kedalam.

  • Universal Puller

Universal puller merupakan jenis SST yang memiliki fungsi untuk mempermudah pelepasan serta pemasangan komponen tanpa adanya proses penekanan ataupun pemukulan yang tidak merata. Cara kerja alat ini yakni dengan cara menarik komponen yang akan dilepas, dimana setiap kaki universal puller diletakan disetiap sisi komponen sehingga penekanan yang berlangsung akan merata.

  • Ring compressor

Piston ring compressor adalah alat yang biasanya dipakai untuk menekan ring piston pada waktu pemasangan ring piston ke dalam silinder. Salah satu jenis SST atau special service tools ini dibuat dalam berbagai ukuran dengan menyerupai silinder linear yang telah dilengkapi dengan penyetel. Dimana penyetel nya akan berfungsi menyesuaikan diameter piston ring compressor (membesar dan mengecil) saat digunakan.

  • Clutch Aligning Tool

Clutch Aligning Tool merupakan jenis SST yang diperuntukan untuk memposisikan kopling apakah sudah benar benar ditengah atau belum sebelum baut penekan dipasang. Tujuan dari hal ini agar transmisi mudah masuk saat proses pemasangan.

  • Sliding Hammer

Slide hammer puller berfungsi untuk melepas komponen yang memang memerlukan hentakan atau kejutan seperti bearing roda dsb. Salah satu jeni SST ini digunakan untuk melepas komponen yang tidak memiliki permukaan untuk penekanan balik. Bentuk dari alat ini yakni pada bagian ujung handelnya terdapat pengait yang dihubungkan kebagian komponen yang rencananya akan ditarik atau dilepas, kemudian gerakan sliding hammer agar terjadi hentakan sehingga komponen akan terlepas.

  • Torque Wrench

Torque Wrench atau biasa disebut kunci momen merupakan salah satu SST yang berfungsi mengencangkan baut atau mur dengan tingkat kekencangan tertentu yang bertujuan untuk menjaga keamanan dan keselamatan lebih terjamin.

  • Penekan Pegas Coil (Coil Spring Compressor)

Sesuai namanya special service tools atau SST ini digunakan untuk menekan pegas coil sock absorber. Penekanan ini akan memperpendek pegas dan menghilangkan gaya tekan terhadap sock absorber sehingga dapat dilakukan pembongkaran dan pemasangan sock absorber.

  • Valve Spring Copressor

Valve spring compressor digunakan untuk melepas serta memasang pengunci katup pada tapper. Tanpa adanya alat ini akan sangat sulit untuk melepas atupun memasang katup pada kepala silinder.

  • Traker Ball Joint (Ball Joint Seperator)

SST jenis Traker ball joint memiliki beberapa bentuk yakni ball joint splitter puller, splitter scissor, dan drafter ball joint splitter (fork). Ketiga macam tracker tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu untuk memisahkan ball joint dari dudukanya.

  • Adjustable C Spanner / Fixed C Spanner

jenis SST dalam Otomotif atau special service tools yang terakhir yaitu Adjustable C Spanner atau Fixed C Spanner. Alat ini memiliki bentuk menyerupai box end wrench yang terpotong, dimana pada ujung gripping jaw terdapat sebuah drive pin yang dimasukkan ke dalam drive hole pada spanner nut.

Viral :   5 Aksesoris Nmax Agar Motor Tampil Semakin Keren